4 Keunggulan All New Toyota Avanza Dibanding Pendahulunya

10/11/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Toyota All New Avanza resmi diluncurkan pada Rabu (10/11) ini. Dengan tampilan yang berbeda, apa saja yang menjadi kelebihan mobil ini dibanding pendahulunya? Simaklah 4 Keunggulan All New Toyota Avanza Dibanding Pendahulunya.

Setelah wujudnya sempat berkeliaran di media sosial, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Avanza dengan pembaruan besar-besaran demi mengejawantahkan dominasi di segmen Low MPV.

Selain tampilannya yang kini lebih 'jantan' dan sporty dan interior yang lebih berkelas, Avanza terbaru menawarkan beberapa keunggulan dibanding pendahulunya. Berikut 4 Keunggulan All New Toyota Avanza terbaru yang bisa dirasakan langsung oleh para konsumen.

Gambar All New Veloz dan Avanza

Hari ini (10/11), All New Veloz dan Avanza resmi diluncurkan

>>> Review Toyota All New Avanza 2022: Kado Terindah Untuk Konsumen Indonesia

1. Kabin yang Lebih Lega

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, Toyota All New Avanza menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD). Itu Low MPV ini tak lagi menggunakan gardan yang mentransfer tenaga dari mesin ke roda.

Dengan absennya gardan dari Avanza, tak ada lagi 'punuk' di dalam kabin untuk mengakomodasi batang penggerak. Artinya, para penumpang dapat menikmai ruang kaki yang jauh lebih leluasa.

Selain itu, secara dimensi mobil ini juga lebih besar dibanding pendahulunya. Avanza terbaru memiliki dimensi 4.395 mm x 1.730 mm x 1.700 mm (panjang x lebar x tinggi) dengan wheelbase 2.750 mm.

Gambar Kabin All New Avanza

Toyota Avanza baru menawarkan akomodasi yang lebih baik

Sedangkan Avanza sebelumnya memiliki dimensi 4.190 mm x 1.660 mm x 1.695 mm dengan wheelbase 2.655 mm. Dari data tersebut, kami berasumsi bahwa itu akan berdampak positif terhadap ruang kabinnya.

>>> Toyota All New Veloz & Toyota All New Avanza Resmi World Premiere

2. Fitur Keselamatan yang (Jauh) Lebih Baik

Dibalik kesuksesan penjualan Avanza, tak bisa dipungkiri bahwa rival-rivalnya masih jauh lebih baik dalam hal penyematan fitur keselamatan. Avanza terbaru kini hadir dengan fitur Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan 6 buah SRS Airbag di tipe tertinggi.

Tak hanya itu saja, TAM juga menawarkan Avanza tipe tertinggi (G) dengan fitur Toyota Safety Sense sebagai Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Gambar Dashboard All New Avanza

Sebelumnya, Avanza hanya dibekali 2 Airbag untuk penumpang depan dan pengemudi. Kini ada 6 di tipe tertinggi

Fitur itu meliputi Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Pre-Collision System, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring. Lompatan yang jauh untuk keselamatan berkendara di dalam sebuah Avanza mengingat mobil ini 9 tahun lalu bahkan belum dibekali Airbag sama sekali.

3. Mesin yang Lebih Efisien

Meski belum mencoba mobilnya secara langsung, kami berasumsi bahwa All New Avanza akan jauh lebih efisien dibanding pendahulunya. Ada 2 faktor utama yang berkaitan dengan keiritan bahan bakar mobil ini, yang pertama adalah penggunaan sistem penggerak FWD dan CVT (Continously Variable Transmission).

Selain kelebihan yang sudah kami jabarkan di atas, penggerak FWD juga punya kelebihan dalam efisiensi operasinya. Tenaga dari mesin tersalurkan langsung ke roda depan tanpa melewati gardan sehingga kinerja dapur pacu menjadi lebih ringan, dan berdampak pada konsumsi bahan bakar.

Gambar Mesin Avanza Baru

Mesin masih sama, tetapi dengan sistem penggerak dan transmisi baru

Begitu juga dengan penggunaan CVT yang lagi-lagi berkaitan dengan efisiensi operasi. Berbeda dengan transmisi otomatis konvensional, CVT memiliki power loss minimal sehingga tenaga akan tersalurkan dengan baik tanpa membebani mesin.

Tak hanya lebih efisien, tenaga dari Avanza terbaru pun terbukti sedikit lebih besar dibanding pendahulunya meski dengan mesin yang sama (104,5 HP dibanding 103 HP). Kami berekspektasi perubahannya akan lebih drastis, jadi ada kemungkinan bahwa ECU mobil ini diatur agar lebih irit meski potensi tenaganya bisa lebih besar secara teori.

>>> Jurus Toyota Avanza Bisa Jadi Mobil Sejuta Umat

4. Fitur Kenyamanan Lebih Baik

Kini penumpang maupun pengemudi Avanza akan bisa menikmati fitur kenyamanan yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Tak perlu jauh-jauh, kini All New Avanza dibekali dengan pengaturan setir teleskopik di tipe tertinggi untuk mendapatkan posisi mengemudi yang optimal.

Gambar Sistem Infotainment Avanza

Sistem infotainment lebih kekinian meski belum ada Apple Car Play

Selain itu, TAM juga menyebut bahwa pengaturan suspensi Avanza terbaru akan terasa lebih nyaman, sistem infotainment juga lebih baik dan kekinian. Tak kalah penting, kabin mobil juga seharusnya lebih senyap karena tak ada lagi bunyi dari gardan yang masuk ke dalam kabin.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top