2 Hal Ini Membedakan Suzuki Jimny Untuk Indonesia Dengan Jimny Untuk Jepang

24/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Seluruh Suzuki Jimny untuk pasar dunia diproduksi di pabrik Suzuki Jepang. Lantas apa perbedaan Suzuki Jimny untuk Indonesia dengan Jimny untuk pasar Jepang?

Setelah dinanti cukup lama Suzuki Jimny terbaru alias generasi keempat akhirnya diluncurkan juga di Indonesia. Seremoni dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di hari pertama ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di BSD City Tangerang Banten pada 18 Juli 2019.

Foto Suzuki Jimny dipamerkan di GIIAS 2019

Suzuki Jimny resmi jadi line up baru Suzuki Indonesia

Perlu diketahui, Suzuki Jimny terbaru ini adalah produk asli Suzuki Jepang yang diimpor secara utuh atau completely build-up (CBU). Karenanya, secara garis besar baik desain eksterior dan interiornya bisa dibilang sama. "Karena Suzuki Jimny dari Jepang, dan ini dibawa juga mirip-mirip pastinya. Istilahnya, bukan spesifikasi yang disunat, tapi penyesuaian," tutur Head of 4W Product Development PT SIS, Yulius Purwanto belum lama ini.

Lalu adakah yang membedakan antara Suzuki Jimny untuk Indonesia dengan Suzuki Jimny yang dipasarkan di Jepang? Tentu saja ada, dikarenakan aturan dan regulasi otomotif antara Indonesia dan Jepang tidak sama, Suzuki Jimny dibuat menyesuaikan negara tujuan pemasaran. Termasuk untuk Indonesia, ada 2 hal yang membedakan Suzuki Jimny untuk pasar Indonesia dengan Jimny untuk pasar Jepang.

1. Jimny Indonesia mesin 1.500 cc, Jimny Jepang mesin 660 cc

Suzuki Jimny untuk Indonesia dibekali mesin K15B 1500 cc dan masuk dalam segmen SUV. Sedangkan di Jepang Suzuki Jimny dibekali mesin berkapasitas kecil 660 cc dan masuk dalam kategori kei car. Sudah pasti karena mesinnya kecil tenaga yang dihasilkan juga sangat kecil meski dengan teknologi turbo, yaitu 64 PS pada putaran mesin 6,000 rpm. Beda dengan mesin Jimny Indonesia yang mampu menghasilkan tenaga 102 PS pada putaran mesin yang sama.

>>> Ini Lho 5 Hal Yang Bikin New Suzuki Jimny Jago Off-Road

Foto Suzuki Jimny generasi keempat yang dipasarkan di Jepang

Gambar Spesifikasi Suzuki Jimny yang dipasarkan di Jepang

Beda spesifikasi Suzuki Jimny untuk pasar Indonesia dengan Suzuki Jimny pasar Jepang

2. Jimny Jepang punya fitur automatic brake, Jimny untuk Indonesia tidak punya

Regulasi di Jepang mengharuskan setiap mobil memiliki fitur automatic brake, termasuk untuk Jimny generasi keempat ini. Namun untuk Indonesia karena tidak diwajibkan ada fitur pengereman otomatis, Jimny untuk Indonesia tidak dilengkapi fitur itu.

"Di Jepang itu, karena mengikuti peraturan, ada fitur seperti automatic brake, yaitu saat kondisi kecepatan tertentu dan melihat sesuatu di depannya mobil akan berhenti sendiri. Sedangkan di Indonesia, tidak ada," jelas Purwanto.

Namun tanpa automatic brake, fitur keselamatan Suzuki Jimny untuk Indonesia terbilang cukup lengkap seperti dual SRS airbags, TECT body, brake LSD traction control, Electronic Stability Program (ESP), Antilock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA), Hill Hold Control (HHC), Hill Descent Control (HDC) dan ISOFIX.

>>> Mau tahu lebih detail tentang Suzuki Jimny, baca review-nya di sini!

>>> Simak info otomotif lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top