Mobil Balap Lamborghini Itu Disapa SCV12

24/06/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mobil Balap Lamborghini Itu Disapa SCV12
Masih ingat mobil balap berbasis Aventador yang telah kita beritakan sebelumnya? Mobil tersebut kini telah punya nama, perkenalkan Lamborghini SCV12, dan akan diluncurkan musim panas ini.

Beberapa waktu lalu, Lamborghini mengonfirmasi untuk tidak lagi terlibat dalam acara auto show apapun. Tapi, bukan berarti pabrikan Sant’Agata Bolognese itu tidak punya agenda apapun.

>>> Lamborghini 'pensiun' dari pameran otomotif. Lho, kenapa?

Secara mengejutkan, mereka memberi bocoran lebih jauh lagi terhadap Lamborghini SCV12. Mobil khusus trackday yang diklaim punya mesin V12 Naturally-Aspirated paling bertenaga yang pernah dibuat oleh Lambo.

Downforce lebih agresif dari mobil balap GT3

Seperti dijelaskan di atas, Lamborghini SCV12 adalah supercar khusus trek yang dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas, dan didevelop oleh divisi balap Squadra Corse. Diluncurkan dalam waktu dekat, kemungkinan musim panas ini, terlihat SCV12 tengah dites di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, dengan kamuflase yang cukup tebal.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Tampak samping Lamborghini SCV12 yang sedang melakukan tes

Bagaimana ukuran spoiler belakangnya, gede kan?

Meski SCV 12 bukanlah mobil balap sungguhan, namun desain bodykit yang dipakai memiliki rating downforce serta aero yang lebih tinggi dari mobil balap GT3 betulan.  Salah satu faktor penyebabnya adalah air intake depan dengan ‘central rib’ yang mengalirkan angin ke bagian intake scoop yang ada di atas atap. Selain itu, splitter depan yang besar, bersama air vents di tepian bumper depan serta spoiler belakang berukuran jumbo menciptakan downforce yang tidak main-main.

V12 NA, lebih dari 830 HP

Bagian paling menarik dari sebuah Lamborghini SCV12 adalah tenaga dari powertrain V12 NA, yang diklaim Lamborghini dapat menghasilkan power lebih dari 830 HP berkat aerodynamic supercharging yang diaplikasikan di kecepatan tinggi.

>>> Cari Mobil Bekas Lamborghini berkualitas, klik di sini 

Mesin tersebut dipasangkan dengan girboks sequential enam-percepatan dengan sistem suspensi belakang pushrod yang dihubungkan langsung ke mesin.

Bagian belakang Lamborghini SCV12  terfoto saat sedang tes

Mobil ini akan memberikan program trackday menarik di berbagai sirkuit di seluruh dunia

Pelek yang dipakai menggunakan material magnesium alloys yang super ringan dengan pelek depan berukuran 19 inci, dan belakang 20 inci. Bobot mobil juga belum diumumkan sampai saat ini, namun Lambo mengklaim hypercar satu ini punya power-to-weight ratio sangat impresif.

Untuk harga Lamborghini SCV12 juga belum diumumkan, namun tiap pembeli hypercar khusus trackday itu akan mendapatkan akses menuju klub yang sangat spesial dengan berbagai keuntungan, seperti program tes di beberapa trek di seluruh dunia.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top