Mercedes-Benz Kenalkan Fitur Airbag Belakang pada S-Class 2021

04/08/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Mercedes-Benz Kenalkan Fitur Airbag Belakang pada S-Class 2021
Setelah memperkenalkan fitur entertainment MBUX terbaru, Mercedes-Benz memperkenalkan teknologi safety dan pengemudian baru di S-Class 2021 yang akan rilis September nanti.

Belum lama, Mercedes-Benz memperkenalkan teknologi MBUX terbaru yang akan hadir di sedan flagshipnya, S-Class 2021. Kali ini, pabrikan Jerman itu memperkenalkan berbagai teknologi suspensi dan safety.

Mercedes-Benz pelopori airbag belakang

Sebagai sedan mewah, Mercedes-Benz S-Class 2021 siapkan terobosan yang belum pernah diterapkan sebelumnya, salah satunya rear frontal airbag. 

Diperkenalkan pada Experimental Safety Vehicle 2019, teknologi airbag belakang Mercedes-Benz terletak di belakang kursi depan dengan konsep sedikit berbeda. Alih-alih mengembang seperti airbag depan, airbag satu ini hanya bagian sisi yang membentuk struktur airbag.

>>> Tanpa kamuflase, bagaimana wujud asli S-Class 2021?

 

Konsep airbag belakang di Mercedes-Benz S-Class 2023

Mercedes-Benz jadi pabrikan pertama yang memperkenalkan airbag untuk penumpang belakang

Hal ini membuat airbag terasa lebih empuk dan muncul dengan gaya yang lebih sedikit dan mengurangi risiko cedera, apalagi jika kursi bayi dipasang di belakang. Tentu saja, sistem airbag ini berkerja lebih baik dengan sabuk pengaman.

>>> Ingin tahu harga Mercedes-Benz terbaru? Klik link ini

Mercedes juga akan memasang airbag tengah antara pengemudi dan penumpang di baris depan, serta fitur tambahan Pre-Safe Impulse Side. Dengan teknologi suspensi aktif 48-volt E-Active Body Control, tinggi mobil naik dalam waktu sepersekian detik saat mendeteksi potensi hantaman samping, dan membuat bagian bawah mobil yang lebih kuat menahan dampak benturan.

Suspensi Mercedes-Benz S-Class langsung meninggi untuk mengurangi dampak tabrakan samping

Mercedes juga menyematkan fitur suspensi aktif yang bisa terangkat sendiri untuk mengurangi dampak tabrakan samping

Fitur keselamatan aktif Mercedes-Benz S-Class 2021 tampaknya masih disimpan sampai peluncuran, namun ada beberapa detail yang telah dibeberkan.

Contohnya, sistem MBUX terbaru Mercedes-Benz S-Class 2021 dilengkapi fitur yang bisa mendeteksi pengemudi atau penumpang depan ingin membuka pintu, dan memberi peringatan penumpang di belakang lewat fitur door mirror blind spot, warning triangle, dan ambient lighting.

Dan sama seperti BMW 5 Series facelift, Mercedes-Benz S-Clas berkode sasis W223 ini juga dapat memberi jalan secara otomatis untuk layanan darurat seperti ambulan dengan Active Steering Assist.

Rear-wheel Steering sampai 11 derajat

Berbicara soal pengemudian, Mercedes-Benz S-Class 2021 juga jadi lebih mudah dikemudikan berkat sistem rear-wheel steering system yang kini telah ditingkatkan, dan hadir dalam dua varian berbeda.

>>> Simak berita terkini seputar mobil baru di sini

Selain sistem standar dengan sudut pengemudian roda belakang 4,5 derajat, ada opsi lain yang memberikan sudut sampai 10 derajat. Berasa seperti forklift memang, namun konsep ini meningkatkan rasio steering, dan mengurangi radius putar mobil sebanyak dua meter yang kini jadi kurang dari 11 meter, sama baiknya seperti A-Class.

Teknologi rear-wheel steering Mercedes-Benz S-Class

Sudut roda belakang yang bisa belok lebih banyak memberikan fleksibilitas saat parkir

Untuk memastikan handling yang lebih presisi dan stabil, sistem kemudi mobil mengintegrasikan aktuasi setir dan rem. Dan seperti sistem rear-wheel steering sudut roda belakang yang belakang membantu saat parkir.

Hal ini juga didukung sistem Active Parking Assist yang telah diimprove dengan trajectory planning yang lebih baik. Dilengkapi dengan 12 buah sensor ultrasonik di depan dan belakang, dan juga fitur autonomous emergency braking with pedestrian detection.

Mercedes juga memberikan opsi kamera 360 derajat dengan tambahan empat kamera untuk mendapatkan posisi parkir yang lebih ideal, di mana sistem lebih mengecek tanda parkir bukan jarak antar mobil.

Tampilan belakang Mercedes-Benz S-Class 2021

Tampilan belakang S-Class 2021 yang bocor beberapa saat lalu

Jelang peluncuran, kamuflase di body prototype Mercedes-Benz S-Class 2021 juga semakin berkurang. Detail mobil pun jadi semakin terlihat, salah satunya model gagang pintu yang bisa menyatu dengan body. Sementara itu untuk tampilan depan dan belakang sudah bocor beberapa saat lalu, dan sepintas sangat mirip dengan Mercedes-Benz CLS, namun lebih besar saja.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Van Bertenaga Listrik Mercedes-Benz T-Class Meluncur 2022

29/07/2020

Mobil baru

2 menit

Sebagai bagian kerja sama dengan Renault-Nissan-Mitsubishi, Mercedes-Benz memperkenalkan van kecil terbaru bertenaga listrik dari model Mercedes-Benz T-Class.

Lihat juga

Mercedes-Benz Ingin Jadi Bagian Gaya Hidup, Bukan Sekedar Produsen Mobil

23/07/2020

Pasar mobil

5 menit

Kepala Desainer Daimler menjelaskan jika Mercedes-Benz dalam sepuluh tahun ke depan akan berubah menjadi merek gaya hidup paling diminati di seluruh dunia.

Lihat juga

Launching 2021, Spyshot Mercedes-Benz C-Class Estate Beredar

25/07/2020

Mobil baru

3 menit

Jelang peluncurannya tahun depan, spyshot C-Class Estate mulai beredaran. Dan akan melengkapi line-up Mercedes-Benz W206 yang mendapat ubahan kosmetik, teknologi teranyar, dan powertrain hybrid.

Lihat juga

Cintamobil TV : Komparasi Toyota Camry Hybrid vs Mercedes-Benz C180 Avantgarde

26/07/2020

Jual beli

8 menit

Komparasi Cintamobil.com kali ini adalah membahas mengenai Toyota Camry Hybrid vs Mercedes-Benz C180 Avantgarde yang keduanya ada di harga Rp 800 jutaan.

Lihat juga

SUV Listrik Mercedes-Benz EQE Tertangkap Kamera Tengah Diuji

24/07/2020

Mobil baru

2 menit

Setelah lama tanpa kabar, SUV listrik Mercedes-Benz EQE yang menjadi armada listrik selanjutnya milik pabrikan Jerman tertangkap kamera meski berbalut kamuflase. 

Lihat juga
 
back to top