Hyundai New Santa Fe 2021 Resmi Meluncur, Harganya Mulai Rp 569 Juta

07/04/2021

Mobil baru

5 menit

Jagoan terbaru SUV monokok lansiran pabrikan berlogo H miring ini resmi dijual, kini Hyundai New Santa Fe Facelift 2021 siap meramaikan pasar mobil Tanah Air

Santa Fe salah satu SUV best seller Hyundai di Indonesia

Hyundai hampir selalu memberi nama produk di jajaran SUV (Sport Utility Vehicle)-nya dengan nama-nama tempat atau kota di Amerika Serikat (AS). Ambil contoh Hyundai Tucson yang merupakan nama kota di negara bagian Arizona, atau Hyundai Palisade yang merupakan nama kota hukum di bagian Colorado AS. Termasuk Hyundai Santa Fe yang jadi nama Ibu kota di negara bagian New Mexico. Nah, kini Hyundai New Santa Fe 2021 telah resmi meluncur.

Harga Hyundai New Santa Fe 2021

Harga Harga New Santa Fe 2021

Harganya start mulai Rp 569 jutaan

Hyundai New Santa Fe 2021 ini memiliki dua varian mesin, yakni bensin 2.500 cc 4-silinder dan diesel 2.200 cc 4-silinder. Masing-masing varian ini punya tiga trim, yakni Style, Prime, dan Signature. Untuk yang bermesin bensin dibanderol mulai harga Rp 569 juta hingga Rp 678 juta untuk yang termahalnya. Sedangkan untuk varian mesin diesel, bisa dibawa pulang dengan harga mulai Rp 629 juta, hingga Rp 729 juta untuk top of the line.

Gambar tampilan belakang New Hyundai Santa Fe

Santa Fe jadi salah satu tonggak penting produk Hyundai di Indonesia

“Santa Fe merupakan tonggak penting di dalam sejarah perjalanan Hyundai baik secara global maupun di Indonesia. Dengan platform dan transmisi baru, teknologi terkini, serta performa yang lebih efisien dan lebih gesit dari sebelumnya, New Santa Fe menyeimbangkan antara performa, kenyamanan, serta berkendara yang menyenangkan sehingga para pelanggan kami dapat kembali merasakan kebahagiaan bersama keluarga yang dapat mengakomodir setiap gaya hidup para penggunanya. Tidak hanya itu, dengan kehadiran fitur keamanan terkini dapat membuat Anda dan keluarga tetap merasa aman dan terlindungi ketika sedang berkendara. Karena kami ingin, melalui produk ini, Anda tidak perlu merasa khawatir kemanapun Anda bepergian. Drive Safe! Drive Santa Fe Together!” ungkap Makmur, selaku Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia melalui keterangan resminya dikutip Cintamobil.com.

Gambar tampilan depan Hyundai New Santa Fe 2021

Santa Fe terbaru ini punya fitur lebih berlimpah

Selain fitur yang menjadi jauh lebih lengkap bila dibandingkan dengan sebelum facelift. Mesin juga menjadi nilai jual utama di mobil Hyundai New Santa Fe 2021 ini. Terutama mesin tanpa busi (baca: diesel) yang diusungnya. Mesin ini pendiam (suaranya tidak berisik) namun tenaga dan torsinya memukau. Pertama kita bahas spek mesinnya dulu, mesin 4 silinder ini punya kapasitas silinder bersih 2,199 cc dan dilengkapi dengan variable geometry turbo. Makin istimewa karena mesin ini sudah mengusung Common Rail Direct Injection (CRDi).

Foto mesin R2.2 Hyundai

Mesinnya halus namun kencang dan irit

Mesin berkode R2.2 ini mampu menghasilkan tenaga 197 PS atau sekitar 195,5 HP di putaran mesin 3.900 rpm dan torsi sebesar 445 Nm yang sudah mulai terasa sejak rotasi mesin 1.800 hingga 2.500 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke dua roda depan melalui transmisi  6-percepatan otomatis yang dapat dipindah secara sekuensial dengan menggeser tuas transmisi ke mode manual. Santa Fe diesel ini juga dilengkapi tiga pilihan mode berkendara, yakni eco, normal dan sport.

>>> First Drive Hyundai KONA EV 2020: Crossover Listrik yang Fun To Drive

Sekilas Sejarah Hyundai Santa Fe di Indonesia

Gambar Hyundai Santa Fe generasi pertama

Santa Fe masuk Indonesia tahun 2000an

Hyundai Santa Fe pertama kali muncul di dunia tahun 2000 dan masuk ke Indonesia melalui PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) setahun kemudian. Saat itu yang dijual adalah Santa Fe dengan dua pilihan mesin bensin yakni 4-silinder 2.400 cc dan V6 2.700 cc. Bentuknya yang unik saat itu malah kurang diterima pasar mobil Tanah Air. Santa Fe bisa dibilang kalah pamor dari rivalnya seperti Honda CR-V. Padahal CR-V pakai mesin lebih kecil dan dimensi bodinya lebih kompak dari Santa Fe.

Gambar Hyundai Santa Fe generasi kedua

Santa Fe generasi kedua cukup diterima pasar Indonesia

Tahun 2007 Hyundai Santa Fe generasi kedua lahir, dan cukup menyita perhatian dunia karena bentuknya sudah lebih proporsional. Santa Fe kini dipersenjatai dengan mesin baru, untuk unit bensin disusupkan unit 4-silinder 2.400 cc berkode Theta II. Sedangkan mesin V6 disiapkan untuk spot order saja (dimasukkan jika ada pesanan). Pada tahun tersebut PT HMI malah sedang ancang-ancang memasukkan varian diesel terbaru di line-up Santa Fe. Akhirnya mesin R2.2 diesel masuk tahun 2009 dan langsung mencuri perhatian.

Gambar Hyundai Santa Fe generasi ketiga

Santa Fe generasi ketiga punya desain yang stylish

Pasalnya mesin diesel pada Hyundai Santa Fe ini modern, tidak berisik (senyap) dan punya output tenaga dan torsi yang besar. Saking istimewanya, mesin diesel 4-silinder 2.200 cc  ini tetap dipertahankan hingga Hyundai Santa Fe lahir generasi ketiganya pada tahun 2013. Di tahun tersebut tampilan Santa Fe diubah secara revolusioner, jauh lebih ganteng dan berkarakter.

>>> Berminat beli Hyundai Santa Fe bekas? Cari di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top