Selain All New Avanza 2021, Daihatsu Xenia Juga Bakal Dipermak Total?

30/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
All New Avanza 2021 tak sendirian. Dalam laman Permendagri No.40 tahun 2021 ada juga mobil Daihatsu yang diduga sebagai Xenia terbaru punya kode mirip Avanza.

All New Avanza 2021 menjadi bahan perbincangan hangat sepekan terakhir. Kabarnya Low MPV dengan julukan mobil sejuta umat itu akan hadir dalam versi terbaru disertai sejumlah ubahan dari sisi desain, transmisi, hingga penambahan fitur di dalamnya.

Kabar tersebut menyeruak usai sejumlah mobil dengan kode tertentu yang diduga sebagai Avanza terbaru muncul dalam lampiran Permendagri No.40 tahun 2021. 

DN Multisix GIIAS

Wujud Xenia terbaru diramal tak jauh berbeda dengan DN Multisix yang pamer di ajang GIIAS 2017

>>> Nggak Suka Toyota Avanza FWD? Tenang Masih Ada Daihatsu Xenia

Selain All New Avanza 2021, Ada Juga Daihatsu Xenia Terbaru

Usut punya usut bukan hanya Toyota Avanza yang diduga punya model terbaru. Sang kembaran, Daihatsu Xenia dengan kode serupa juga muncul dalam lampiran yang sama. Bila Toyota Avanza diduga memiliki kode W101RE, mobil yang diduga Xenia terbaru berkode W101RG. 

Bukan hal aneh memang bilang peluncuran Toyota Avanza baru bakal diikuti oleh Xenia teranyar. Maklum keduanya juga diproduksi berbarengan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Seperti sebelum-sebelumnya, mobil kembar garapan Toyota-Daihatsu biasanya akan meluncur bersamaan baik itu model baru ataupun penyegaran. 

Dalam laman tersebut tampak bahwa mobil yang diduga Xenia terbaru itu memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) terendah Rp 135 juta yakni pada tipe 1.3 M M/T. Sedangkan NJKB termahalnya ada pada model 1.5 R CVT ASA yakni Rp 172 juta. 

Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe menjadi kado ultah Daihatsu Xenia ke-15

Meski kembar, nyatanya penjualan Xenia masih di bawah Avanza

Sekadar perbandingan, NJKB Daihatsu Xenia yang dijual saat ini terendah Rp 144 juta dan tertinggi Rp 170 juta. Dengan besaran NJKB tersebut harga Daihatsu Xenia saat ini dibanderol paling murah Rp 184,5 juta dan tertinggi Rp 225,9 juta. Harga ini berlaku saat penerapan diskon PPnBM 100%. Maka, bila nanti model baru meluncur sudah tentu harganya berubah karena ada penyesuaian PPnBM berdasarkan emisi yang berlaku mulai 16 Oktober 2021. 

Daihatsu Xenia beserta All New Avanza 2021 tampaknya memang bakal benar-benar berubah dari model sebelumnya. Konon, mobil kembar yang meramaikan jagat Low MPV ini akan mengusung platform baru berupa DNGA. Di samping itu masih dalam laman Permendagri transmisi matiknya tampak akan menggunakan CVT. Ini artinya ada perubahan karena sebelumnya Avanza-Xenia mengusung transmisi matik konvensional. 

tampak eksterior belakang Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Xenia versi RWD kabarnya masih akan tetap dihadirkan

>>> Tiga Hal Yang Kami Ketahui Tentang Toyota All New Avanza

Avanza-Xenia Terbaru Disebut Meluncur November

Belum habis sampai di situ. Penggerak roda pun ikut berubah. Avanza-Xenia yang biasa menggunakan sistem penggerak roda belakang, kini bakal mengusung FWD (Front Wheel Drive). Tapi kabarnya, Daihatsu bakal tetap menghadirkan Xenia versi RWD berdampingan dengan FWD.

Fitur keselamatan pun sepertinya akan makin lengkap. Bila Avanza terbaru kabarnya bakal disematkan Toyota Safety Sense (TSS), Daihatsu Xenia tampaknya akan membekali diri dengan Advanced Safety Assist (ASA).

Gambar fitur A.S.A Daihatsu Rocky

Fitur ASA di dalam mobil Daihatsu

Sejumlah bocoran tersebut pastinya membuat penasaran orang-orang yang memang sudah menanti ubahan besar dari keduanya. Bagi Anda yang telah menanti kehadiran mobil ini harap sedikit bersabar. Pasalnya, kabar beredar kedua mobil bakal meluncur pada November mendatang. 

>>> Ini Sebabnya Penjualan Daihatsu Xenia Tahun 2020 Keok

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top