Intip Bocoran Toyota Fortuner 2.8 yang Siap Mengaspal di Indonesia

05/01/2022

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Fortuner 2.8 kabarnya segera mengaspal di Indonesia. Sebelum peluncuran, brosur Fortuner sudah kadung tersebar di sosial media. Begini bocorannya.

Toyota Fortuner 2.8 dikabarkan segera meluncur dalam waktu dekat. Nama Toyota Fortuner 2.8L sendiri sebelumnya sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. 

Dalam laman tersebut, ada dua varian Fortuner 2.8L. Masing-masing tertulis memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) senilai Rp 431.000.000 untuk varian 4x2 dan Rp 554.000.000 4x4. Adapun NJKB ini bukan acuan bakal harga jual Fortuner 2.8L nantinya karena ada beberapa pajak lain yang dikenakan. 

>>> Ini Perbedaan Fortuner 2.8 GR Sport dengan Tipe Legender

Sinyal Peluncuran Makin Menguat

Di samping itu, emblem '2.8' juga sudah didaftarkan PT Toyota Astra Motor dengan pendesain Akbar Juniarto serta Prana Jiwandhana ke laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Diduga kuat emblem ini nantinya akan digunakan untuk Fortuner 2.8 VRZ tersebut. 

Toyota Fortuner

Bocoran Toyota Fortuner 2.8L GR Sport. Foto: Screen shot instagram indra_fathan

Sinyal peluncuran Fortuner 2.8L kian kuat setelah brosurnya mulai bertebaran di laman sosial media. Dalam brosur tersebut, Fortuner 2.8L bakal hadir dengan mesin diesel baru berkode 1GD FTV dalam beberapa varian yakni 4x4 GR Sport, 4x2 GR Sport, dan 4x2 VRZ. Kalaupun iya, ini artinya mesin Fortuner 2.8L yang bakal dijual di Indonesia sama dengan di Filipina. 

Toyota Fortuner 2.8 dari Indonesia yang diekspor ke Filipina menggunakan mesin berkode 1GD-FTV 2.800cc, dengan tenaga sebesar 175hp dan torsi maksimal 450Nm. Sementara Fortuner untuk Indonesia berkode 2GD-FTV 2.400cc diesel yang menyemburkan tenaga 148 hp dan torsi 400Nm.

Sekadar informasi, Toyota Fortuner yang dijual di Indonesia memiliki dua pilihan mesin yakni 2TR-FE yang berkapasitas 2.694cc dan 2 GD FTV dengan kapasitas 2.393cc.

Toyota Fortuner

Emblem 2.8 sudah didaftarkan

>>> Review Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020: SUV yang Jadi Simbol Status

Ornamen 'GR Sport' Bertebaran

Selain mesin, ada juga beberapa ornamen berbeda dari Fortuner yang saat ini dijual di Indonesia. Untuk Fortuner 4x4 GR Sport akan mendapatkan spoiler bemper baru disertai lampu depan dan foglamp LED. Kemudian di sisi samping terdapat sticker GR Sport. Desain velgnya juga baru dan tak ketinggalan emblem 2.8 GR Sport tertempel di bagian belakang mobil. Khusus untuk Fortuner 2.8L 4x4 GR Sport juga dibekali fitur Downhill Assist Control yang bisa menjaga kecepatan mobil ketika melewati turunan. 

Toyota Fortuner

Ornamen 'GR Sport' bakal makin bertebaran

Di sisi interior, Toyota menghadirkan desain sporty di dasboard Fortuner 2.8L 4x2 GR Sport. Lalu terdapat juga head unit berupa layar sentuh berukuran 9 inchi. Desain setir juga baru dan terdapat emblem GR Sport pada tombol start/stop. Emblem GR Sport juga tersemat di headrest Fortuner 2.8L GR Sport 4x2 ini. Pengaturan kursi juga akan lebih mudah karena bisa dilakukan secara otomatis.  

Fitur lain yang dihadirkan antara lain Wireless Charger, mode berkendara, Electro-chromic Rearview Mirror, Rear Seat Entertainment, Surround Monitor, serta Kick Sensor with Power Backdoor. Fitur keselamatannya juga ditingkatkan dengan kehadiran 7 SRS Airbag, Hill Start Assist, Emergency Brake Signal, Traction Control, Vehicle Stability Control, dan Trailer Sway Control. 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top