10 Hal yang Membuat Honda Brio Satya Diminati Kawula Muda

28/06/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
10 Hal yang Membuat Honda Brio Satya Diminati Kawula Muda
Honda Brio Satya menjadi salah satu most wanted car kawula muda atau orang berusia muda yang baru berkeluarga. Ternyata 10 hal ini menjadi penyebabnya..

Honda Brio Satya menjadi salah satu most wanted car kawula muda atau orang berusia muda yang baru berkeluarga. Masuk ke kelas LCGC (Low Cost Green Car) memang membuat harganya terjangkau, namun kualitas yang ditawarkan hatchback Honda ini tidak main-main. Terbukti hampir setiap bulan penjualan Brio Satya selalu jadi yang terbaik dan mengungguli rival-rival sekelasnya. Setidaknya ada 10 hal ini yang menjadi penyebab mobil ini kian diminati.

Foto Logo Honda Brio Satya

Kami menemukan 10 alasan Honda All New Brio Satya diminati oleh pasar

>>> Cari Honda Brio bekas? Cek di sini pilihannya

1. Kabin Belakang Luas

Foto tim Cintamobil.com sedang duduk di kabin belakang All New Honda Brio Satya

Wheelbase bertambah 60 mm membuat kabin belakang lebih lega

Honda All New Brio Satya ini menyediakan ruang kabin yang lebih nyaman dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini bisa terjadi lantaran  wheelbase alias jarak sumbu rodanya melar 60 mm dari Brio lama. Hal ini bertujuan untuk menyediakan ruang kabin yang lebih lega ketika ada penumpang duduk di jok belakang, serta ruang yang lebih panjang dan besar untuk menunjang berbagai aktivitas keluarga muda di Indonesia. 

2. Bagasi Luas

Foto bagasi All New Honda Brio Satya E CVT 2018

Bagasi Honda Brio Satya meningkat 84 liter dari generasi sebelumnya

Dimensi mobil yang bertambah melar tersebut juga membawa dampak positif pada kapasitas bagasi Brio Satya ini. Kini, kapasitas bagasi Honda Brio terbaru ini meningkat 84 liter bila dibandingkan dengan pendahulunya dan secara total menjadi 258 liter. Penambahan ruang bagasi ini dapat digunakan untuk keluarga muda yang baru memiliki anak, seperti untuk meletakkan stoller (kereta bayi), dan barang bawaan lainnya dengan mudah.

3. Pengendalian Baik

Foto All New Honda Brio E CVT 2018 sedang melakukan aksi slalom

Rasio distribusi bobot antara depan dan belakang membaik hingga 62%

Dimensi yang membengkak ternyata tidak menciderai pengendaliannya. Berkat batang stabillizer yang lebih besar 1 mm dari Brio generasi sebelumnya, plus dikawinkan dengan setup suspensi pas serta setup EPS (Electronic Power Steering) yang lebih advanced, membuat Brio Satya ini mampu bergerak secara lincah di kepadatan lalu lintas. O ya, berkat setup baru tersebut juga, kini standar tekanan angin ban belakang naik sekitar 1,45 psi dari generasi sebelumnya.

4. Suspensi Nyaman

Foto ban dan pelek All New Honda Brio RS dan All New Honda Brio Satya 2018

Suspensi diatur ulang oleh Honda agar nyaman dan tetap stabil

Brio Satya generasi pertama dikenal punya handling baik namun bantingan suspensinya keras. Pada Honda Brio Satya generasi kedua PT Honda Prospect Motor memperbaiki hal tersebut. “Pada bagian depan, kami melakukan setup suspensi dengan mengubah spring rate, lalu ukuran stabiliser depan khusus LCGC (Satya), kita perkuat dengan menambah ketebalannya jadi 18 mm,” ujar Tsutomu Harano, selaku Large Project Leader All New Brio, Honda R&D Asia Pasific Co., Ltd.

5. Mesin Kencang & Irit

Foto panel speedometer All New Honda Brio Satya E CVT 2018

Bobot yang bertambah 20 killogram tidak menciderai performanya

Hebatnya, meski secara bobot Honda Brio Satya bertambah signifikan yakni 20 kilogram tapi bobot tersebut tidak mengurangi performanya di jalan. Ia menjadi LCGC terkencang di kelasnya sekaligus juga teririt. Dengan transmisi CVT torehan akselerasi 0 ke 100 km/jam hanya sekitar 12 detik dan konsumsi BBM untuk rute dalam kota 16,8 kilometer per liter sedangkan 21 kilometer per liter dapat dicapai dengan 1 liter BBM oktan 92 di jalan tol. Luar biasa untuk mobil di kelasnya.

6. Desain Aerodinamis

Foto tampilan depan All New Honda Brio Satya E CVT 2018

Nilai coefficient of drag Honda All New Brio membaik 0,02 dari pendahulunya

Ubahan terbesar pada Honda Brio Satya adalah dari sektor aerodinamika. Sektor ini digarap begitu serius oleh tim riset dan pengembangan Honda Asia-Pasifik yang berpusat di Prachinburi Thailand. Mulai dari headlamp, bumper dan kap depan yang didesain lebih slim dan sleek. Lalu bagian bawah mobil ini juga ditutup lempengan pelat agar tidak ada angin menyelinap ke kolong mobil, dan pelek juga spoke-nya dibuat aerodinamis dan mampu membuang udara yang terjebak di balik pelek. 

7. Kabin Lebih Senyap Dari Generasi Sebelumnya

Foto Tim Cintamobil.com sedang mengemudikan All New Honda Brio Satya

Interupsi suara mesin berkurang dari Brio generasi sebelumnya

PT Honda Prospect Motor mengklaim tidak menambah material peredaman dari Honda Brio Satya terbaru ini. Hanya saja, Chittrawan Muangwong, selaku NVH Project Leader, Honda R&D Asia Pasific sempat bilang ke Cintamobil.com jika jalur pipa knalpot di Brio Satya generasi kedua ini ada sedikit ubahan yang bertujuan agar suara lebih senyap. Memang, road noise dari ban masih sedikit menyusup ke dalam, namun di kelasnya juga tidak ada yang benar-benar free road noise. 

8. Biaya Servis Terjangkau

Gambar kampanye gratis biaya jasa perawatan berkala hingga 50.000 kilometer Honda Brio

Beli Honda Brio bebas pusing biaya perawatan

Untuk program purna jual, setiap pembelian All New Honda Brio, mulai bulan Agustus 2018 akan mendapatkan gratis biaya jasa untuk perawatan berkala sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun. Untuk melengkapi layanan gratis biaya jasa servis tersebut, Honda juga memperkenalkan paket hemat suku cadang untuk perawatan berkala. Tidak hanya itu saja, seluruh konsumen Honda akan mendapatkan layanan ekslusif yaitu Experience Honda.

9. Mudah Di Modifikasi

Foto tampilan samping Honda Brio Satya yang sudah dimodifikasi sporty

Honda Brio mudah dimodifikasi gaya apapun

Dara muda memang darahnya para remaja, kawula muda kebanyakan juga senang modifikasi. Nah enaknya, gaya modifikasi apapun dapat dilakukan pada Honda Brio Satya. Paling mudah adalah penggantian pelek, velg standar Honda Brio Satya yang 14 inch masih memungkinkan jika harus dipasang 16 inch. Namun, yang harus diperhatikan adalah jika Anda ingin pelek yang 'rata bodi' di bagian belakang, harus menggunakan lebar belang alias berbeda dengan pelek di depannya.

10. Pas Untuk Keluarga Muda

Foto All New Honda Brio Satya di lobby hotel Inaya Bali

Dengan segala keunggulan tadi, kami menilai Honda Brio Satya pas untuk kawula muda

Dengan segala paket kelebihan yang ada, Honda All New Brio Satya ini cocok untuk keluarga muda. Honda Brio Satya sangat cocok untuk first time car buyer, dengan segala kelebihan yang ada seperti kabin lebih luas, bagasi muat kereta bayi, akselerasi dan konsumsi BBM baik serta beberapa barang lain dan juga tetap dikemas dengan dimensi yang kompak, membuat mobil ini sangat cocok jadi andalan untuk keluarga muda Indonesia.

>>> 5 keunggulan mobil ini membuatnya laris manis di pasar mobil niaga

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top