Pertarungan Low MPV Makin Seru, Suzuki Ertiga Juga Ikut Dipermak?

30/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Pertarungan mobil di segmen Low MPV makin seru. Setelah rumor Avanza mencuat, Xpander versi Facelift, Mobilio terbaru, kali ini giliran Suzuki Ertiga.

Pertarungan mobil di segmen Low MPV bakal makin seru. Setelah foto mobil yang diduga kuat sebagai Toyota Avanza 2022, disusul rumor Mitsubishi Xpander Facelift, kemudian isu kehadiran Honda Mobilio terbaru, kali ini giliran Suzuki Ertiga dikabarkan bakal menghadirkan edisi khusus di lantai pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Suzuki Ertiga

Suzuki membagikan teaser mobil yang diduga Ertiga

>>> Suzuki Ertiga dan XL7 Hybrid Bakal Diproduksi di Indonesia

Suzuki Ertiga Bakal Hadirkan Edisi Khusus

Sebelumnya, rumor kehadiran Ertiga Limited Edition ini sudah ramai jadi bahan perbincangan di sosial media. Sesuai dengan namanya, Low MPV andalan Suzuki ini disebut akan tersedia dalam jumlah terbatas pun demikian dengan pilihan warnanya.

Baru-baru ini Suzuki juga mengunggah teaser berupa tampilan foglamp mobil. Bila melihat dengan seksama, wujud mobil yang ada di teaser itu amat menyerupai dengan Ertiga Limited Edition. 

"Sebuah keistimewaan dan kebanggaan akan membangun kepercayaan diri. Nantikan kehadiran sesuatu yang istimewa untuk kebanggaan keluarga Suzuki," tulis laman instagram suzuki_id. 

Suzuki sendiri sebelumnya memastikan bahwa akan mengenalkan model terbaru di Indonesia tanpa menyebutkan secara detail. Kalau iya, ini artinya pertarungan mobil di segmen Low MPV akan semakin seru. Ya, mobil berjenis Low MPV ini memang amat diminati sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak heran kalau para pabrikan berlomba-lomba untuk menyajikan produk yang bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen di Tanah Air. 

Segmen ini diisi oleh tujuh model mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Nissan Livina, Wuling Confero, dan Suzuki Ertiga yang sama-sama memiliki 'jurus' untuk memikat hati masyarakat.

Suzuki All New Ertiga GL Manual

Ertiga merupakan 'senjata' Suzuki untuk bersaing di segmen Low MPV

>>> 5 Alasan Pilih Suzuki Ertiga Sebagai Mobil Kebanggaan Keluarga

MPV Paling Diminati di Indonesia

Adapun MPV menawarkan mobil yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan, bisa melintas di ragam medan jalan, konsumsi BBM irit, dan terpenting harga jualnya terjangkau yakni berada di kisaran Rp 200-300 jutaan. Harga jual mobil di kisaran tersebut paling banyak diincar oleh masyarakat. 

Menurut catatan Gaikindo, dari total penjualan 532.407 unit sepanjang tahun 2020 mobil MPV terjual sebanyak 276.034 unit. Tren yang sama juga terjadi pada tahun 2018 dan 2019. Dimana 50% lebih penjualan mobil secara keseluruhan didominasi oleh model MPV. 

Foto tampilan belakang Suzuki Ertiga GL 2019

Low MPV banyak diminati orang Indonesia

"Indonesia ini ekuivalen dengan negara MPV lah, MPV itu bisa-bisa sampai 500-600 ribu penjualannya di dalam negeri dalam setahun," ungkap Ketua  Gaikindo Jongkie D Sugiarto dalam webinar belum lama ini. 

>>> Bukan Avanza, MPV Baru Toyota Ini Kembaran Suzuki Ertiga

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top