Sebelum Diekspor, KMW AMMDes Sudah Melewati Uji Coba Ini

17/09/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Sebelum Diekspor, KMW AMMDes Sudah Melewati Uji Coba Ini
Sebelum akhirnya kendaraan multiguna ini sukses diekspor ke negara luar, inilah serangkaian prasyarat dan juga uji coba yang harus dilewati oleh KMW AMMDes

Sebelum akhirnya kendaraan multiguna ini sukses diekspor ke negara luar, ada serangkaian prasyarat dan juga uji coba yang harus dilewati oleh KMW AMMDes.

Sebagai informasi KMW AMMDes adalah akronim dari Kreasi Mandiri Wintor yang merujuk kepada PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen kendaraan niaga serbaguna pedesaan ini. Sementara AMMDes adalah kependekan dari Alat Mekanis Multiguna PeDesaan.

Gambar spesifikasi KMW AMMDes

Inilah spesifikasi AMMDes

Dengan total 73% local content membuat AMMDes layak disebut sebagai kendaraan hasil karya anak bangsa. Meski harus diakui untuk masalah tampilan mobil ini belum bisa dibilang menarik karena masih mengedepankan fungsi. Namun untuk urusan daya tahan, kami dari Cintamobil.com melihat serangkaian tes yang dilakukan terhadap mobil ini, tidak ada alasan untuk tidak percaya akan daya tahannya.

Pengetesan Ekstrim

Dalam rangkaian pengetesannya, Mobil KMW AMMDes ini dipaksan untuk mampu menanjak dengan sudut elevasi 58 derajat dalam keadaan tanpa muatan. Tak hanya itu, mobil yang komponennya dipasok oleh Astra Otoparts ini juga pun sanggup melewati jalan menurun dengan elevasi 48 derajat dengan bak kosong. Pengetesan ini dibutuhkan untuk membuktikan bahwa titik canter of gravity AMMDes berada di level aman untuk menghadapi tanjakan maupun turunan curam.

Gambar salah satu pengetesan KMW AMMDes

Pengetesan dilakukan serius

Setelah pengetesan tanpa beban lolos, mobil rakitan KMW ini harus melakoni uji coba dengan beban. Tetapi bak angkutnya diisi muatan, untuk melibas tanjakan 44 derajat bak AMMDes diisi beban 192 kilogram, setelah sukses AMMDes kembali menjalani uji tanjak dengan membawa beban 155 kilogram, tetapi elevasinya ditambah 4 derajat lagi menjadi 48 derajat.

Setara Kompetisi Off-Road Ganas

Demikian juga dengan kondisi jalan menurun curam, dengan beban angkut 155 kilogram AMMDes mampu melibas jalan menurun dengan elevasi 44 derajat, sedangkan turunan dengan elevasi 50 derajat dapat dilewati jika beban di bak angkut ditambah 37 kilogram. Kemampuan ini cukup setara dengan kompetisi adventure off-road terganas di Indonesia seperti MEX (Meratus Expedition) maupun IOX JOLI (Indonesia Off-road eXpedition Jawa Bali). Maka tak heran, PT KMWI percaya diri dengan produk yang mereka buat.

>>> Ini sejarah perjalanan mobil rakitan KMW

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Bukan Esemka, tapi KMW AMMDes yang Jalani Ekspor Perdana Ke Nigeria

29/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Bukanlah mobil Esemka yang sedang ramai diberitakan itu, namun KMW AMMDes yang merupakan hasil karya anak bangsa sukses melakukan ekspor perdana pada minggu ini

Lihat juga

Bidik Inovasi Anak Bangsa, Kemenperin Gelar Kompetisi Desain AMMDes

04/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Kementerian Perindustrian bersama KMWI dan NMAA gelar kompetisi Desain AMMDes bertajuk Kemenperin AMMDes Digimodz. Pemenang yang terpilih diumumkan di IMX 2020.

Lihat juga

Ditest Pengunjung IEMS 2019, Ketangguhan AMMDes Listrik Juga Bakal Diuji Kemenperin

09/09/2019

Mobil baru

3 menit

Sukses dicoba pengunjung IEMS 2019, giliran Kemenperin yang bakal menguji ketangguhan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) bermotor listrik atau e-AMMDes di medan yang berbeda.

Lihat juga

Bukan Kaleng-Kaleng, Ternyata Inilah Rangkaian Pengetesan KMW AMMDes

06/08/2019

Mobil baru

3 menit

Siapa sangka kendaraan berjuluk Alat Mekanis Multiguna PeDesaan atau yang akrab disebut AMMDes ini telah melewati serangkaian pengetesan yang menjamin ketangguhannya saat dipergunakan di lapangan? Ternyata mobil yang jadi 'bahan' Kemenperin AMMDes Digimodz ini bukan kaleng-kaleng, inilah serangkaian pengetesan KMW AMMDes

Lihat juga

Lebih Dari 100 Peserta Kemenperin AMMDes Digimodz Siap Perebutan Hadiah Jutaan Rupiah

06/08/2019

Event - Promosi

5 menit

Kementrian Perindustrian (Kemenperin) bekerja sama dengan National Modificator and Aftermarket Associaton (NMAA) hari ini resmi membuka ajang perlombaan Kemenperin AMMDes Digimodz. Ini merupakan ajang adu kreatifitas modifikator digital, dan ajang ini akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Lihat juga