Terjegal Emisi, BMW Hentikan Penjualan M2 di Eropa

28/05/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Terjegal Emisi, BMW Hentikan Penjualan M2 di Eropa
Ketatnya ketentuan emisi di Eropa membuat para pabrikan harus mengambil keputusan berat dengan menghentikan penjualan salah satu model. Kali ini, giliran M2 yang dikorbankan BMW.

BMW M2 bukanlah model pertama yang peredarannya di Eropa akan dihentikan BMW, sebelumnya M760i, yang menggunakan mesin V12, akan berhenti diproduksi musim gugur ini.

>>> Review BMW M2 Competition 2019: Kecil-kecil cabe rawit

Keduanya menjadi korban dari ketatnya ketentuan emisi kendaraan di Eropa, yang membuat para pabrikan harus mengalihkan fokus pada kendaraan minim emisi agar tidak dikenakan denda besar.

Mesin S55 yang dipakai di BMW M2 CS 2020

Mesin S55 yang dipakai di M2 saat ini akan digantikan pada generasi berikutnya

Di sisi lain, BMW M2, yang hadir sejak 2013 dengan varian Competition dan CS, akan sulit bertahan mengingat tidak murahnya memodifikasi mesin S55 yang meghasilkan tenaga 405 HP dan torsi 406 Nm. Untuk alasan serupa juga, M4 dan M4 Convertible generasi terbaru tidak lagi memakai mesin ini.

Akan kembali dengan generasi terbaru

Berbeda dengan M760i yang tidak akan kembali, M2 akan mendapat generasi terbaru yang kemungkinan diluncurkan pada 2022. Rumor yang beredar mengatakan sportscar kompak satu ini akan memakai mesin S58, yang sudah mendarat lebih dulu di X3 M dan X4M, begitu juga M3 dan M4 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Meski akan mendapakan detuned agar tidak sama kencangnya seperti M4.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

BMW M2 generasi ini masih akan dijual di berbagai belahan dunia lain, termasuk Indonesia mengingat ketentuan emisinya belum seketat Eropa. Begitu juga dengan M760i, yang digantikan oleh model elektrik sebagai model terkencang BMW 7 Series berikutnya.

Resep kesuksesan M2 dipertahankan

Saat ini, Anda masih bisa membeli M2 di Eropa setidaknya sampai kuartal ketiga tahun ini, kecuali Anda ingin menunggu generasi terbaru. Untungnya, BMW M2 2022 masih mempertahankan karakteristik saat ini yang membuatnya disukai, mulai dari bertahan dengan format Rear-wheel Drive, tidak seperti BMW 2 Series lain seperti Gran Coupe dan Gran Tourer Active.

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini

BMW M2 CS 2020 sedang melakukan drifting

Tenang, M2 2022 masih bisa dipakai drifting kok

Dan menurut rumor yang beredar, mesin S58 yang dipakai di BMW M2 2022 setidaknya akan memiliki tenaga 420 HP dan torsi 550 Nm. Dimensi mobil juga akan membesar dengan tambahan berat beberapa kg, namun secara performa masih akan sama seperti generasi saat ini.

Dan berbeda dari kebanyakan mobil BMW M yang mengadopsi sistem penggerak xDrive, M2 2022 cuma hadir dalam format rear-wheel drive. Transmisi yang dipakai juga kemungkinan akan sama, yakni manual enam-percepatan, dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Kemungkinan besar, teknologi mild-hybrid juga akan disematkan meski baru hadir pada facelift.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

BMW 6 Series Gran Turismo 2021 Mengaspal, Pakai Teknologi Mild-Hybrid

27/05/2020

Mobil baru

4 menit

Tidak cuma 5 Series, BMW 6 Series Gran Turismo juga meluncur pada akhir Mei ini. Disiapkan sebagai model 2021, facelift 6 Series juga menghadirkan teknologi mild hybrid untuk seluruh variannya.

Lihat juga

BMW 5 Series 2021 Dapatkan Penyegaran, Powertrain Elektrik Baru

27/05/2020

Mobil baru

4 menit

BMW 5 Series mendapatkan facelift untuk model tahun 2021 dengan beberapa ubahan eksterior dan interior, namun hal paling menarik adalah update powertrain dengan sistem mild-hybrid 48V.

Lihat juga

Generasi Baru BMW Seri-4 Terungkap, Siap Meluncur 2 Juni

27/05/2020

Mobil baru

2 menit

BMW menggoda penggemarnya dengan menampilkan foto teaser dari generasi baru BMW Seri-4 yang mempertontonkan desain grille kidney baru yang mengundang kontroversi.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Evolusi Desain Kidney Grille BMW dari Masa ke Masa

21/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Sejak BMW didirikan pada tahun 1928, evolusi desain kidney grille turut menjadi bagian penting dari perkembangan dan inovasi pabrikan asal Jerman tersebut.

Lihat juga

Alpina XB7: BMW X7 M50i Dengan Steroid

20/05/2020

Mobil baru

4 menit

Menginginkan BMW X7 M yang tak hadir di line-up SUV flagship dari Bavaria itu? Anda bisa melirik Alpina XB7, yang tak ubahnya sebuah X7 M50i yang mendapat suntikan steroid.

Lihat juga
 
back to top