Honda Kembali Bagikan Teaser Mobil Baru Mereka, Sinyal Kuat SUV N5X?

07/11/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
PT Honda Prospect Motor (HPM) membagikan foto siluet mobil yang akan mereka luncurkan di GIIAS 2021. Dari bentuknya, kami berasumsi mobil itu adalah sebuah SUV.

Terakhir kali HPM membagikan teaser mobil misterius mereka, kami dihantui dengan rasa penasaran. Apakah mobil itu All New Mobilio RS? Atau ZR-V RS yang disebut-sebut memiliki kode N5X?

Baru-baru ini, mereka membagikan teaser terbaru yang memperlihatkan siluet mobil secara lebih jelas. Melalui foto tersebut, kami diyakinkan bahwa mobil baru ini adalah sebuah SUV. Artinya tebakan pertama kami meleset.

Yang Pasti Bukan HR-V

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, All New Honda HR-V baru saja meluncur di Thailand. Tentu banyak juga yang menebak bahwa HPM akan membawa mobil ini ke GIIAS 2021.

>>> Review Honda All New BR-V 2022: Resep yang Bikin Rival Bertekuk Lutut

Gambar All New Honda HR-V e:HEV

All New Honda HR-V belum lama ini meluncur di Thailand dan hanya ditawarkan dalam varian hybrid

Meski kemungkinannya tetap ada, yang pasti HR-V bukanlah sosok mobil misterius ini. Selain siluetnya berbeda, HPM tak akan memberi judul peluncuran mobil ini sebagai World Premiere jika ternyata hanya sebuah HR-V yang sudah tampak jelas dan dipasarkan di berbagai negara.

Jika kita menyampingkan HR-V, artinya kandidat yang tersisa hanya tinggal N5X Concept yang kabarnya akan diberi nama Honda ZR-V. Mobil ini diplot untuk menjegal Micro SUV seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, KIA Sonet, dan lain-lain.

>>> All New Honda HR-V Meluncur di Thailand, Hanya Ada Versi Hybrid

Tapi Kok, Panjang?

Yang membuat kami bingung adalah dimensinya. Dari berbagai teaser yang dibagikan oleh HPM, mobil ini sebenarnya sulit untuk disebut sebagai Micro SUV seperti rivalnya yang lain.

Gambar Mobil Misterius Honda

Dari siluetnya, mobil misterius Honda ini sepertinya tidak semungil calon rivalnya

Pasalnya, kami merasa secara dimensi mobil dalam teaser tersebut masih terlalu panjang. Apalagi, kabarnya N5X menggunakan platform All New Honda BR-V yang dipendekkan. Bukan tak mungkin mobil ini justru bisa mengambil pasar dari HR-V saat ini.

Lantas, mesin apa yang akan disematkan ke N5X ini? Apakah L12B seperti yang digunakan oleh Honda Brio? Apakah mesin itu cukup kompetitif jika harus menantang mesin Turbo milik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky? Apalagi jika dimensinya memang sesuai dugaan kami - lebih besar dari rivalnya.

Bagaimana jika menggunakan mesin 1,5 liter milik City seperti All New Honda BR-V? Bisa jadi mobil ini justru diharapkan sebagai pengganti HR-V 1.5 karena HPM berniat untuk menawarkan All New HR-V dengan mesin 1.5 Turbocharged dan e:HEV saja.

Gambar Mobil Honda di GIIAS 2021
Kita tunggu saja kedatangannya di GIIAS 2021

Wah, yang pasti kami jadi semakin tidak sabar untuk melihat peluncuran mobil ini. Dan tentunya kami punya banyak pertanyaan untuk HPM mengenai mobil yang akan World Premiere pada 11 November 2021 ini.

>>> Tertarik untuk Membeli Mobil Honda? Intip Pilihannya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top