Review KMW AMMDes Calon Kendaraan Nasional Indonesia 2019

05/12/2018

Share this post:

KMW AMMDes 2019

Editor rate:

Lihat promo

KMW AMMDes merupakan akronim dari Alat Mekanis Multiguna PeDesaan yang merupakan proyek kerjasama antara PT Kiat Inovasi Indonesia dengan Velasto Indonesia. Apakah ini merupakan mobil yang masuk calon kendaraan nasional Indonesia tahun 2019?

Review KMW AMMDes Calon Kendaraan Nasional Indonesia 2019
Review KMW AMMDes Calon Kendaraan Nasional Indonesia 2019
0 Gambar

Pengantar KMW AMMDes 2019

Mari kita simak spesifikasi KMW AMMDes 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Asli karya anak bangsa

Didukung Astra Otoparts sebagai vendor utama

Tangguh dan lincah

Kekurangan

Jauh dari kata nyaman

Kabin sempit dan bisa dibuat lebih luas

Belum tersedia AC serta pemasarannya masih tanda tanya

Review KMW AMMDes 2019 - Angan-angan akan Indonesia untuk memiliki mobil nasional nampaknya masih sangat jauh dari harapan. Beberapa waktu lalu, seorang politisi dari salah satu partai ada yang menyebutkan bahwa akan ada mobil nasional diluncurkan pada bulan Oktober 2018. Bahkan tidak sedikit yang menganggap kejadian ini adalah salah satu hoax terbesar di tahun ini.

Gambar Brosur KMW AMMDes 2019

KMW AMMDes 2019 adalah angkutan pedesaan yang dikembangkan bersama cucu perusahaan Astra Otoparts

Oke, stop bicara politiknya, mari kita fokus ke mobil istimewa yang akan kita bahas kali ini. Sebenarnya tim Cintamobil.com agak bingung, apakah KMW AMMDes 2019 ini masuk ke ranah mobil, truk, pick up atau sebatas kendaraan saja. Karena mobil ini masih sama misteriusnya dengan Esemka. Bahkan, status KMW AMMDes 2019 ini masih jadi perdebatan di meja redaksi Cintamobil.com sampai tulisan ini hendak ditulis.

Aksi KMW AMMDes 2019 saat di sebuah pameran

Bapak Kiat mendemonstrasikan salah satu fitur KMW AMMDes 2019 di pameran

Untunglah masalah spesifikasi KMW AMMDes ini enggak buta-buta amat, setelah kami menghubungi Hana Carissa, seorang Public Relation dari PT. Astra Otoparts, Tbk. Menurut wanita cantik keturunan tionghoa ini, KMW AMMDes 2019 adalah produksi dari cucu perusahaan Astra Otoparts. “Nama perusahaanya KMWI dan KMWD,” begitu sebutnya dalam pesan singkat berbasis aplikasi kepada salah satu kru Cintamobil.com.

Gambar Logo mobil KMW AMMDes 2019

Kalau dilihat, logo KMW AMMDes 2019 ini agak mirip Lamborghini ya?

Beberapa waktu lalu Cintamobil.com mendapatkan undangan khusus ke Kementrian Perindustrian untuk mengikuti diskusi mobil elektrifikasi beserta regulasinya. Tak sengaja, pada kesempatan itu, kami mendapati KMW AMMDes 2019 sedang dipanaskan dan kami minta izin untuk melihat lebih dekat dan mencobanya. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai KMW AMMDes 2019? Simak terus ulasan dari kami ini hanya di Cintamobil.com.

Eksterior KMW AMMDes 2019

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan metode review Cintamobil.com, pasti sudah tidak heran jika Anda akan segera kami ajak mengitari mobil secara 360 derajat. Hal ini dimaksudkan agar Anda terbiasa dan lebih paham mengenai mobil yang kami bahas. Berikut ini review eksterior dari KMW AMMDes 2019.

Review KMW AMMDes 2019 : Tampilan Depan

Tampilan depan 2 mobil KMW AMMDes 2019 satu berwarna merah dan satu berwarna putih

Bagian depan dari mobil ini begitu nyentrik, enggak biasa, namun juga kaku tapi justru memberikan efek menarik tersendiri

Desain fresh dan asli Indonesia sangat patut diapresiasi. Karena hampir tidak ada mobil dibelahan dunia yang memiliki desain seperti ini. Bagian depan dari mobil ini begitu nyentrik, sangat tidak biasa, namun juga kaku. Tapi, bahasa desain seperti itu malah memberikan efek menarik tersendiri. Grill pada mobil ini tampilpolos, dan dilengkapin dengan kisi-kisi yang memiliki fungsi ganda, yaitu meningkatkan efek aerodinamika. Tapi efek buruknya, bolongan pada grill tadi akan menjadi bumerang ketika hujan lebat, air akan masuk dan membasahi kaki Anda. Oh ya, efek modern juga terpancar dari penggunaan lampu utama, serta sein dengan teknologi LED (Light Emitting Diode). 

Review KMW AMMDes 2019 : Tampilan Samping

Tampilan samping mobil KMW AMMDes 2019

Desainnya mengikuti fungsinya, tampak sederhana namun praktis

Beralih ke bagian samping mobil KMW AMMDes 2019 ini tetap tampil sederhana. Desain dari mobil ini seakan mengikuti fungsinya, tampak tetap sederhana namun tetap praktis. Tuas pintunya berdesain sederhana nan kokoh, serta terbuat dari besi sehingga durabilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya, tidak terdapat jendela pada unit tes yang tersedia di kementrian perindustrian ini, hanya berupa terpal dengan plastik transparan. Sementara unit yang dipajang pada ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show 2018 memiliki fitur kaca jendela geser. Pada bagian samping ini pula, terdapat peranti PTO (Power Take Off).

Review KMW AMMDes 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang mobil  KMW AMMDes 2019

Unsur fungsional benar-benar dikedepankan pada mobil buatan Indonesia ini

Sama seperti bagian lainnya, unsur fungsi benar-benar dikedepankan pada mobil buatan Indonesia ini. Pada versi yang dipajang di ajang GIIAS 2018 banyak model yang dibuat untuk berbagai macam kegunaan. Antara lain, PTO-nya disambungkan dengan mesin pompa air, lalu ada juga yang disambungkan dengan mesin penggiling padi, juga ada yang disambungkan dengan alat penjernih air seperti pada mobil tes kami kali ini. Salah satu hal yang kami suka dari KMW AMMDes 2019 ini adalah seluruh lampu belakangnya sudah menggunakan sistem LED yang hemat daya dan lebih terang. Ground clearence mobil ini juga sangat tinggi dan menjamin kapabilitasnya melewati jalanan tidak rata khas pedesaan. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior KMW AMMDes 2019

Setelah puas mencermati bagian luar atawa eksteriornya, kini saatnya untuk mempelototi bagian interior KMW AMMDes 2018 ini. Berikut review interior KMW AMMDes 2019.

Review KMW AMMDes 2019 : Layout Interior

Gambar Layout interior KMW AMMDes 2019

Interiornya tampak sederhana dengan minim kelengkapan dan dilengkapi setir racing

Interior KMW AMMDes 2019 ini sangat sederhana layoutnya. Minim kelengkapan dan hanya setir racing yang aftermarket menghiasi interiornya. Tidak ada yang istimewa pada interior mobil ini, dan karena dititik beratkan pada fungsi, memang kemewahan kabin tidak terlalu dibutuhkan pada interior KMW AMMDes 2019 ini. 

Review KMW AMMDes 2019 : Kursi

Gambar bagian Kursi KMW AMMDes 2019

Jangan harap kursinya nyaman, karena memang mobil ini bukan dititik beratkan untuk alat angkut, namun alat guna

Kapasitas penumpang yang mampu diangkut oleh KMW AMMDes 2019 ini hanya dua orang saja. Dan orang yang bisa masuk adalah yang memiliki postur kecil, gemuk sedikit dijamin akan kesulitan untuk masuk kedalam. Serta, jangan harap kursinya nyaman, karena memang mobil ini bukan dititik beratkan untuk alat angkut, namun alat guna.

>>> Baca juga:

Fitur KMW AMMDes 2019

Review KMW AMMDes 2019 : Ringkasan Fitur

Fitur utama mobil ini adalah membantu para petani dan pengusaha bidang perikanan dan pertanian

Fitur mobil ini yang utama adalah sebagi genset atau power supply yang membantu pengusaha bidang pertanian serta perikanan

Tidak ada fitur kenyamanan dan juga keselamatan yang memadai pada KMW AMMDes 2019 ini, karena memang kegunaan utama mobil ini adalah sebagai genset atau power unit yang dapat membantu pengusaha bidang pertanian serta perikanan. Mobil ini bisa dikaitkan dengan alat penggiling padi, alat penjernih air, alat pengairan bahkan bisa difungsikan sebagai genset. Itulah fitur utama dari mobil ini.

Gambar menunjukkan PTO pada KMW AMMDes 2018

Semua alat yang kami sebut diatas tadi dapat dikaitkan dengan alat bernama PTO yang terdapat pada mobil ini

>>> Teknologi Sensor LiDAR Terjauh dari Volvo: Bisa Tangkap Gerakan Sejauh 250 Meter

Operasi KMW AMMDes 2019

Gambar bagian Mesin KMW AMMDes 2019

Mesinnya diesel berkapasitas 700 cc indirect injection

Mesin KMW AMMDes 2019 ini dibuat oleh PT. Sharprindo Dinamika berkapasitas 700 cc dan mampu menelurkan 14 Hp pada putaran mesin 2000 rpm. Namun kalau boleh jujur masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh para vendor pembuat KMW AMMDes 2019 ini. Mesinnya terdengar sangat keras dan jelas, bahkan mobil ini lebih mirip genset atau mesin diesel pertanian yang diberi transmisi, sistem kemudi dan juga jok serta dipaksakan untuk berjalan. Saran dari kami tim Cintamobil, pakai mesin bensin saja dengan kapasitas mesin yang kecil, seperti mesin Daihatsu Ayla. Baru untuk PTO-nya tetap menggunakan mesin diesel juga namun terpisah dengan mesin penggerak utama.

>>> Rahasia Dibalik Mesin Diesel Bisa Bertenaga dan Efisien

Spesifikasi KMW AMMDes 2019

Berikut ini adalah spesifikasi KMW AMMDes 2019.

Mesin KMW AMMDes 2019

Seri mesin

ZS1100

Bahan Bakar

Diesel

Tenaga Maksimum

14 Hp @ 2200 rpm

Torsi Maksimum

N/A

Kapasitas Silinder

700 cc

Klaim Top Speed

45 km/jam

Transmisi Tipe

3 Percepatan Manual

Rangka KMW AMMDes 2019

Panjang Keseluruhan

3.580 mm

Lebar Keseluruhan

1.900 mm

Tinggi Keseluruhan

1.370 mm

Jarak Poros Roda

1.900 mm

Radius Putar

4 meter

Suspensi/Kaki-Kaki KMW AMMDes 2019

Ban

Swallow R15

Pelek

Besi

Suspensi

Independe

Daftar Harga KMW AMMDes 2019

Harga mobil KMW AMMDes 2019 ini ditawarkan mulai Rp 60 juta. Jika Anda tertarik dengan mobil ini, cepatlah datang ke showroom jual beli mobil untuk bawa pulang ia ke rumah ya. 

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya di sini

Kesimpulan KMW AMMDes 2019

Gambar mobil KMW AMMDes 2019 berwarna-warni

Jika Anda pengusaha, maka belilah mobil ini

So, is this car for you? Well, jika Anda pengusaha dibidang pertanian, perikanan dan pengolahan beras. Kami dari Cintamobil.com sangat menyarankan Anda untuk memiliki mobil ini. Terlebih harganya murah, kan rata-rata konsumen Indonesia menggunakan patron harga enggak masalah yang penting murah.

>>> Simaklah artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review UD Truck Kuzer 2018: Kabin Terluas dan Tenaga Terbesar di Kelasnya

Rp 310.000.000

01/04/2019

Editor rate:

Disebut sebagai truk dengan kabin terluas pada segmennya, UD Trucks akhirnya memasarkan UD Truck Kuzer 2018 setelah tertunda selama satu tahun. Menggunakan tagline “memberikan ekstra”, mobil ini dipenuhi dengan teknologi terbaru serta kenyamanan tingkat tinggi bagi pengemudinya untuk segmen truck light duty.

Lihat juga

Review Tesla Cybertruck 2020: Truk Revolusioner Tesla Bergaya Cyberpunk!

28/11/2019

Editor rate:

Elon Musk tak henti-hentinya mengejutkan penggemar otomotif di seluruh dunia. Dan kali ini, ada Tesla Cybertruck 2020 yang memukau penggemarnya di Los Angeles Auto Show. Desainnya yang unik dan klaim anti peluru menjadi fitur menarik dari salah satu mobil revolusioner milik Tesla ini.

Lihat juga

Mitsubishi Strada Triton 2017 Di Indonesia: Pickup Truck Elegan dengan Citarasa SUV yang Kental

Rp 292.000.000

20/11/2017

Editor rate:

Segmen mobil Pickup Truck di Indonesia memang tak terlalu signifikan karena peminatnya cenderung terbatas. Namun hal itu tak menghalangi Mitsubishi sebagai salah satu produsen otomotif terbesar mengendurkan produksinya atas segmen Pickup Truck. Melalui Strada Triton, pabrikan yang memiliki logo tiga berlian ini yakin dapat terus eksis dan bersaing ketat dengan kompetitiornya yang juga meluncurkan varian mobil sejenis. Ada apa dengan Mitsubishi Strada Triton 2017 di Indonesia?

Lihat juga

Harga Chevrolet Colorado 2017: Pick Up Truck dengan Rasa SUV

Rp. 405.000.000

27/10/2017

Editor rate:

Chevrolet kembali mengeluarkan salah satukatalog terbaiknya di ranah pick up Truck yakni Chevrolet Colorado. Meskipun peminat mobil 4X4 ini bisa dibilang cukup segmented, pabrikan asal negeri Paman Sam itu tak gentar dan siap bersaing dengan kompetitornya macam Mitsubishi Triton, Nissan Teana dan lain sebagainya. Ada apa yang baru dari mobil ini? Silahkan bacalah tulisan review Chevrolet Colorado 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz Arocs 2536 L 2019 Indonesia: Pesona Baru Heavy Truck di Indonesia

30/06/2019

Editor rate:

Mengusung tema ‘New Dimension” untuk kelas truk di Tanah Air, Daimler Indonesia memperkenalkan Mercedes-Benz Arocs 2536 L 2019 Indonesia. Berbagai sistem keselamatan untuk menjaga pengemudi selama berkendara dipadukan dengan fitur canggih untuk kenyamanan di jalan.

Lihat juga
back to top