Review BMW M2 Competition 2019

27/11/2018

Share this post:

BMW M2 2019

Editor rate:

Lihat promo

Demi memperkuat pamor M sebagai ‘The Most Powerful Letter in the World’ untuk segmen mobil sports car kompak, BMW M merilis BMW M2 Competition. BMW M2 Competition merupakan versi ‘hardcore’ BMW M2. Apa yang membuat mobil sports car dari divisi mobil sport BMW ini lebih spesial dibandingkan BMW M2 Coupé?

Review BMW M2 Competition 2019
Review BMW M2 Competition 2019
0 Gambar

Pengantar BMW M2 2019

Mari kita simak spesifikasi BMW M2 2019 di bawah ini.

Kelebihan

BMW M2 yang lebih brutal dari segi performa dan tampilan

Handling presisi dan asik dikendarai di jalan raya maupun berada di atas trek balap

Mesin BMW M murni diambil langsung dari BMW M4 Coupé

Versi transmisi manual ikut hadir di Indonesia

Kekurangan

Agak hati-hati dengan polisi tidur dan jalanan berlubang karena ground clearance cukup rendah

Secara detail eksterior dan interior tidak terlalu signifikan perbedaan antara versi Coupé dan Competition

Review BMW M2 Competition 2019 Berbicara soal BMW M2 Coupé bagi kami, atau mungkin sebagian BMW M enthusiast, rasanya bisa dianalogikan sebagai ‘half-blood prince’. Eits, bukan maksudnya menyamakan sports car kompak ini dengan sosok ‘pangeran berdarah campuran’ Severus Snape dalam buku dan film Harry Potter & Half Blood Prince, lho.

BMW M2 Coupe 2018 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Sosok BMW M2 Coupé

Ada alasan tersendiri (dan subjektif) mengapa kami menganalogikan BMW M2 Coupé sebagai half-blood prince. Oke, secara garis keturunan sang ‘pangeran’ merupakan suksesor BMW 1M Coupé, masih garis keturunan BMW M. Tapi sayangnya, sekalipun komponen teknis mayoritas diambil dari BMW M4, tapi jantung pacunya menggunakan mesin BMW N55 yang kebetulan adalah lini mesin BMW normal, dimana mesin tersebut di-tuning ulang oleh BMW M.

Sekalipun BMW M2 Coupé tidak sepenuhnya BMW M ‘murni’, tapi model entry level di keluarga BMW M ini sudah memiliki basis peminat yang besar di seluruh dunia. Alhasil, demi menaikkan taraf permainan di level sports car kompak, plus meyakinkan Anda bersama para car enthusiast akan potensi mobil sports car kompak ber-paspor Jerman ini, BMW M merilis BMW M2 Competition pada April 2018 lalu.

Melanjutkan kesuksesan BMW M2 Coupé yang diluncurkan di Indonesia pada 2016 lalu, BMW M2 Competition 2019 merupakan versi pembaharuan dari BMW M2 Coupé yang kini lebih powerful dan brutal di atas trek, serta lebih agresif dari sisi penampilan.

BMW M2 Competition 2018 bersama member MOCI & BMW Group Indonesia

Exclusive Preview BMW M2 Competition turut mengundang MOCI selaku komunitas BMW M di Indonesia

BMW Group Indonesia selaku ATPM BMW M di Indonesia sudah memperkenalkan All New BMW M2 Competition dalam exclusive preview di Eurokars Gallery, Plaza Indonesia. Sesi perkenalan eksklusif BMW M2 Competition ini juga turut serta mengundang MOCI (M Owners Club Indonesia) yang merupakan induk komunitas pecinta BMW M di Indonesia. Tidak ketinggalan, Cintamobil.com juga menghadirkan review BMW M2 Competition 2019 yang siap mengulik secara komprehensif sang pangeran baru dari skuad Munich ini.

Eksterior BMW M2 2019

Sekalipun secara postur bodi tidak banyak mengalami perubahan signifikan. Hanya saja BMW M banyak menambahkan ornamen-ornamen detil yang membuat karakter ‘jubah’ BMW M2 Competition lebih agresif dengan garis lekuk bodi tajam.

Review BMW M2 Competition 2019 : Eksterior Depan

Tampak depan BMW M2 Competition 2019berwarna putih

Wajah tegas BMW M2 Competition 2019

Secara kasat mata, ada beberapa detil yang membuat BMW M2 Competition 2019 terlihat lebih sporty. Pada fascia depan, BMW M menyematkan kidney grille dengan aksen high black gloss yang dirancang menyatu, tidak terpisah seperti BMW M2 Coupé.

BMW M juga melakukan redesain pada area bumper depan BMW M2 Competition 2019, dimana air intake samping dirancang lebih besar serta terdapat tiga lubang udara mungil pada front skirt yang berada di area air intake tengah untuk menambah presensi sporty pada sports car kompak ini.Tak lupa untuk pencahayaan saat berkendara di malam hari, BMW M2 Competition 2019 mengandalkan BMW Adaptive LED dengan daytime running light hexagonal yang lebih tajam.

Review BMW M2 Competition 2019 : Eksterior Samping

Tampang samping BMW M2 Competition 2019 berwarna putih

Garis bodi BMW M2 Competition 2019 diperkuat aksen shadow line

Letak keseksian sports car kompak ini semakin terpancar dari sisi samping. Ya, BMW M secara khusus memberikan sentuhan khusus berupa kaca spion samping dengan detil double-bridge, yang bertugas meningkatkan aerodinamika sekaligus menjadi ciri unik dari BMW M2 Competition 2019. Garis lekuk bodi sports car kompak semakin terpancar tegas oleh shadow line yang dilaburi sentuhan aksen high gloss oleh BMW Individual, serta hadirnya velg 19" M light alloy wheels Y-spoke style 788 M juga turut memperkuat profil samping mobil ini.

Review BMW M2 Competition 2019 : Eksterior Belakang

Tampak belakang BMW M2 Competition 2019 berwarna putih

Kesan lebih kekar disajikan di area buritan belakang BMW M2 Competition 2019

Mengingat desain fender belakang yang lebih kekar, mengakibatkan penampilan buritan belakang BMW M2 Competition 2019 terasa lebih menjejak ke permukaan aspal. Bahkan jika diperhatikan pada area dual exhaust system dengan quartet tailpipe agak turun dan terlihat sedikit melewati batas ruang bumper belakang saking rapatnya ruang kolong belakang BMW M2 Competition 2019. Untuk membedakan versi Coupé dengan Competition bukan melalui taillight yang menggunakan teknologi LED, melain kan untuk BMW M2 Competition memiliki badge khusus yang disematkan di area pintu bagasi BMW M2 ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior BMW M2 2019

Anda pasti akan merasakan kesan familiar saat melihat kabin BMW M2 Competition 2019 yang secara kasat mata sama saja dengan BMW M2 Coupé. Untung saja ada beberapa pembeda dan detil sentuhan eksklusif di BMW M2 Competition 2019, salah satu contohnya adalah BMW M2 Competition badge pada area door sills.

Review BMW M2 Competition 2019 : Dashboard & Setir

             Dashbor & Setir BMW M2 Competition 2019

Nunansa sporty di dashboard dan setir BMW M2 Competition 2019

Rasanya mungkin secara visual terasa identik antara dashboard BMW M2 Competition 2019 dan BMW M2 Coupé. Mulai dari aksen carbon fibre di panel trim dashboard, instrument cluster dengan black panel, sampai penempatan tombol dan layar display iDrive 6.0 berukuran 8.8 inci juga tersedia di BMW M2 Competition 2019.

Ciri pembeda baru terasa jika melihat lingkar kemudi dari BMW M2 Competition 2019. Ya, di area setir M multi-function leather steering wheel kini terdapat tombol khusus ‘M1’ dan ‘M2’ yang berfungsi mengaktifkan konfigurasi mode berkendara yang di-set up sesuai keinginan pengemudi. Selain itu setiap mengaktifkan mobil cukup dengan menyentuh engine start/stop button berkelir warna merah.

Review BMW M2 Competition 2019 : Jok

Jok BMW M2 Competition 2019 berwarna abu-abu

Jok depan dan belakang BMW M2 Competition

Perbedaan paling kentara di area kabin BMW M2 Competition 2019 jelas adalah bagian jok depan. Ya, untuk jok depan BMW M2 Competition 2019 sudah menggunakan BMW M Sport Seat dengan model bucket seat dan tersemat logo M2 yang beriluminasi.

Review BMW M2 Competition 2019 : Bagasi

Bagasi BMW M2 Competition 2019 dengan sebuah ruang yang cukup luas

Ruang bagasi BMW M2 Competition 2019

Rasanya agak kurang penting membahas ruang bagasi BMW M2 Competition 2019, mengingat masih ada hal yang lebih penting seperti berapa figur performa yang diberikan, dan seberapa lengkap teknologi berkendara yang dimiliki. Tapi untuk Anda yang penasaran seberapa luas ruang bagasi BMW M2 Competition 2019,  bisa digunakan untuk menampung barang bawaan hingga 390 liter. Cukup untuk menyimpan peralatan balap, mulai dari racing suit hingga helm maupun sepatu balap Anda.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur BMW M2 2019

Review BMW M2 Competition 2019 : Fitur Berkendara

Mode berkendara BMW M2 Competition

M Dynamic Mode (MDM) dan Dynamic Stability Control (DSC) bisa diatur lewat tombol dekat tuas transmisi

Sesuai namanya BMW M2 Competition 2019, secara fitur berkendara pun sudah dikemas ulang agar bisa memaksimalkan keasyikan berkendara saat di jalan raya, ataupun berkompetisi dalam kegiatan track day di lintasan sirkuit. Paling sederhana ialah mengatur mode berkendara melalui M Dynamic Mode (MDM), yang sudah terintegrasi dengan Dynamic Stability Control (DSC) dan bisa disimpan preset-nya di tombol M1 dan M2 yang ada di lingkar kemudi

Sistem DSC di BMW M2 Competition 2019 juga sudah dikalibrasi ulang agar lebih presisi mengendalikan traksi yang lebih baik saat melibas jalanan basah maupun licin. Tak lupa, BMW M2 Competition 2019 juga menggunakan multi-plate limited-slip differential cerdas bernama Active M Differential yang semakin menambah keasyikan berkendara secara maksimal di setiap kondisi.

Untuk memaksimalkan handling secara presisi, sistem kemudi electromechanical power steering dengan servotronic kini turut diperkuat Drivelogic, yang mengatur power steering assistance dari BMW M2 Competition 2019. Selain itu BMW M juga menyematkan strutbar CFRP (Carbon Fiber Reinforced Plastic) di area kompartemen mesin, dimana fungsi strutbar ini selain meningkatkan presisi setir juga memperkuat rigiditas bagian depan.

Rem dan Velg BMW M2 Competition 2019

Di balik velg 19" M light alloy wheels Y-spoke style 788 M terdapat sistem M Sport Brake

Mengingat mobil ini punya performa yang lebih brutal, mau tidak mau sistem pengereman turut di-upgrade sehingga semakin aman kala deselerasi. Untuk itu BMW M menyematkan sistem M Sport brake 400mm 6-piston fixed caliper (depan) dan 380mm 4-piston fixed caliper (belakang).

Review BMW M2 Competition 2019 : Fitur Hiburan

Sistem iDrive BMW M2 Competition 2019

Fitur iDrive pada mobil BMW M2 Competition 2019

BMW M2 Competition 2019 tetap menggunakan sistem iDrive 6.0 dengan 8.8" touch display dan iDrive Touch Controller. Selain dibekali sistem navigasi canggih, sports car kompak ini juga menggunakan sistem audio keluaran Harman Kardon dengan 12 loudspeakers berkekuatan total 360 W.

>>> Intelligent Personal Assistant, Asisten Berkendara Premium dari BMW

Operasi BMW M2 2019

Gambar bagian Mesin BMW M2 Competition 2019

Jantung pacu BMW M2 Competition 2019 diambil langsung dari BMW M4 Coupé

Tiba saatnya membahas sosok jantung pacu yang ada di balik bonnet BMW M2 Competition 2019. Ya, inilah mesin S55 yang notabene unit mesin yang sama persis 100% digunakan di BMW M4 Coupé. Menggunakan mesin 3.0 liter M TwinPower Turbo inline 6-cylinder, mesin ini bisa menghasilkan figur performa 410 dk di 5,250 hingga 7,000 rpm beserta torsi puncak 550 Nm di putaran mesin 2,350 hingga 5,200 rpm.

Tuas transmisi manual di BMW M2 Competition 2019

BMW M2 Competition 2019 tersedia dalam pilihan transmisi manual 6-percepatan

Mesin ini siap menyalurkan semua tenaga impresif yang dimilikinya ke roda belakang melalui dua opsi transmisi, yakni 7-percepatan M Double Clutch Transmission (M-DCT), atau 6-percepatan manual. Ya, Anda tidak salah baca, karena BMW M2 Competition 2019 adalah satu-satunya sports car kompak di pasaran saat ini yang tersedia dengan transmisi manual. Asyik!

BMW M2 Competition 2019 berdasarkan klaim BMW M bisa melesat 0-100 km/jam dalam waktu 4,2 detik untuk M DCT, sekitar 0,2 detik lebih cepat dibandingkan transmisi manual. Angka top speed BMW M2 Competition 2019 baik versi M DCT maupun manual dibatasi di 250 km/jam.

>>> 10 Model Mobil Sedan Luas Dan Nyaman Pada Tahun 2017

Spesifikasi BMW M2 2019

Mau tahu detil spesifikasi BMW M2 Competition 2019? Cek informasi selengkapnya dari Cintamobil.com di tabel berikut ini.

Dimensi/ Ukuran BMW M2 Competition 2019

P x L x T

4461 mm x 1854 mm x 1410 mm

Ground Clearance

118 mm

Mesin BMW M2 Competition 2019

Jenis

S55 3.0-liter M TwinPower Turbo inline 6-cylinder petrol engine with twin-scroll turbocharger, Valvetronic,

Double VANOS, High Precision Injection

Kapasitas mesin

2,979 cc

Daya maksimum

410 dk @5,250 - 7,000 rpm

Torsi maksimum

550 Nm @ 2,350 - 5,200 rpm.

0-100 km/jam

Manual : 4,4 detik

M DCT : 4,2 detik

Top Speed

250 km/jam (electronically restricted)

Transmisi

7-percepatan M Double Clutch Transmission (M-DCT) /  6-percepatan manual

Kaki-Kaki BMW M2 Competition 2019

Suspensi depan

Lightweight aluminium double-joint tiebar spring strut axle

with M-specific elastokinematic

Suspensi belakang

Lightweight aluminium five-link axle with M-specific

elastokinematics

Rem depan

M Sport brake, 400mm diameter disc 6-piston fixed caliper  

Rem belakang

M Sport brake, 380mm diameter disc 4-piston fixed caliper

Velg

19" M light alloy wheels Y-spoke style 788 M

Daftar Harga BMW M2 2019

BMW Group Indonesia belum bersedia menyebutkan harga resmi dari BMW M2 Competition 2019. Pasalnya mobil ini baru bisa tersedia di diler resmi BMW pada Januari 2019 mendatang, sekalipun saat ini proses pemesanan unit masih bisa dilakukan di diler resmi. Kedepannya Cintamobil.com akan kembali mengupdate informasi harga BMW M2 Competition 2019 saat sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

>>> Klik sini untuk simak harga dan promo mobil lain yang hanya ada di Cintamobil.com

Kesimpulan BMW M2 2019

Sang pangeran baru di keluarga BMW M ini bisa jadi menepis semua titik lemah sang ‘pangeran berdarah campuran’, BMW M2 Coupé. Dengan jantung pacu yang asli diturunkan dari BMW M4 Coupé, BMW M2 Competition 2019 sukses menaikkan taraf permainan sports car kompak BMW M dan pastinya lebih menjanjikan adrenalin berkendara lebih baik dibandingkan saudara dekatnya.

Ada satu catatan penting mengapa BMW M2 Competition 2019 kami yakini bisa menjadi penguasa baru di pangsa pasar sports car kompak di Indonesia. Catatan tersebut ialah bagaimana BMW M, dengan segala paket teknologi berkendara mutakhir yang disematkan pada BMW M2 Competition 2019, masih menyediakan opsi transmisi manual yang 'lawas' tapi paling dicari-cari car enthusiast saat ini.

BMW M2 Competition 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan

BMW M2 Competition 2019 memadukan teknologi berkendara terbaik dengan sensasi berkendara yang lebih mengasyikkan

Mari kita akui, secepat apapun respon transmisi M DCT, pasti belum bisa mengalahkan sensasi perpindahan gigi transmisi manual yang lebih puritan dan mengasyikkan. Mau itu sekedar menggerakan tuas transmisi untuk memindahkan gigi transmisi secara cepat, atau aksi heel to toe yang dilakukan oleh kedua kaki. Boleh dikatakan inilah esensi fun to drive sejati yang sebenarnya mulai luntur dikalahkan teknologi yang semakin mutakhir.

Sekedar catatan tambahan, di keluarga BMW M untuk pasar Indonesia saat ini, hanya BMW M2 Competition 2019 yang masih menyediakan opsi transmisi manual dengan mesin S55. Jika Anda benar-benar BMW M Enthusiast sejati, maka BMW M2 Competition 2019 wajib masuk ke dalam daftar belanja mobil baru Anda di 2019. Ya kalau sampai terlupakan, maka siap-siap menyesal di masa mendatang.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

BMW Astra Used Car

DKI Jakarta

Bimmeroom

DKI Jakarta

back to top