Jurus Toyota Avanza Bisa Jadi Mobil Sejuta Umat

06/11/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menjadi mobil sejuta umat di Indonesia tentu tak diraih dengan mudah. Toyota Avanza pun memiliki 'jurus' hingga bisa mendapat julukan mobil sejuta umat.

Kalau menyebut julukan mobil sejuta umat, sudah tentu yang terbersit di pikiran Anda adalah Toyota Avanza. Ya, julukan mobil sejuta umat itu layak disematkan karena sudah jutaan mobil Avanza terjual di Indonesia. Avanza, memang begitu fenomenal di dunia otomotif Indonesia. MPV penerus Toyota Kijang yang lahir tahun 2003 itu masih bisa membuktikan dirinya eksis hingga saat ini. 

Gambar menunjukkan Toyota New Avanza Veloz 2019 warna putih

Avanza terakhir disegarkan tahun 2019

Kalau diperhatikan, penjualan Avanza tak pernah absen mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia. Tentunya bukan tangan hampa, melainkan ada faktor yang dimiliki oleh Avanza untuk memikat para konsumennya di Indonesia. Apa saja ya? Nah berikut ini jurus Avanza hingga bisa diminati orang Indonesia dan mendapat julukan mobil sejuta umat dikutip laman Auto2000. 

>>> Review Toyota Avanza Veloz 2019

1. Desain Disesuaikan Selera Orang Indonesia

Ya, salah satu cara untuk memikat hati masyarakat Indonesia tentu mengikuti seleranya. Toyota paham betul akan hal itu, buktinya desain Avanza yang kerap dicibir karena minim ubahan sejak perdana dirilis tak lantas membuatnya ditinggalkan. Desain Avanza masih bisa diterima orang Indonesia hingga saat ini. 

Gambar menunjukkan mobil New Toyota Avanza Veloz 2019 sedang berakselerasi

Desain Avanza masih bisa diterima masyarakat Indonesia

Avanza yang dijual saat ini merupakan versi paling anyar dan terakhir mendapat penyegaran pada tahun 2019. Toyota sendiri sudah menyiapkan Avanza dan Veloz terbaru yang siap meluncur pada 10 November 2021. Pastinya, desain Avanza terbaru pun didasarkan pada selera orang Indonesia yang saat ini tengah keranjingan SUV. 

>>> Kisah Avanza dari Penerus Kijang Jadi Mobil Sejuta Umat

2. Mesin Tangguh 

Saat ini mesin Toyota Avanza tersedia dalam dua opsi. Konsumen bisa memilih opsi Avanza bermesin 1.300 cc atau 1.500 cc. Keduanya sudah terbukti handal dan ekonomis dalam segi perawatan.

Toyota Avanza bermesin 1.200 cc bertenaga 96,5 PS pada 6.000 Rpm dan torsi hingga 120,6 Nm. Pada mesin 1.500 cc tentu lebih besar tenaganya, yakni mencapai 104 PS pada 6.000 Rpm sedangkan torsinya tercatat hingga 136 Nm.

Kedua opsi mesin Avanza tersebut sama-sama sudah berteknologi Dual VVT-i, DOHC dengan konfigurasi 4 silinder segaris. Bahkan mesin berkode NR milik Avanza ini juga cukup membanggakan karena merupakan seri mesin Toyota yang murni dibuat di Indonesia. Belum diketahui apakah Avanza generasi terbaru akan mengusung mesin anyar atau tetap mempertahankan yang lama. 

Gambar menunjukkan bagian Mesin 2NR-VE di New Toyota Avanza Veloz 1500 2019

Mesinnya diklaim tangguh

3. Didukung Layanan Purnajual Mumpuni

Layanan purnajual memang tak luput dari sorotan ketika seseorang hendak membeli mobil. Makin mudahnya perawatan sudah tentu akan membuat konsumen tertarik. Avanza didukung oleh tersedianya layanan purna jual Toyota di banyak kota. 

Belum lagi suku cadangnya juga mudah didapat dan cenderung dijual dengan harga yang ekonomis. 

>>> Bocoran Harga Toyota All New Avanza, Paling Murah Rp 206 Juta

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top