Isyarat Daihatsu Soal Peluncuran Rocky di Indonesia

21/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Isyarat Daihatsu Soal Peluncuran Rocky di Indonesia
Daihatsu memang masih ogah memberikan komentar soal peluncuran Rocky di Indonesia. Namun setidaknya ada sedikit isyarat yang diberikan Daihatsu terkait hal itu.

Segmen SUV memang tengah naik daun di Indonesia. Baik itu di segmen Low SUV, Medium SUV, hingga High SUV sekalipun. Hal itu tak lantas membuat PT Astra Daihatsu Motor terburu-buru untuk mendatangkan mobil barunya di segmen tersebut. 

Seperti diketahui, Daihatsu pada ajang Tokyo Motor Show 2019 silam baru saja meluncurkan SUV bermesin 1.000 cc yang disapa Rocky. Rocky tak sendirian. Toyota juga memiliki SUV berwajah identik dengan Daihatsu Rocky yakni Raize. 

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky pada saat diluncurkan di Tokyo Motor Show 2019

>>> Daihatsu Rocky Dipastikan Hadir 2021 di Indonesia bersama Daihatsu Connect

Daihatsu Rocky tampak menarik bila diboyong ke Indonesia. Kehadiran Daihatsu Rocky maupun Raize pun akan menjadi membuka segmen baru di Indonesia. Bila diperhatikan, belum ada SUV bermesin 1.000 cc turbo ditawarkan di Tanah Air. 

Daihatsu Berikan Sinyal Kehadiran Rocky

Baik Toyota maupun Daihatsu masih menutup rapat informasi soal peluncuran si kembar Rocky-Raize. Toyota belum lama ini ogah memberikan komentar soal model barunya. 

Pun demikian dengan Daihatsu. Daihatsu pada tahun 2020 baru meluncurkan dua mobil baru yakni Ayla dan juga Sirion dan menyebut belum punya rencana lagi merilis model anyarnya dalam waktu dekat. 

Daihatsu Rocky

Bagian Interior Daihatsu Rocky

>>> Low SUV Banyak Diburu di Masa Pandemi, Ini Sebabnya

Soal Rocky, meski tak memberikan jawaban gamblang tapi setidaknya ada sedikit isyarat yang dikeluarkan oleh Daihatsu. 

"Rocky itu mendapatkan sertifikasi 5 star di Jepang, demandnya di jepang luar biasa, walaupun demand sempat turun karena Covid tapi secara penerimaan masyarakat Jepang sangat baik," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra belum lama ini. 

"Apakah penerimaan ini membuat Rocky masuk di Indonesia? Sampai saat ini saya belum bisa memberitahukan, nanti pada waktunya pasti akan daihatsu informasikan," tambah Amelia. 

Dapat 5 Bintang di JNCAP

Baru-baru ini Daihatsu Motor Co., Ltd) Jepang mengumumkan bahwa Rocky mendapatkan rating tertinggi bintang lima dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) yang dirilis oleh Kementerian Transportasi Negeri Sakura itu dalam NASVA (National Agency for Automotive Safety and Victims Aid).

>>> Car Free Day di Jakarta Dibolehkan Lagi Mulai 21 Juni 2020

Dalam pengujian tersebut, ada tiga aspek yang dievaluasi meliputi perlindungan terhadap penumpang, perlindungan bagi pejalan kaki, dan pengingat sabuk pengaman. 

Rocky sendiri merupakan model terbaru Daihatsu yang mengusung platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architechture) dan dibekali dengan sejumlah fitur keamanan sehingga bisa meraih bintang lima dalam uji tersebut. 

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa Daihatsu akan merilis Rocky di Indonesia pada tahun 2021. Hal itu terungkap dari pidato yang disampaikan Customer Service Directorate DMC H.Ashitani disela-sela Technical Skill Contest. 

Disebut Ashitani selain mengusung platform DNGA, Rocky juga akan dibekali transmisi D-CVT atau CVT yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi pertama di dunia, serta berbagai fitur keselamatan baru yang canggih.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap cuma ada disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top