Ini Dia Cara Jitu Parkir "Magic" Menggunakan Peugeot 5008

05/07/2019

Mobil baru

5 menit

Sebagai mobil baru dari Astra Peugeot, Peugeot 5008 2019 memiliki kemampuan parkir otomatis yang sangat berguna untuk pengemudi. Bagaimana cara menggunakan fitur Park Assist ini?

Fitur Park Assit saat ini memang masih bersifat "tersier" di kancah otomotif Tanah Air. Bisa dibilang hanya mobil-mobil dari brand mobil Eropa saat ini yang mulai mengaplikasikan teknologi ini ke line-up mobil dijual di Indonesia. 

Sesi Media Test Drive Peugeot 5008 yang diikuti Cintamobil

Cintamobil.com jadi salah satu media yang mendapatkan kesempatan lebih awal mengenal teknologi Peugeot 5008

Salah satu brand mobil yang kini ikut mengaplikasikan teknologi Park Assist pada kendaraannya adalah New Peugeot 5008 SUV. Fitur Peugeot 5008 ini memungkinkan sistem melakukan manuver parkir paralel dan seri secara otomatis, bahkan untuk keluar dari parkir paralel juga bisa dilakukan secara otomatis. Tim Cintamobil.com pun mendapatkan tutorial dan mencicipi sendiri kemampuan Park Assist ini saat PT Astra International - Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) mengadakan sesi media test drive Peugeot 5008 pada Kamis (4/7) lalu di dealer Astra Peugeot BSD, Astra Biz Center, BSD City - Tangerang Selatan.

Sekedar informasi, sistem Park Assist pada Peugeot 5008 bekerja dengan dukungan 360 reverse camera serta front and rear parking sensor. Tapi bagaimana sebenarnya cara mengaktifasi fitur parkir "magic" a la Peugeot 5008 ini?

>>> Absen di GIIAS 2019, Peugeot Masih Butuh Waktu

Gambar tutorial park assist Peugeot 5008 dengan menekan menu park assist

Aktivasi fitur Park Assist dilakukan melalui sistem infotainment di Peugeot 5008

>>> Temukan mobil incaran Anda di sini

Jika Anda sudah berada di dekat area parkir, Anda bisa mengaktifkan fitur Park Assist dengan terlebih dahulu memasuki settingan berkendara melalui toggle switch bergambar mobil di area konsol tengah. Setelah masuk ke dalam menu setting fitur keselamatan mobil, Anda tinggal memencet di layar pilihan "Park Assist".

Gambar tutorial park assist Peugeot 5008 dengan menekan pilihan mode park assist

Pilih satu dari tiga pilihan mode Park Assist yang diinginkan melalui layar infotainment Peugeot 5008

Ada 3 opsi pilihan Park Assist yang tersedia di Peugeot 5008, yakni "Enter Parking Parallel Assist", "Exit Parking Parallel Assist", dan "Enter Parking Bay Assist". Setelah itu, atur tuas sein ke arah dimana ruang parkir tersedia untuk di-scan oleh sistem sensor parkir. 

Gambar tutorial park assist Peugeot 5008 saat scan ruang parkir kosong

Pilih satu dari tiga pilihan mode Park Assist yang diinginkan melalui layar infotainment Peugeot 5008

>>> Review Peugeot 5008 2019

Anda akan diminta oleh sistem berjalan hingga melewati space parkir. Parameternya ialah saat informasi di layar bawah gambar setir berubah dari "Parking Possible" menjadi "Parking Possible: Reverse and Release The Wheel". Saat itulah, Anda diminta untuk mengatur tuas transmisi ke mode "R" dan lepas kendali dari setir,

Gambar tutorial park assist Peugeot 5008 saat manuver otomatis parkir

Sistem kemudi Peugeot 5008 secara otomatis akan mengatur manuver mobil saat Park Assist digunakan

Di saat bersamaan, layar infotainment system akan menampilkan citra kamera belakang dan Anda tinggal membiarkan mobil melakukan manuver dan pengaturan throttle secara otomatis. Anda tetap diminta oleh sistem mengatur rem mobil sebagai intervensi apabila di tengah proses parkir otomatis terdapat objek yang mendekat dan berbahaya. Sistem ini akan otomatis mati saat Anda menggoyangkan setir, yang menandakan Anda mengambil alih kontrol kemudi Peugeot 5008. 

Untuk informasi lebih jelas mengenai cara kerja Park Assist Peugeot 5008, bisa disimak lewat video resmi Peugeot di bawah ini.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

 
back to top