Inikah Sebab Toyota Avanza Terbaru Rela Tinggalkan RWD Demi FWD?

19/10/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Seperti yang kita ketahui, Toyota Avanza terbaru akan meninggalkan penggerak roda belakang (RWD) yang selalu dipuji oleh para penggemarnya, ini alasannya.

Toyota Avanza dan RWD seakan tak bsia dipisahkan. Kedua kata itu kerap menjadi senjata pamungkas bagi para penggemar untuk mempertahankan argumen bahwa Avanza adalah Low MPV terbaik dibanding para rivalnya.

Di tahun 2021, rumor bahwa Avanza akan berganti model pun mulai merebak. Hingga di pertengahan tahun, tiba-tiba para fanboy RWD tersebut dikejutkan dengan fakta bahwa Avanza terbaru akan menggunakan penggerak roda depan atau FWD.

Memang RWD banyak keunggulannya, mulai dari andal di jalan menanjak, daya angkut besar, hingga daya tahan komponen kaki-kaki yang lebih baik. Namun, bukan berarti FWD tak punya keunggulan sama sekali. Berikut alasan mengapa Toyota beralih ke FWD pada Low MPV andalannya.

Gambar DN Multisix

DN Multisix yang menjadi cikal bakal Avanza terbaru diperkenalkan dengan penggerak FWD di 2018

>>> Enggak Suka Toyota Avanza 2022 FWD? Tenang Masih Ada Daihatsu Xenia

1. Kelegaan Kabin Dikalahkan Para Rival

Tentu, perubahan besar ini berkaitan dengan para rival Avanza yang sudah semakin banyak dan lebih unggul di beberapa parameter. Salah satunya kelegaan kabin serta ruang kargo dari Low MPV 7-penumpang ini.

Posisi mesin pada mobil FWD umumnya melintang (tranverse) yang membuat ruang mesin dapat dibuat lebih kompak. Bagian kabin juga akan lebih lega dan lebih mudah diatur karena gundukan di tengah yang dibuat untuk menampung axle (gardan) belakang dihilangkan.

Gambar Bagasi Avanza

Adanya 'gundukan' gardan membuat Avanza sulit dibuat lantai rata

Lantai bisa dibuat rata sehingga bisa memuat lebih banyak barang, dan penumpang akan mendapatkan kenyamanan optimal selama perjalanan. Sejatinya, itu yang menjadi esensi dari sebuah MPV.

Wajar jika Toyota Avanza terbaru berniat untuk melakukan counterattack terhadap rival-rivalnya dengan mengubah kelemahan utama mobil ini menjadi sebuah keunggulan.

2. Bakal Lebih Irit

Tak bisa dipungkiri, efisiensi bahan bakar menjadi salah satu perhatian utama bagi calon pembeli mobil. Mengubah sistem penggerak menjadi FWD adalah cara paling signifikan dalam meningkatkan hal tersebut.

Mobil RWD memiliki power loss yang lebih besar ketimbang mobil FWD karena komponen yang digerakkan dari mesin ke roda lebih banyak. Komponen yang lebih ringkas akan membuat kinerja mesin lebih ringan yang tentunya berdampak pada keiritan bahan bakar dan tenaga mesin yang tersalurkan pun juga lebih besar.

>>> Ini Sebabnya Toyota Avanza Belasan Tahun Setia Pakai RWD

Gambar Mesin Avanza

Demi menyaingi efisiensi mesin para rival, Avanza terbaru wajib menjadi FWD

3. Lebih Ramah di Perkotaan

Kami berasumsi bahwa kebanyakan pengguna Toyota Avanza terbaru akan lebih banyak menggunakan mobil ini di perkotaan. Jadi, tak ada ruginya untuk menggunakan sistem penggerak yang memang lebih cocok untuk mayoritas konsumennya.

Mobil FWD akan lebih efisien, lebih ringan sehingga lebih mudah diajak bermanuver di lalu lintas perkotaan, memiliki traksi lebih baik di cuaca hujan, dan tentu lebih praktis karena ruang kargo yang lebih besar di dalam kabin.

4. Lebih Ekonomis

Kalau kita bicara dari sisi produsen, tentu Toyota Avanza terbaru dengan penggerak roda depan akan lebih murah untuk diproduksi, itu karena komponen yang digunakan lebih sedikit.

Gambar Produksi Avanza

Biaya produksi bisa ditekan dengan penggunaan komponen yang lebih sedikit

Dengan biaya produksi yang lebih murah, pabrikan pun lebih leluasa untuk menyematkan berbagai fitur tambahan dengan harga jual yang cenderung sama. Akhirnya, fitur-fitur tersebut menjadi nilai tambah jika dibanding para rival.

Pun bicara sebagai konsumen, mobil FWD juga lebih ekonomis untuk dimiliki dalam jangka waktu yang panjang. Komponen kaki-kaki lebih awet dan biaya perawatan rutin lebih terjangkau.

>>> Tertarik membeli Toyota Avanza Bekas? Simak pilihannya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top