Ini Alasan Toyota All New Avanza Pakai FWD Ikuti Jejak Ertiga-Xpander

11/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota All New Avanza kini beralih menggunakan sistem penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD). Apa alasan di balik peralihan RWD ke FWD pada Avanza?

Toyota All New Avanza akhirnya mengikuti jejak dari rival-rivalnya di segmen Low MPV dengan beralih menggunakan sistem penggerak roda depan alias Front Wheel Drive. Avanza sebelumnya cukup pede 18 tahun mengandalkan penggerak roda belakang untuk bersaing di Low MPV. Bukan tanpa alasan tentunya, faktor jalanan Indonesia menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan. 

Toyota All New Avanza

Avanza mengikuti jejak para rivalnya di segmen Low MPV dengan penggerak roda depan

Hingga akhirnya lewat generasi ketiga, Avanza beralih dengan FWD seperti halnya Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, hingga Nissan Livina. Lalu apa alasan di balik peralihan sistem penggerak dari RWD ke FWD?

>>> Review Toyota All New Avanza 2022: Kado Terindah Untuk Konsumen Indonesia

PPnBM Berdasarkan Emisi Menjadi Satu Faktor Peralihan ke FWD

Toyota beralasan, aturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasarkan emisi dan gas buang memungkinkan mobil sejuta umat itu kini menggunakan FWD. 

"Masalah infrasruktur yang sudah semakin membaik, kondisi jalan indonesia, jadi ini juga sudah platfrom baru tujuannya pasti lebih ringan, bobotnya, lebih irit, dan juga harus bisa memenuhi di aturan CO2 tax juga ya kita menargetkan taxnya di 15%, kemudian engine nya pun ada yang baru," beber Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam sesi konferensi pers virtual. 

Anton lebih lanjut menjelaskan bahwa baik RWD maupun FWD memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Yang jelas, meski telah beralih mengusung sistem penggerak FWD Toyota Avanza diharapkan tetap bisa memikat hati masyarakat Indonesia dengan sejumlah keunggulannya. 

Sistem penggerak bukan satu-satunya ubahan yang disajikan oleh Toyota Avanza generasi terbaru. Melainkan tampilan eksterior, interior, sampai fitur-fitur di dalamnya pun sepertinya bisa membuat Anda kepincut. 

Toyota All New Avanza

Interior Avanza ikut dipermak

Suspensinya diklaim lebih nyaman berkat mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik kecepatan spring rate dan damper memungkinkan Insinyur Toyota memiliki ruang untuk menciptakan mobil baru yang ditujukan untuk kenyamanan. 

Walhasil, All New Avanza mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang prima yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang. Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap. 

Dalam upaya memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, Toyota memasukkan kabin yang luas dan nyaman dalam pengembangan All New Avanza. Dimensi All New Avanza memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm. Dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat All New Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

>>> Ini Dia Daftar Harga All New Veloz, Termurah Rp 251,2 Juta

Fitur Toyota All New Avanza Makin Canggih

Fitur dalam All New Avanza juga telah diupgrade dengan kehadiran Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist menjadi standar baru di semua model Toyota, terutama pada All New Avanza yang diperkuat dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). All New Avanza (1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan 6 Airbags (Pengemudi/Penumpang/Samping/Tirai). 

Selanjutnya terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Avanza.

Toyota All New Avanza

Deretan fitur baru dipercaya bisa menjadi daya tarik untuk konsumen

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Fitur selanjutnya adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Toyota All New Avanza

Avanza kini berdiri sendiri tak lagi bersatu dengan Veloz

All New Avanza hadir dengan dua mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform FF baru. Mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm dan 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm. 

"Produk ini sangat disukai banyak segmen, generasi dan banyak lokasi sehingga kombinasi produk inilah yang menjadi tren terbaru untuk market Indonesia untuk saat ini," kata Anton. 

>>> Jurus Toyota Avanza Bisa Jadi Mobil Sejuta Umat

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top