First Drive Honda CR-V Turbo Prestige 2021: Makin Aman Dan Tetap Sigap

05/04/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Kami langsung loncat ke bangku pengemudi Honda CR-V Turbo Prestige 2021 untuk merasakan impresi berkendaranya, ia semakin aman namun apakah tetap sigap?

Say thanks to PT Honda Prospect Motor yang sudah meminjami kami Honda CR-V Turbo Prestige 2021, kini tim Cintamobil.com bisa langsung lompat ke bangku pengemudi mobil ini untuk mengetahui lebih lengkap mengenai impresi berkendaranya. Ia memang makin aman dengan fitur Honda Sensing™, namun apakah ia bisa tetap sigap demi menghadang lawan-lawannya seperti Mazda CX-5, Nissan X-Trail, Renault Koleos, dan Toyota Corolla Cross? Simak ulasannya hingga tuntas.

Fitur Honda Sensing™ Bikin Kian Aman

Salah satu nilai jual utama dari mobil Honda CR-V Turbo tipe Prestige lansiran 2021 ini adalah rangkaian sistem keselamatan Honda Sensing™. Fitur cerdas ini mengedepankan kenyamanan dan didesain untuk membantu Anda sepanjang perjalanan. Namun, fitur keselamatan Honda Sensing™ ini hanya dapat Anda temukan di Honda CR-V facelift dengan trim Prestige, sedangkan untuk dua trim di bawahnya dan varian 2.000 cc tidak tersedia.

Foto fitur Honda Sensing di Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Fitur Honda Sensing membuat mobil ini kian aman

Fitur Honda Sensing™ di Honda CR-V Turbo Prestige 2021 ini meliputi lima fitur utama yang menggunakan pemindai radar di moncong mobil. Dimulai dari CMBS™ (Collision Mitigation Braking System™) yang dapat membantu Anda ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBS™ didesain untuk memberi tanda ketika potensi berbenturan dapat terjadi, yang membantu mengurangi kecepatan kendaraan guna mengurangi dampak benturan yang tak terhindarkan.

Foto Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Perjalanan ke luar kota semakin rileks dan menyenangkan berkat fitur ini

Selanjutnya ada lagi fitur ACC (Adaptive Cruise Control) with LSF (Low Speed Follow). Kedua fitur ini dapat membantu Anda menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, dan membantu mengurangi kecepatan bahkan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak pedal rem dan menjalankan mobil tanpa harus menginjak pedal gas. Fitur ini bekerja sama dengan RDM (Road Departure Mitigation) yang berfungsi untuk menjaga dan membantu Anda mendeteksi kemungkinan kendaraan Anda keluar dari garis jalur.

Foto radar Honda Sensing di Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Fitur pintar ini dipindai melalui radar di depan moncong mobil ini

Lantas ada lagi fitur LKAS (Lane Keeping Assist System) yang dapat membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran serta visual di MID (Multi Information Display) jika terdeteksi keluar dari jalur. Tapi patut menjadi catatan, LKAS ini hanya untuk kenyamanan pengemudi, sistem ini bukanlah pengganti dari kontrol mobil Honda CR-V ini. Sistem tak akan bekerja saat pengemudi menarik tangan dari setir. Untuk lebih lengkap bisa Anda baca di buku pedoman pemilik mobil ini saat Anda memboyong Honda CR-V Turbo tipe Prestige ini ke garasi Anda.

Foto headlamp Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Lampu ini bisa secara pintar menyesuaikan intensitas cahayanya

Terakhir ada fitur AHB (Auto High-Beam) yang berfungsi membantu Anda saat berjalan di kegelapan malam. Saat berkendara di atas kecepatan 40 km/jam dengan posisi tuas lampu diputar dari low beam ke posisi AUTO. Sistem AHB ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar (high beam) dan lampu normal low beam tergantung pada situasi jalanan. Yang perlu digaris bawahi adalah, rangkaian sistem Honda Sensing™ ini tentunya memiliki batasan, terlalu percaya pada fitur ini juga bisa berakibat celaka. maka saran kami Anda harus tetap total control terhadap Honda CR-V 2021 yang Anda kendarai.

Handling Tetap Memukau

Honda sudah terkenal dengan produk-produknya yang fun to drive ketika dikemudikan. Dan itu bukanlah suatu pengecualian di Honda CR-V Turbo 2021 ini. Pengendalian mobil ini tetap menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya, memang akurasi setirnya tidak lebih presisi dari Mazda CX-5 yang jadi the best in it class mengenai handling. Tetapi ia tetap dengan mudah diprediksi pergerakan bodynya dan bantingan suspensinya tetap terasa nyaman meski agak kaku.

Foto ban dan velg Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Grip dan traksi ban Bridgestone Dueler H/T ini terasa baik

Body roll yang terasa minimum terbantu berkat setup kaki-kaki MacPherson Strut di bagian depan, dan Multi-Link di buritan. Respon setir juga cukup direct dan punya feedback yang baik. Sekadar informasi, feedback setir yang baik akan membantu pengemudi dalam 'merasakan' permukaan jalan, apakah kondisinya licin atau atau tidak. Meski feedback yang baik dari setir ini bukan hanya faktor dari engineering di rumah setir dan lain-lainnya saja, ban yang digunakan juga berpengaruh.

>>> First Drive Honda Accord Turbo 2021: Sedan Besar yang Fun To Drive

Performa Salah Satu yang Terbaik Di Kelasnya

Jika Anda mencari SUV medium 7 penumpang dengan kombinasi performa memadai dan konsumsi BBM yang irit, maka Anda tidak boleh memalingkan pilihan Anda ke mobil Honda CR-V Turbo Prestige 2021 ini. Karena, berkat teknologi VTEC TURBO yang diusung oleh unit mesin berkode L15B7 ini, membuat mobil berjenis SUV ini punya performa yang memukau sehingga begitu asyik saat dikendarai.

Foto mesin L15B7 Honda

Performa mesin tak kalah memukau

Transmisi CVT dengan teknologi Earth Dreams-nya juga tidak terlalu terasa menghambat performa mobil ini. Kami sudah tes sendiri, dengan alat ukur Racelogic, untuk sprint dari diam ke kecepatan 100 km/jam ia hanya butuh waktu 8,8 detik. Performa hebat itu juga tak serta-merta menciderai performanya, 1 liter bahan bakar oktan 95-nya mampu membawanya jalan sejauh 11,8 kilometer di kecepatan rata-rata 22 km/jam.

Foto Honda CR-V Turbo Prestige 2021

CR-V ini terbukti kencang dan irit

Begitu pula saat melaju konstan di jalan tol, dengan kecepatan jelajah rata-rata di 90 km/jam, ia mampu mendapatkan angka konsumsi bahan bakar 16,2 kilometer per liter. Mobil ini bisa hemat juga dikarenakan sistem turbocharger yang terpasang di mesin mobil ini diset sudah mulai bekerja (spooling) pada putaran mesin serendah 2.000 rpm. Memang, belum serendah mobil dengan mesin diesel yang dapat bermain antara 1.700 hingga 1.900 rpm. Namun, berkat setup sempurna antara mesin dengan transmisi di mobil ini, mampu membuat Honda CR-V Turbo Prestige 2021 ini mampu melaju dengan minim effort.

Kekurangan Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Foto panel instrumen Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Sayang corak Multi Information Display tak bisa diganti-ganti coraknya

Tak ada mobil yang diciptakan sempurna di dunia, tak terkecuali mobil ini. Ada beberapa hal yang terasa agak mengganggu di Honda CR-V Turbo Prestige 2021 ini, salah satunya adalah panel instrumen digital yang tidak bisa diubah coraknya, kursi baris ketiga agak sempit, lalu interiornya juga terasa minim ubahan dan yang paling jelas adalah pilihan warna eksterior yang kini jauh berkurang, tak ada lagi kelir merah maupun hijau tua yang menarik seperti di model pre-facelift.

Kesimpulan

Foto tampilan belakang Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Mobil ini cocok untuk Anda, ia praktis, punya model cantik dan performa atletis

Fitur Honda Sensing™ yang diusung oleh Honda CR-V Turbo 2021 ini terbukti membuatnya semakin aman dan nyaman saat dikendarai. Saat berkendara ke luar kota pun Anda akan semakin rileks karena sudah dibantu oleh banyak fitur keselamatan tingkat lanjut ini. Meski demikian, ia tetap tidak melupakan unsur fun to drive khas Honda, ia tetap cekatan ketika diajak bermanuver dan sigap saat diajak berakselerasi. Tanpa keraguan sedikitpun, kami merekomendasikan mobil ini untuk menjadi partner Anda sehari-hari maupun melakukan road trip ke luar kota.

>>> Mau beli Honda CR-V bekas? Lihat pilihannya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top