KIA Yakin Bakal Bawa Sonet ke Indonesia

04/09/2020

Mobil baru

3 menit

KIA Yakin Bakal Bawa Sonet ke Indonesia
PT Kreta Indo Artha selaku agen pemegang merek dagang dan distributor KIA di Tanah Air dengan percaya diri akan membawa KIA Sonet ke Indonesia, ini alasannya

PT Kreta Indo Artha yang merupakan anak perusahaan di bawah naungan grup Indomobil dan juga berlaku sebagai agen pemegang merek dagang serta distributor KIA di Tanah Air percaya diri akan membawa SUV terbaru mereka yakni Sonet ke Indonesia.

KIA Sonet merupakan SUV kecil terbaru dari produsen asal Korea Selatan yang baru saja meluncur di India. Di negeri Bollywood tersebut SUV kompak ini cukup disambut hangat.

KIA Indonesia Pede Bawa Sonet

"Semua model-model KIA sedang dipelajari terutama yang setir kanan. Sonet sudah diuji jalan di Indonesia, tapi itu dari pihak prinsipal langsung. Biasanya jika sudah diuji (sudah ada) sekitar 90 persen (kans) untuk masuk Indonesia. Kami berharap ini dapat terealisasi sehingga konsumen semakin banyak pilihan," papar Ario Soerjo, selaku Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha menjawab pertanyaan Cintamobil.com.

Gambar KIA Sonet

KIA Indonesia percaya diri bawa Sonet ke Tanah Air

Sonet sendiri, ujar pria yang sehari-hari nyetir KIA Seltos akan menyasar banyak segmen lantaran bentuknya. Diharapkan Sonet bisa memenuhi kebutuhan orang Indonesia yang tengah menginginkan mobil SUV.

"Jika masuk ke Indonesia Kia Sonet kemungkinan akan menyentuh beberapa segmen, baik crossover maupun SUV. Di mana saat ini produsen mobil di Indonesia banyak memberikan pilihan model crossover pada model kendaraan MPV-nya. Saya kira Kia Sonet sesuai dengen segmentasi Indonesia sebagai kendaraan 7-penumpang. Di mana saat ini SUV di Indonesia sedang tumbuh," jelasnya.

Mesin Mungil Bertenaga

Di India, Sonet dipasarkan dengan tiga pilihan mesin. Ada 2 mesin berbahan bakar bensin, yaitu Smartstream 4-silinder 1.2L dan mesin Kappa 1.0L T-GDi dengan turbo yang lebih bertenaga. Sonet juga mendapatkan pilihan mesin diesel 1.5L CRDi. Konsumen bisa memilih 5 pilihan transmisi. yaitu manual 5-percepatan, manual 6-percepatan, 7-percepatan DCT, 6-percepatan AMT, serta transmisi baru Starstream 6-percepatan iMT.

Gambar mesin Kappa 1.0L T-GDi Turbo KIA Sonet

Mesin 1.000 cc turbo punya tenaga 120 PS dan torsi 172 NM

Teknologi iMT terbaru milik KIA diyakini akan memberikan rasa berkendara yang lebih menyenangkan bagi Sonet. Gearbox 6-percepatan iMT yang menawarkan perpindahan gigi yang lebih sedikit serta sistem kontrol layaknya transmisi manual. Ada beberapa mode berkendara yang ditawarkan serta sistem kontrol grip guna meningkatkan rasa berkendara bersama Sonet.

>>> Selain Sonet, mobil KIA ini juga layak ditunggu

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top