Toyota Avanza dan Veloz 2022 Meluncur 10 November

01/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Avanza 2022 dan Veloz terbaru dipastikan meluncur 10 November 2021. Sehari setelahnya sang kembaran Daihatsu Xenia juga diprediksi bakal mengaspal.

PT Toyota Astra Motor akhirnya mengumumkan tanggal pasti dari peluncuran MPV andalannya Avanza dan Veloz. MPV berjuluk mobil sejuta umat generasi terbaru itu rencananya akan meluncur pada 10 November 2021. Dalam undangan yang dilihat tim Cintamobil.com, ini merupakan peluncuran 'World Premiere of All New Veloz dan All New Avanza' alias pertama di dunia. 

>>> Slope Sensor Jadi Senjata Toyota Avanza 2022 Kuat Nanjak

Toyota Veloz

Tampang Veloz sudah bocor di media sosial

Avanza dan Veloz Melenggang Masing-masing?

Peluncuran akan berlangsung secara digital dan disiarkan langsung pada kanal Youtube Toyota Indonesia. Bila diperhatikan dari undangan tersebut seperti sudah kami duga sebelumnya Veloz akan melenggang sendiri dan tak lagi menjadi varian tertinggi dari Toyota Avanza. 

"Melalui surat ini PT. Toyota-Astra Motor mengundang rekan media untuk menyaksikan acara World Premiere of All New Veloz and All New Avanza Digital Launch yang akan dilaksanakan pada Rabu, 10 November 2021," begitu bunyi undangannya. 

Sebelum kepastian peluncuran, wajah Toyota Veloz 2022 sudah lebih dulu beredar di sosial media. Tampangnya berubah total dan wujudnya lebih menyerupai SUV. Pun demikian dengan bagian interior maupun fitur yang bakal diusungnya jadi makin canggih. Emblem 'Veloz' tampak terletak di tengah dengan tertulis huruf 'Q yang menjadi penanda tipe MPV tersebut. Belum diketahui apakah Toyota Avanza terbaru juga bakal memiliki wajah serupa dengan Veloz. 

Gambar tampilan belakang Toyota Veloz 2022

Tak ada lagi embel-embel Avanza di Veloz terbaru

Tak kalah ramai dibicarakan adalah soal tenaga penggeraknya. Seperti diketahui bersama, Toyota Avanza saat ini mengusung sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD). Sedangkan untuk model terbaru santer diberitakan Avanza 2022 mengusung sistem penggerak Front Wheel Drive (FWD) yang dikawinkan dengan transmisi CVT. 

>>> Kalau Toyota Avanza 2022 Punya TSS, Daihatsu Xenia Bakal Dibekali ASA!

Daihatsu Xenia 2022 Juga Siap Dirilis

Toyota Avanza tak sendirian, sang kembaran Daihatsu juga memberikan sinyal akan peluncuran model baru yang diduga adalah Xenia 2022. Daihatsu memang tak secara gamblang menyebutkan bahwa produk yang diluncurkan adalah Xenia generasi terbaru.

Gambar Daihatsu Xenia 1.3 X MT 2021

Xenia juga bakal dipermak total?

Namun bila melihat tanggal peluncuran yang hanya berbeda sehari, ini merupakan pertanda kuat akan kehadiran mobil kembaran Avanza itu. Meski begitu, keduanya tak meluncur bersamaan. Dari pengalaman yang sudah-sudah, mobil kembar garapan Toyota dan Daihatsu meluncur di hari bersamaan. Tapi kali ini Toyota Avanza 2022 dan Veloz terbaru melenggang lebih dulu ketimbang Xenia. 

Kalau Avanza dan Veloz meluncur bertepatan dengan hari Pahlawan, maka Xenia dirilis pada 11 November 2021 saat pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Peluncuran pun dihelat secara online dan bisa disaksikan pada kanal Youtube Daihatsu Indonesia pada pukul 12.45-12.50 WIB. 

>>> 'Saktinya' Toyota Avanza, Sering Dicibir Tapi Tetap Laris Manis

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top