Tiga Hal Yang Kami Ketahui Tentang Toyota All New Avanza

27/09/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Rumor peluncuran Toyota All New Avanza semakin santer terdengar. Setidaknya, ada tiga hal yang Cintamobil.com ketahui mengenai pemimpin pasar Low MPV ini.

Harus diakui, popularitas Avanza mulai tergerus oleh kehadiran Mitsubishi Xpander di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) pun tak tinggal diam saat melihat Low MPV jagoannya terancam oleh sang rival. Kabar mengenai All New Avanza pun mulai berkembang, apalagi mobil itu kabarnya sudah terdaftar di Peraturan Menteri Dalam Negeri 40 Tahun 2021.

Duo Avanza dan Xenia memang sudah membutuhkan major facelift agar bisa kembali bersaing di pasar Low MPV yang semakin kompetitif. Sejak perkenalannya di tahun 2003, kedua mobil memang cenderung tak banyak berubah. Toh, belum pernah ada rival yang mampu menggeser Avanza.

Gambar Mitsubishi Xpander

Kehadiran Xpander mulai mengancam posisi Avanza sebagai penguasa pasar

Kini, Toyota Avanza terbaru diharapkan membawa pembaruan total untuk kembali merajai segmennya. Dan dari informasi yang kami kumpulkan dari beberapa sumber, nampaknya duo Astra cukup serius untuk memastikan hal tersebut.

>>> Bukan Toyota All New Avanza 2022, Tapi Avanza yang ini Beda!

Berikut tiga hal yang kami ketahui mengenai All New Avanza:

1. Menggunakan Basis DN Multisix

Ini memang bukan kabar yang baru, apalagi mobil konsep tersebut sudah diperkenalkan dari tahun 2017 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Memang TAM sempat berkilah saat ditanya mengenai kemungkinan DN Multisix menjadi Avanza terbaru. Kenyataannya, tak lama setelah itu Toyota memang meluncurkan Avanza baru dengan platform lama yang mendapatkan minor facelift.

Gambar Daihatsu DN Multisix

Avanza terbaru akan menggunakan platform DN Multisix

Tapi itu kan 4 tahun yang lalu, tentu kalau sekarang pasti jawabannya sedikit berbeda. Tentu saja akan ada beberapa penyesuaian untuk mengaplikasikan konsep tersebut menjadi mobil produksi massal.

Dari segi desain, pastinya akan banyak penyesuaian agar penampilannya lebih sesuai dengan pasar dan rentang harga yang akan ditawarkan. Bagaimanapun, DN Multisix adalah mobil konsep dengan berbagai elemen dramatisasi.

Tentu konsep 'suicide door' tidak akan dipakai pada mobil versi produksi, begitu pula dengan tampilan interiornya yang sangat futuristik. Tetapi secara garis besar penampilan eksterior Avanza terbaru akan didasari oleh mobil konsep tersebut dengan platform yang sepenuhnya baru.

>>> Siap-siap, Harga Toyota Avanza sampai Rush Bakal Naik

Gambar Interior DN Multisix

Tentu saja interiornya tidak akan seperti ini

Secara dimensi, All New Avanza mungkin akan lebih besar dibanding DN Multisix yang merupakan mobil 6 penumpang. Avanza terbaru akan mempertahankan kemampuannya sebagai 7-seater ditambah kabin yang lebih lapang demi mengalahkan rival-rivalnya.

2. Menggunakan Penggerak Roda Depan (FWD)

Mimpi buruk fanboy Avanza akhirnya datang juga. Karena sistem penggerak roda belakang (RWD) yang dahulu begitu mereka banggakan, akhirnya akan berganti dengan FWD.

Entah mengapa sebagian oknum tersebut begitu hina memandang mobil-mobil FWD. Toh keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu Toyota akan lebih senang menggunakan FWD karena biaya produksi bisa lebih ditekan.

Gambar Toyota Avanza

Fanboy Avanza RWD siap-siap kecewa

Dan Anda sebagai pengguna juga harusnya lebih senang karena mobil tersebut pasti lebih irit dibanding pendahulunya dengan drivetrain loss yang lebih kecil,

Tak hanya itu, headroom dan legroom di baris kedua dan ketiga pastinya jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Absennya gardan di bagian bawah mobil membuat pabrikan lebih fleksibel dalam memanfaatkan ruang yang tersedia.

3. Akan Ada Varian TSS

Setelah All New Honda BR-V memperkenalkan Honda Sensing sebagai Advanced Driver Asisstance System (ADAS) di segmen Low SUV, sepertinya Toyota akan menjadi yang pertama untuk menyematkan fitur keselamatan canggih tersebut di kelas Low MPV (dengan asumsi Honda tidak mendahului Toyota dalam meluncurkan Mobilio).

>>> Kenapa Banyak Orang Indonesia Kepincut Toyota Avanza Dkk?

Yes, All New Avanza akan mengusung Toyota Safety Sense (TSS) seperti yang disematkan pada Raize tipe tertinggi. Pada Raize TSS, terdapat lima fitur yang siap memberikan perlindungan tingkat tinggi pada pengemudi dan penumpang mobil.

Gambar TSS

Fitur TSS akan semakin merambah jajaran mobil Toyota yang lebih terjangkau

Fitur yang dimaksud adalah Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert dengan Steering Control, Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor dan Pedal Missoperation Control.

TSS bekerja dengan bantuan sensor radar yang terletak pada bagian depan mobil. Sensor tersebut akan selalu membaca kondisi jalan, baik itu marka jalan hingga jarak aman dengan kendaraan di depan.

Kami belum tahu apakah TSS pada All New Avanza akan sama persis dengan milik Raize, kami berasumsi bahwa sebagian besar fiturnya akan tetap sama.

Akan Ada Varian Hybrid?

Toyota Avanza terbaru akan mempertahankan kapasitas mesin 1.500 cc yang memang sudah cocok dengan segmen Low MPV. Tetapi, rumor yang beredar mengatakan bahwa TAM berniat untuk memperkenalkan varian hybrid dari mobil ini.

Dengan Mitsubishi yang sudah mempersiapkan Xpander hybrid, memang sudah semestinya Toyota mempersiapkan All New Avanza dengan teknologi yang bersama agar bisa bersaing.

>>> Dapatkan harga mobil baru Toyota dan promo menarik hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top