Bukan Toyota All New Avanza 2022, Tapi Avanza yang ini Beda!

24/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Mobil ini memang bukan Toyota All New Avanza 2022, tetapi Avanza yang kami bahas kali ini berbeda lho, apa saja bedanya dan kenapa membuatnya berbeda?

Well, mobil ini memang bukan Toyota All New Avanza 2022 yang bakal meluncur menjelang akhir tahun 2021 ini. Tetapi tahukah Anda, bila mobil Avanza yang kami bahas kali ini punya perbedaan signifikan dengan Toyota Avanza yang dijual di Indonesia.

Bukan Sekadar Avanza 'Setir Kiri'

Namun, pembeda utama dari Toyota Avanza yang kami bahas ini bukan hanya sekadar Avanza dengan format Left Hand Drive (LHD) alias posisi kemudi di sebelah kiri. Tetapi ia bisa juga dibilang sebagai Toyota Avanza Transmover versi terbaru.

Toyota Avanza LE 2021

Avanza 'Transmover' versi negara Meksiko ini lebih menarik dari yang dijual lokal

Seperti yang diketahui, Avanza Transmover masih menggunakan 'muka' versi lama dari Avanza, yakni Grand New Avanza. Headlamp belum mengusung LED (Light Emitting Diode) hingga grille depan masih model 'tonggos' sehingga belum terlihat modern selayaknya Avanza terbaru.

Toyota Avanza Transmover

Seperti ini Avanza Transmover yang dipakai untuk armada taksi

Avanza ini sudah pakai wajah facelift teranyar selayaknya Avanza 2019. Karena ia menjadi trim termurah dengan nama Toyota Avanza LE, maka jangan heran bila ia belum dilengkapi dengan ornamen krom maupun foglights.

Mesin 2NR-VE Toyota Avanza

Mesin Avanza Meksiko lebih bertenaga

Bila Avanza Transmover menggendong mesin 4-silinder 1.300 cc berkode 1NR-VE, maka Avanza versi ekspor ini pakai mesin yang 200 cc lebih besar alias pakai unit berkode 2NR-VE. Tenaga dan torsinya? Sama seperti versi Indonesia kok, sekitar 104 PS dengan torsi 13,9 Kgm atau setara dengan 136,4 NM.

Setir Toyota Avanza LE 2021

Setir kiri dengan tombol pengatur audio dan dan fitur safety tetap lengkap

Fiturnya juga tetap lengkap, untuk fitur safety misalnya, ia masih mengusung rem bersistem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) serta dual SRS Airbags. Memang ESP (Electronic Stability Program) tak tersedia di trim termurah ini.

Interior Toyota Avanza LE 2021

Head unit sudah jadi standar

Masuk ke interior ia pun masih dilengkapi dengan head unit berkemampuan membaca kepingan CD dan USB, serta menangkap sinyal radio AM/FM. Bandingkan dengan Transmover versi lokal yang digunakan taksi Bluebird, tak ada yang dapat fitur radio tape ini kecuali request khusus.

>>> Kabar Terbaru Tentang Toyota Avanza TNGA, Mundur Tahun Depan?

Kabar Terbaru Toyota All New Avanza 2022

Lantas bagaimana sih kabar terbaru Toyota Avanza 2022? Sejauh informasi yang kami terima, "Jadwal launching masih stick to the plan (mengikuti jadwal)," ungkap narasumber terpercaya kami yang pesan agar namanya jangan sampai terpublish di Cintamobil.com.

Toyota Avanza TNGA

Sabar, Avanza terbaru akan diproduksi dan dijual mulai tahun depan

Hasil obrolan kami dengannya, didapat informasi bahwa launching mobil ini sekitar bulan November 2021. Persis seperti yang sebelumnya pernah kami sampaikan ke Anda. "Jadi produksi mobil itu (Toyota All New Avanza) baru di tahun depan, kalau tahun ini kan fokus duo SUV itu dulu," paparnya.

Varian Hybrid Menyusul

Di lain sisi, kami juga menemukan fakta bahwa Avanza varian hybrid akan menyusul kemudian, tidak sekalian launching pada menjelang akhir tahun nanti. Hal ini pun sejalan dengan yang telah ditulis oleh berbagai media nasional mengenai bocoran mobil ini.

Transmisi CVT Hybrid Toyota

Transmisi ini belum akan dipasang di Avanza terbaru

"Biasanya (varian) bisa diidentifikasi dari emblem di backdoor (hybrid), tapi yang itu (belum ada) yang masuk ke tempat saya," ujar narasumber terpercaya kami yang lainnya. So, kita tunggu saja perkembangan berikutnya ya...

>>> 5 Alasan Toyota Avanza TNGA Juga Layak Dapat Mesin Hybrid

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top