Review Lexus LFA 2011: Salah Satu Tonggak Sejarah Supercar Dunia

03/03/2019

Share this post:

Lexus LFA 2011

Editor rate:

Lihat promo

Lexus LFA 2011 menandai momen penting dalam sejarah Lexus dan pengembangan supercar di dunia. Sebuah desain bersih, Lexus LFA diciptakan oleh teknisi Lexus yang berdedikasi dan mendorong batas-batas bahan teknologi dan teknis di setiap tahap untuk menghasilkan mobil yang tidak pernah diciptakan Lexus sebelumnya.

Review Lexus LFA 2011: Salah Satu Tonggak Sejarah Supercar Dunia
Review Lexus LFA 2011: Salah Satu Tonggak Sejarah Supercar Dunia
0 Gambar

Pengantar Lexus LFA 2011

Mari kita simak spesifikasi Lexus LFA 2011 di bawah ini.

Kelebihan

Salah satu mobil dengan handling dan pengendaraan terbaik dari Lexus

Mesin yang garang, tetapi salah satu sports car dengan suara mesin termerdu

Teknologi dan fitur berkendara yang menyenangkan untuk dibawa

Kekurangan

Tidak diproduksi lagi

Hanya sedikit yang diproduksi membuat harga bekasnya memiliki nilai yang sangat tinggi

Review Lexus LFA 2011Lexus LFA adalah mobil sport dua kursi yang diproduksi oleh Lexus, divisi mobil mewah dari Toyota. LFA merupakan model kedua dalam garis kendaraan performa F dari Lexus, mengikuti Lexus IS F. Tiga konsep diluncurkan setelah pengembangan pada tahun 2000-an, dimana konsep pertama debut pada tahun 2005, diikuti 2017 dengan interior dan eksterior lebih lengkap, penampilan berbadan roadster perdana pada tahun 2008.

mobil konsep Lexus LFA berwarna perak

Mobil konsep LFA yang diperkenalkan pada tahun 2005

Lexus mulai menerima pesanan untuk LFA pada 23 Oktober 2009. Pembeli dipilih secara selektif oleh Lexus pada kuartal kedua 2010 dan produksi dimulai Desember 2010. Dengan hanya 500 total model LFA dibuat di seluruh dunia, hanya ada 20 mobil yang diproduksi setiap bulan. Setelah debut di Tokyo Motor Show, Lexus meluncurkan sebuah situs web dengan ‘LFA Configurator’, memungkinkan pengguna untuk memilih warna eksterior, interior, kaliper rem, kulit roda kemudi, dan desain interior lainnya.

Namun sayangnya, pada Februari 2016, bos Lexus Eropa Alain Uyttenhoven mengkonfirmasi bahwa tidak akan ada penggantian LFA baru dalam waktu dekat. Ia menyatakan, “LFA adalah ikon sekarang akan selalu (menjadi ikon Lexus). Kita tidak perlu menggantinya. Ini adalah mobil yang bisa kita rujuk selama 25 tahun…. Ada kemungkinan bahwa suatu hari kita akan membuat supercar lain, tetapi dalam pandangan saya mesin super high end bukanlah yang kita butuhkan saat ini.”

Lexus LFA 2011 berwarna putih

Lexus LFA adalah salah satu kendaraan yang bisa memberikan kenyamanan berkendara

Karena itu, sepertinya kita bisa menikmati keindahan tampilan serta pengendaraan yang luar biasa dari salah satu sports car terbaik di zamannya. Untuk menghargai mobil yang menawan dan menarik ini, simak lagi review Lexus LFA 2011 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Lexus LFA 2011

Desain eksterior Lexus LFA 2011 versi konsep dan produksi final merupakan hasil karya dari General Manager Lexus Design, Kengo Matsumoto. Etos desain keseluruhan, menurut Lexus, didasarkan pada prinsip bentuk mengikuti fungsi dan estetika sekunder untuk aerodinamika dan operasi.

Review Lexus LFA 2011: Eksterior Depan

tampilan depan Lexus LFA 2011 berwarna putih

Tampilan depan Lexus LFA 2011

Bagian depan langsung menunjukan tampilan LFA yang dibuat untuk memaksimalkan aerodinamika berkendara sehingga membuat mobil menjadi lebih mulus di jalanan. Bagian tubuh dan eksterior depan Lexus LFA 2011 dirancang dengan penekanan pada downforce. Celah horizontal pada kap mesin juga digunakan untuk memasok udara pada mesin. Sedangkan saluran hood ganda berfungsi untuk memindahkan udara panas dari manifold buangan.

Review Lexus LFA 2011: Eksterior Samping

tampilan samping Lexus LFA 2011 berwarna putih

Tampilan samping Lexus LFA 2011

Sama seperti kendaraan berkinerja lainnya, eksterior samping Lexus LFA mendapatkan air duct yang digunakan untuk mengalirkan udara ke roda belakang guna mendinginkan rem. Mendapatkan tata letak mesin mid-nya, wheelbase panjang dan overhang pendek serta aerodinamika canggih mengalirkan angin. Selain itu, ada pegangan yang luar biasa dari karet Bridgestone yang dikembangkan secara khusus untuk mobil ini. Roda 305/30 ZR20 memberikan cengkraman untuk bagian belakang, sementara ban 365/35 ZR20 mempertahankan ketenangan di depan.

Review Lexus LFA 2011: Eksterior Belakang

tampilan belakang Lexus LFA 2011 berwarna putih

Tampilan belakang Lexus LFA 2011

Layaknya mobil sport lainnya, LFA juga mendapatkan sayap belakang yang sensitif dengan kecepatan menggabungkan sayap Gurney dan akan aktif ketika kecepatan mencapai lebih dari 80 km/jam. Sebagaimana fender depan, fender belakang, bagian pintu, atap, dan sayap dibuat seringan mungkin. Melengkapi tampilan eksterior belakang Lexus LFA 2011, lampu ekor mendapatkan lampu light-emitting diode (LED).

>>> Mungkin Anda ingin baca:

 

Interior Lexus LFA 2011

Kabin rendah dibagi menjadi tiga zona: zona mekanis yang mencakup kerangka konstruksi mobil; zona manusia yang menggunakan dua kursi diletakan tepat di tengah mobil serta zona mengemudi dengan instrumentasi teknologi tinggi yang menyatukan pengemudi dengan interior Lexus LFA 2011.

Review Lexus LFA 2011: Dasbor

Kabinnya dibuat dengan tangan dengan ergonomi yang berfokus pada pengemudi. Bagian dalam memadukan material canggih yang digunakan dalam konstruksi Lexus LFA, dengan area terbuka baik dari serat karbon matt dan gloss. Seperti halnya eksterior, pemilik dapat memilih warna dan detail interior, termasuk dasbor Lexus LFA 2011 yang dengan warna yang berbeda sesuai selera pribadi.

dasbor Lexus LFA 2011 berwarna hitam

Dasbor Lexus LFA 2011

Tidak ada banyak yang bisa dilihat pada bagian depan dasbor Lexus LFA 2011. Pasalnya Lexus sudah mengakomodir dan memberikan semua tampilan menawan pada konsol tengah dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Sesuai dengan kegunaannya, layar infotainment yang ditawarkan pas untuk sekelas mobil sports, tidak terlalu besar dan menghabiskan ruang.

Review Lexus LFA 2011: Kemudi

kemudi Lexus LFA 2011 berwarna merah dan hitam

Kemudi Lexus LFA 2011

Kemudi tidak berantakan untuk sekelas mobil cepat dengan desain flat-bottom, Ada tombol di sisi kanan yang juga menggunakan serat karbon dan tombol seperti kursor yang mengontrol layar tampilan pengemudi TFT yang sangat keren dengan berbagai fungsi. Integritas kemudi Lexus LFA 2011 sangat luar biasa dan seimbang untuk pengendaraan yang lebih baik bagi pengemudi. Lexus menyebutnya sebagai “kemudi dengan laju konstan yang disetel”. Sempurna.

Review Lexus LFA 2011: Kursi

kursi Lexus LFA 2011 berwarna merah

Kursi Lexus LFA 2011

Lexus memanjakan pengemudi ketika mengendarai sports car ini. Dengan kursi berlapis kulit halus dan Alcantara memberikan tingkat dukungan punggung dan bagian samping tinggi yang diperlukan dalam mobil yang mampu melaju lebih dari 300 km/jam. Desain bucket langsung menyapa pengemudi ketika duduk di kursi Lexus LFA 2011, memberikan kenyamanan selama perjalanan.

>>> Baca juga:

Fitur Lexus LFA 2011

Panel instrumen kompak menggabungkan layar LCD dengan Thin Film Transistor (TFT) serta cincin penggerak motor-drive. Ketika kecepatan mesin melebihi 9.000 rom, area tampilan dari fitur dial di konsol tengah berubah menjadi merah untuk memberikan peringatan pada pengemudi. Tetapi jangan salah, teknologi ini juga dapat deprogram untuk berubah menjadi kuning atau hijau ketika putaran mesin mencapai rentang tertentu.

fitur sayap Lexus LFA 2011 berwarna putih

Fitur sayap belakang Lexus LFA 2011

Tampilan menarik dari konsol tengah juga menampilkan speedometer digital dan indikator roda gigi, mode transmisi, data kontrol kendaraan, serta tampilan informasi perjalanan. Fitur Lexus LFA 2011 di sisi kiri kemudi memungkinkan pengemudi beralih melalui serangkaian fungsi, termasuk menyesuaikan tampilan data, menyesuaikan penerangan kabin serta mengoperasikan sistem stopwatch untuk trek.

Review Lexus LFA 2011: Fitur Keselamatan Aktif

Mengintegrasikan pengereman dan kontrol torsi, sistem Sport Vehicle Dynamics Integrated Management (VDIM) Lexus yang canggih disetel secara eksklusif untuk LFA. Tidak seperti traksi dan sistem stabilitas konvensional, VDIM merupakan bagian dari Electronic Control Unit (ECU) engine V10 yang mampu bertindak cepat dan lancar, menghasilkan tingkat stabilitas dan keamanan dari fitur keselamatan aktif Lexus LFA 2011.

rem Lexus LFA 2011 berwarna perak

Stabilitas tinggi dari rem Lexus LFA 2011

Untuk penerapannya, ECU menerima informasi dari berbagai sensor dan komponen kontrol, menyusun data penting termasuk tekanan silinder rem, panjang stroke pedal rem, laju percepatan longitudinal, lateral, dan vertikal, kecepatan putar, hingga tekanan rem. Melalui Kontrol Stabilitas Kendaraan dan sistem Kontrol Traksi (TRAC/TRC) terintegrasi VDIM, torsi mesin dapat disesuaikan.

Selain itu, perangkat lunak LFA, Electronically Controlled Brake yang ditingkatkan dengan sensor percepatan vertikal serta sensor laju putar yang dirancang khusus memfasilitasi logika estimasi yang dikenal dengan Program Pengamat. Teknologi ini menggunakan umpan balik sensor dan memperkirakan perilaku kendaraan untuk mendeteksi dan merespons dengan cepat dan akurat terhadap lingkungan serta kondisi jalan.

>>> Klik sini untuk simak review Lexus RC F Track Edition 2020 terlengkap

Operasi Lexus LFA 2011

Inti dari Lexus LFA adalah mesin V10 yang dirancang khusus dan disedot secara alami untuk menetapkan standar baru dari dimensi yang ringkas, arsitektur ringan, serta kinerja tinggi. Sejak awal ditentukan, mesin harus memiliki kapasitas 4.805 cc, mengembangkan 552 daya kuda dengan putaran garis merah menyentuh 9.000 rpm.

mesin Lexus LFA 2011 berwarna hitam

Mesin Lexus LFA 2011

Sistem operasi Lexus LFA 2011 dengan V10 mampu menghasilkan torsi maksimal 480 Nm pada putaran 6.800 rpm, 90% diantaranya tersedia dari 3.700 rpm hingga garis merah 9.000 rpm berkat teknologi Dual VVT-I, manifold knalpot dengan panjang yang sama dan volume tinggi serta 12 lubang injektor bahan bakar. Kenikmatan berkendara bisa Anda dapatkan dari percepatan 0-100 km/jam hanya dalam 3.7 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 325 km/jam.

 

Spesifikasi Lexus LFA 2011

Sebagai salah satu sport car yang menjadi pembeda dari lini produk Lexus lainnya, spesifikasi Lexus LFA 2011 adalah salah satu yang terbaik buatan Lexus. Tak percaya? Lihat daftarnya berikut ini.

Dimensi Lexus LFA 2011

Panjang x Lebar x Tinggi

4.505 mm x 1.895 mm x 1.220 mm

Jarak Poros Roda

2.650 mm

Berat

1.480 – 1580 kg

Mesin Lexus LFA 2011

Tipe Mesin

1LR-GSE V10 40 katup DOHC

Isi Silinder

4.805 cc

Tenaga Maksimal

552 dk @ 8.700 rpm

Torsi Maksimal

480 Nm @ 6.800 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

3.7 detik

Kecepatan Tertinggi

325 km/jam

Transmisi

6 Percepatan Otomatis Sekuensial

Kaki-Kaki Lexus LFA 2011

Suspensi Depan

Double wishbone

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem

Ventilated discs

Velg

20 Inci

Ban Depan

265/35R20 95Y

Ban Belakang

305/30R20 99Y

Daftar Harga Lexus LFA 2011

Tak banyak yang bisa Anda lakukan jika ingin memiliki mobil ini kecuali mempunyai uang yang cukup untuk membeli mobil ini dari pemiliknya saat ini. Karena sudah tidak diproduksi lagi, mobil ini memiliki harga yang meningkat ketika pertama kali dipasarkan. Sekedar informasi, harga Lexus LFA 2011 yang diproduksi pada akhir 2010 tercatat dengan harga dasar $ 375.000 (atau setara dengan Rp 5.25 Miliar). Varian sirkuit bahkan lebih mahal lagi, yaitu dengan harga awal $ 445.000 (setara Rp 6.23 Miliar). Sedikitnya unit yang diproduksi tentu saja menjadikan harga bekas mobil ini melambung tinggi.

>>> Mari cek harga dan promo mobil Lexu semua tipe di sini

Kesimpulan Lexus LFA 2011

Jika satu-satunya tolok ukur kinerja sports car merupakan waktu sprint 0-100 km/jam tradisional, maka ada beberapa mobil di segmen otomotif yang sangat eksklusif dan bisa melampaui LFA. Tetapi Lexus LFA 2011 tidak ada kecepatan tertinggi maupun percepatan dari diam, melainkan pengalaman berkendara total dan kesenangan yang Anda dapatkan selama berada di balik kemudi mobil ini.

Lexus LFA 2011 berwarna putih

Tampilan menawan nan sporty dari Lexus LFA 2011

LFA bisa disebut sebagai salah satu pengukir tonggak sejarah kendaraan berperforma tinggi di dunia otomotif hingga saat ini. Unit yang sedikit serta harganya yang eksklusif hanya beberapa diantara sedikit kelemahan mobil ini. Tapi dibalik itu semua, Lexus LFA 2011 merupakan kendaraan yang mampu menerjemahkan arti sports car dalam semua komponen dan kenyamanan pengendaraan yang diberikan bagi pengemudi.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top