Irit Dan Kencang, Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS 2021 Seirit Brio!

24/04/2021

Mobil baru

3 menit

Siapa menyangka jika hasil pengujian tim CIntamobil.com terhadap konsumsi BBM Honda City Hatchback RS 2021 ternyata membuahkan hasil seirit Honda Brio?

Tak salah jika PT Honda Prospect Motor menaruh harapan besar terhadap mobil ini. Pengganti Honda Jazz berkode bodi GK5 ini memang seakan 'menanggung' beban pendahulunya tersebut, sebab Jazz dikenal sebagai compact hatchback yang punya performa memadai tanpa meninggalkan efisiensi BBM (Bahan Bakar Minyak). Namun, ternyata konsumsi BBM Honda City Hatchback RS seirit Honda Brio?

Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS 2021

Tim Cintamobil.com mencoba langsung Honda City Hatchback RS 2021 ini. Dengan standar pengujian yang kami lakukan, yakni untuk rute dalam kota menggunakan parameter kecepatan rata-rata 22 km/jam di jalanan ibu kota, 1 liter BBM oktan 92 di dalam tangki mobil ini mampu membawanya berjalan sejauh 15 kilometer. Angka ini lebih irit dari rivalnya Toyota Yaris yang berada di angka sekitar 14 kilometer per liter.

Foto konsumsi BBM Honda City Hatchback

Saat melaju di jalan tol dengan kecepatan 100 km/jam, putaran mesin hanya 2.000 rpm

Lebih mengejutkan saat mobil kami jalankan di jalan bebas hambatan (tol). Karena konsumsi BBM dari Honda City Hatchback RS 2021 ini mampu mencatatkan 20,5 kilometer per liter! Sebagai informasi angka tersebut nyaris mendekati Honda Brio Satya yakni 21 kilometer per liter yang tim kami tes juga di tahun 2018. Hebatnya, angka konsumsi BBM mobil Honda City Hatchback yang irit tersebut tanpa menciderai performanya. Untuk sprint dari diam ke 100 km/jam ia hanya butuh waktu 10,7 detik saja.

>>> First Drive Honda CR-V Turbo Prestige 2021: Makin Aman Dan Tetap Sigap

Kenapa Bisa Irit?

Salah satu rahasia kehematan Honda City Hatchback yang bisa demikian irit adalah dari mesinnya. City Hatchback ini pakai mesin baru yang mirip dengan Honda Civic, Honda Accord, Honda Civic Hatchback dan Honda CR-V. Yakni unit mesin berkode L15ZF, namun unit ini hadir tanpa dilengkapi dengan turbocharger atau bisa disebut juga sebagai versi naturally aspirated dari mesin L15B. Mesin ini punya banyak keunggulan bila dibandingkan dengan mesin sebelumnya.

Foto mesin L15ZF Honda

Mesin Honda berkode L15ZF ini terbukti efisien dan kencang

Salah satu keunggulan mesin L15ZF ini adalah punya dua noken as (Camshaft) yang bertugas untuk menggerakan keempat katup pada masing-masing pistonnya. Sehingga diharapkan dapat memasukkan udara dan BBM lebih banyak dibandingkan dengan sistem SOHC (Single Over Head Camshaft). Jika diasumsikan sistem elektroniknya sama, output tenaga dan torsi pada mesin ini bisa lebih besar bila dibandingkan dengan mesin lawas yang masih bersistem SOHC.

Foto Honda City Hatchback RS 2021 warna abu-abu

Akselerasinya jadi yang terkuat di kelasnya

Tercatat tenaga 121 PS bisa diraih pada putaran mesin 6.600 rpm serta torsi 145 NM mampu dicapai 500 rpm lebih rendah dibandingkan mesin L15 SOHC yang diusung Honda Jazz. Hal ini bisa membantu saat stop and go di dalam kota. Meski di atas kertas hanya terlihat naik sekitar 3 PS dari L15 lawas, sehingga peningkatannya itu bukan terfokus pada output dayanya, melainkan bagaimana cara mesin memberikan tenaga dan torsi, atau terkonsentrasi pada powerband-nya. Enggak heran kan kalau mobil ini irit dan kencang?

>>> Mau beli Honda City bekas? Cari ragam pilihannya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top