Segera Hadir, Lexus LM Siap Definisikan Tatanan Baru di Ranah MPV Indonesia

25/07/2019

Mobil baru

7 menit

Target positioning Lexus LM sebagai "First Class Suites Luxury MPV" siap menjadi cara Lexus menghadirkan definisi standar kemewahan tertinggi di ranah MPV di Indonesia. Lalu, kapan Lexus LM akan hadir di Indonesia?

Kehadiran brand Lexus di Indonesia memiliki peran sentral terhadap penentuan standar kemewahan sebuah segmen kendaraan di Indonesia. Lewat varian crossover SUV seperti Lexus LX, line-up luxury sedan Lexus LS, dan coupe Lexus LC, Lexus menancapkan standar kualitas pengerjaan secara handmade, material terbaik dan kualitas, hingga aspek teknis yang mengakibatkan line-up mereka menjadi salah satu benchmark mobil mewah bagi konsumen jet-set Indonesia.

Seiring kekuatan segmen MPV yang mengakar kuat di pangsa pasar otomotif Indonesia maupun di kawasan Asia, mau tidak mau harus ada "standar" kemewahan yang diciptakan untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Lalu siapa yang akan menentukan hal tersebut?

Gambar menunjukkan mobil Lexus LM 300h 2019  saat Launching

Lexus LM memulai debut di ajang Auto Shanghai 2019

Dalam sesi Media Gathering Lexus LM di GIIAS 2019, Lexus Indonesia menyatakan diri kesiapan brand mobil Lexus dalam mencetuskan definisi MPV mewah di Indonesia dalam waktu dekat. Sekedar informasi, Lexus LM adalah line-up terbaru Lexus yang debut di Auto Shanghai 2019 dan diciptakan khusus untuk pasar Asia, serta menggunakan format bodi MPV sebagai 'jawaban' atas permintaan konsumen terhadap adanya MPV mewah.

"“Lexus selalu ingin memberikan kejutan baru untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup customer Lexus yang sudah tidak lagi memandang mobil sebagai sekadar alat transportasi. Saya yakin bahwa mobil ini adalah mobil yang ditunggu-tunggu para konglomerat di Indonesia. Memang betul karena orang sudah banyak bertanya mengenai mobil ini. Di awal tahun 2020, Lexus LM akan siap diperkenalkan.” kata Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia.

>>> Review Lexus LM 300h 2019 

Menerka Spesifikasi & Prediksi Harga Resmi Lexus LM

Lexus LM 300h menggunakan mesin hybrid 4-silinder 2.500 cc dengan motor listrik

Mobil Lexus LM memiliki dua versi, yakni Lexus LM 350 dan Lexus LM 300h

Oke bicara soal spesifikasi, Lexus menyediakan mobil ini dalam dua pilihan mesin. Lexus LM 350 akan dibekali mesin 3.500 cc V6, dan Lexus LM 300h yang memadukan mesin 4-silinder 2.500 cc dengan motor listrik. Untuk spesifikasi di Indonesia, performa effortless dari Lexus LM akan disempurnakan oleh penggunaan Swing Valve Shock Absorbers, dimana  kekuatan redaman diberikan secara tepat mengikuti gerakan sekecil apa pun dialami di roda dan suspensi mobil berkat penggunaan dua katup hidrolik di area suspensi. Selain itu, seluruh panel bodi mobil ini juga diberikan peredam khusus untuk menjaga kekedapan kabin. 

>>> Ini Deretan Mobil SUV Baru Yang Menggoda Pengunjung GIIAS 2019 - Bagian 1

Sebagai bentuk diferensiasi antara Lexus LM dengan Toyota Alphard sebagai "basis" mobil ini, Lexus Indonesia memastikan bahwa Lexus LM akan diproduksi khusus oleh pabrik Lexus dan memiliki kualitas kemewahan setara penerbangan first class. Jika berdasarkan clue tersebut, Cintamobil.com memprediksi Lexus LM versi 4-penumpang yang akan dibawa Lexus Indonesia untuk merepresentasikan 'pendekatan' tersebut, sekalipun tidak menutup kemungkinan versi 7 seat dihadirkan di 

Format kabin Lexus LM yang memiliki partisi terpisah

Lexus LM akan hadir membawa kemewahan tertinggi di segmen MPV

Agar konsumen merasakan experience first class tersebut, Lexus LM menyajikan beragam fitur ekslusif dan premium yang meningkatkan standar kemewahan di dalam kabin. Hal ini bisa dilihat dari format jok penumpang belakang yang bergaya first class dengan partisi "privasi" antara kokpit depan dan ruang kabin belakang. Jika mengacu pada spesifikasi Lexus LM di pasar Asia, untuk versi 4 penumpang akan memiliki layar monitor 26 inci dengan dukungan tata suara Mark Levinson 19 speaker, serta panel touch screen untuk pengaturan posisi kursi, suhu kabin, audio, dan fitur pendukung lainnya.Tak lupa tersedia cooler box berkapasitas 14 liter yang siap memanjakan para kaum jet-set Indonesia yang ada di kabin belakang.

Kenyamanan dan kemewahan mobil ini akan semakin paripurna dengan elemen ornamen Gin-Sui-Boku yang terinspirasi oleh seni tinta perak, yang akan menghiasi interior mobil. Konsumen Lexus Indonesia bisa mengajukan kustomisasi jenis kayu, pemilihan warna leather pada kursi, sampai ke detil model jahitan yang diinginkan agar menjadikan mobil ini sebagai pelengkap presensi MPV termewah di Indonesia nantinya ini. 

Oke, berapa harga Lexus LM yang perlu ditebus konsumen jika menginginkan mobil tersebut ada di Indonesia? Nah, untuk ini Lexus Indonesia secara khusus sudah memberikan rentang harga resmi Lexus LM di Indonesia yang akan meluncur pada Q1 2020, dimana harga tersebut berkisar di angka Rp2.2 miliar - Rp2.5 miliar. 

>>> Berita mobil baru dalam dan luar negeri bisa Anda dapatkan di sini

Andil Indonesia Dalam Proses Lahirnya Lexus LM

Bisa dikatakan Indonesia adalah "rumah" bagi kendaraan-kendaraan MPV di dunia, karena trend masyarakat di Indonesia lebih menggemari mobil MPV. Pun demikian di segmen kalangan jet-set dan konglomerat di Indonesia, yang mana sekalipun sudah memiliki mobil jenis Coupe, Sportscar, hingga SUV sekalipun tetap ada 1 kendaraan MPV yang menjadi kendaraan untuk mobilitas di kota besar. 

Hal inilah yang dibawa Lexus Indonesia ke Lexus global, karena berdasarkan riset dan kebutuhan konsumen Lexus Indonesia, kendaraan MPV premium memiliki potensi dan sangat penting untuk diproduksi sebagai bentuk solusi atas kebutuhan konsumen di level jet set tersebut. 

Penjelasan Lexus LM oleh Lexus Indonesia

Penjelasan Lexus LM oleh Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia

"Butuh 10 tahun untuk Lexus Indonesia menyakinkan pihak Lexus pusat mengenai kebutuhan pasar akan sosok MPV seperti ini. Kami sampai harus membawa para decision maker dan desainer Lexus LM melihat kultur gaya hidup konglomerat di Indonesia. Dan akhirnya lahir kesimpulan project ini lebih menjadi orang-orang di segmen ini merasa diakomodir keinginannya, bukan kita bicara soal volume maker. Dan karena MPV ini lebih cocok untuk pasar Asia, maka mobil ini secara 'bisnis' (produksi Lexus) hanya tersedia di kawasan Asia saja," tambah Adrian kepada tim Cintamobil.com.

Sekalipun sudah diperkenalkan pada Auto Shanghai 2019, bisa dikatakan bahwa produksi Lexus LM di pabrik Lexus yang ada di Jepang baru berjalan di tahun 2020. Dan karena andil Lexus Indonesia pula terhadap project ini, Indonesia potensial sebagai negara pertama yang akan memperkenalkan versi produksi dari Lexus LM di antara negara-negara lain di Asia pada tahun depan.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Lexus LFA 2011: Salah Satu Tonggak Sejarah Supercar Dunia

 
back to top