Rumor Avanza 2022 Terus Mencuat, Apa Kata Toyota?

30/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Rumor kehadiran Toyota Avanza 2022 terus menguat. Kabarnya mobil sejuta umat itu bakal meluncur dalam waktu dekat. Apa kata Toyota soal rumor Avanza baru itu?

Sebulan terakhir, nama Toyota Avanza tengah ramai menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini mencuat usai sebuah foto yang diduga kuat sebagai Toyota Avanza 2022 muncul di media sosial. Avanza disebut bakal memiliki tampilan serba baru disertai ubahan pada sisi mesin, transmisi, dan juga penggerak roda. 

Gambar Toyota Veloz 2022

Kalau tampilan Avanza begini Anda tertarik?

Dalam foto yang beredar, tampang Avanza mobil yang diduga Avanza itu memang berubah total baik dari sisi eksterior maupun interior. Belum lagi kabar bakal ada fitur Toyota Safety Sense dalam Avanza terbaru tersebut.

>>> Toyota Avanza Hybrid dan Innova Hybrid Hadir di Indonesia Tahun 2022?

Toyota Avanza 2022 Meluncur Sebelum GIIAS?

Dugaan makin kuat ketika nama Avanza muncul di lampiran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Permendagri. Namun sayang, kepastian model baru itu sekaligus waktu peluncuran masih rahasia. Sejauh ini, Toyota masih menutup rapat informasi terkait model baru tersebut. 

desain mobil baru Toyota Avanza 2022 berwarna hitam

Desain mobil berubah total

"Yang pasti banyak yang menanyakan Avanza baru dan elektrifikasi. Mungkin hari ini belum saatnya tapi nggak usah khawatir kami akan memberikan info terkini, menjelang GIIAS ada info terbaru, mudah-mudahan kita akan bisa infokan something progress lah," beber Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy disela-sela tanya jawab Webinar Toyota Electrification Day, Jumat (29/10/2021). 

Kalau di telaah, jawaban tersebut seolah menyiratkan akan adanya sesuatu hal yang berkaitan dengan Toyota Avanza dalam waktu dekat. Anton juga lebih lanjut meminta masyarakat sedikit bersabar terkait informasi terbaru kehadiran Avanza di Tanah Air.

Bisa jadi Avanza meluncur pekan depan sebelum ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show. Bahkan kabarnya beberapa dealer juga sudah mulai membuka pemesanan akan Toyota Avanza 2022 ini. 

Rumor soal Avanza bukan hanya model barunya. Toyota juga disebut-sebut tengah menyiapkan Avanza versi hybrid dan bakal diproduksi secara lokal. Sebelumnya, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam menjelaskan bahwa Toyota memiliki dua opsi dalam menghadirkan kendaraan hybrid di Indonesia. Pertama adalah melahirkan model yang benar-benar baru. Kemungkinan kedua adalah membuat mobil hybrid dari model yang sudah dijual saat ini. 

>>> Kisah Toyota Avanza dari Penerus Kijang Jadi Mobil Sejuta Umat

Toyota Siap Produksi Mobil Hybrid Dalam Negeri

Tak heran pernyataan itu membuat semua mata tertuju pada Toyota Avanza dan juga Kijang Innova. Maklum, keduanya sama-sama diproduksi dalam negeri, banyak diminati, mengisi segmen paling gemuk, dan bisa dijual dengan harga terjangkau meski menggendong teknologi hybrid. 

Foto logo Hybrid di Toyota Corolla Cross Hybrid

Mobil hybrid Toyota siap diproduksi lokal tahun 2022

Sejauh ini, Toyota merupakan produsen yang paling banyak menawarkan kendaraan elektrifikasi jenis hybrid. Namun keseluruhan mobil hybrid itu didatangkan secara utuh dari luar negeri. Diharapkan dengan mobil hybrid lokal produksi Toyota itu bisa menjadi daya tarik agar masyarakat mau beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan. 

"Tahun 2019 (mobil elektrifikasi) hanya ratusan unit, 2020 naik, 2021 naik apalagi dengan adanya CKD nanti, komposisi perlahan bisa naik. Pada saat nanti produksi lokal, akan lebih meningkat lebih drastis lagi," kata Anton. 

>>> Inikah Sebab Toyota Avanza Terbaru Rela Tinggalkan RWD Demi FWD?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top