7 Hari PSBB Transisi, 100 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta Tiap Hari

18/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
7 Hari PSBB Transisi, 100 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta Tiap Hari
Jasa Marga mencatat sekitar 100 ribu kendaraan menuju Jakarta setiap hari sejak PSBB transisi diberlakukan. Mereka datang dari arah timur, barat, dan selatan.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 4 atau PSBB transisi diberlakukan di Jakarta sejak 8 Juni 2020. Artinya sudah lebih dari satu pekan kelonggaran diberikan kepada warga Jakarta untuk beraktivitas. Kelonggaran juga diberikan kepada warga di luar Jakarta yang ingin masuk wilayah Jakarta dengan syarat menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

100 ribu kendaraan menuju Jakarta tiap hari

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat lalu lintas harian rata-rata (LHR) mencapai sekitar 100 ribu kendaraan sejak PSBB transisi diberlakukan. Mereka datang dari arah Timur, arah Barat, dan arah Selatan. Terjadi peningkatan cukup pesat dibanding saat PSBB tahap 1-3, namun dibanding bulan Februari saat PSBB belum diberlakukan angka tersebut masih lebih rendah. Volumenya turun 19 persen.

>>> Larangan Mudik Berakhir, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka Lagi

Foto menunjukkan GT Cikampek Utama 2

PSBB Transisi, Kendaraan mulai berdatangan masuk Jakarta pasca lebaran

Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 43 persen dari arah Timur, 33 persen dari arah Barat dan 24 persen dari arah Selatan. Berikut rincian lengkapnya sebagaimana dirilis Jasa Marga:

Arah Timur

Kendaraan menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi. Rinciannya sebagai berikut:

  • GT Cikampek Utama 2, sebanyak 23.258 kendaraan
  • GT Kalihurip Utama 2, sebanyak 20.232 kendaraan

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 23 persen dibandingkan dengan LHR Februari 2020.

Arah Barat

Kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa tercatat sebanyak 33.149 kendaraan, turun sebesar 20 persen dari LHR Februari 2020.

Arah Selatan

Kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Ciawi 2 tercatat sebesar 23.761 kendaraan, turun sebesar 9 persen dari LHR Februari 2020.

>>> Mampir di Rest Area Jalan Tol, Patuhi 6 Protokol New Normal Berikut!

Foto menunjukkan suasana lalu lintas di depan rest area jalan tol

Tetap harus mematuhi protokol kesehatan

Jasa Marga menghimbau warga yang tidak punya urusan yang benar-benar penting untuk lebih banyak berdiam di rumah mengingat pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir. Dan jika terpaksa keluar karena suatu kepentingan disarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun.

Khusus warga luar Jakarta yang ingin masuk Jakarta dihimbau mempersiapkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sebagaimana diwajibkan Pemerintah.

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top