All New Honda HR-V Meluncur di Thailand, Hanya Ada Versi Hybrid

05/11/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Setelah diperkenalkan di Jepang dan Eropa, All New Honda HR-V akhirnya diluncurkan di Asia Tenggara. Uniknya, HR-V tersebut hanya mengusung mesin hybrid.

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, kedatangan All New Honda HR-V di Asia Tenggara - termasuk Indonesia - tinggal menunggu waktu saja. Thailand menjadi yang pertama untuk memperkenalkan Compact SUV generasi baru dari Honda tersebut.

Yang menarik, ternyata HR-V terbaru hanya dipasarkan dengan opsi mesin hybrid di Thailand. Yes, tidak ada opsi mesin konvensional (Internal Combustion Engine), termasuk mesin turbo yang digadang-gadang akan diusung HR-V di Indonesia.

Sama Seperti di Jepang

Gambar Honda HR-V e:HEV

Sama seperti Toyota, ada aksen biru pada emblem mobil hybrid Honda

Secara umum, All New Honda HR-V Thailand serupa dengan yang dipasarkan di Jepang. Sama-sama mengandalkan mesin 1.5 L DOHC i-VTEC+CVT yang dikombinasikan dengan dua sistem motor hybrid Honda e:HEV.

Di sana, HR-V e:HEV ditawarkan dalam tiga tipe, yaitu E; EL; dan RS. Tipe E dan EL sama persis seperti yang dipasarkan di Jepang sehingga mari kita bahas mengenai tipe RS yang hanya ada di Thailand serta signifikansinya.

Dibanding dua tipe lainnya, versi RS yang menggunakan desain velg yang berbeda, bumper yang didominasi warna hitam, penyematan emblem RS, serta grille hitam baru, persis seperti perlakuan tipe RS untuk berbagai model di Indonesia.

Gambar HR-V e:HEV RS

Tampilan eksterior All New Honda HR-V e:HEV RS

HR-V e:HEV RS juga dibekali dengan panoramic sunroof, warna dual tone, lampu belakang smoked, serta lampu sign sekuensial. Di bagian interior, kursinya dibalut dengan kulit asli, ada pengaturan elektrik 8 arah untuk kursi pengemudi, wireless charger untuk smartphone, dan audio dengan 8 buah speaker.

Sedangkan di bagian performa, semua tipe sama-sama menggunakan mesin 1,5 liter yang didasari oleh mesin City dan BR-V di Indonesia yang tentunya mengusung jenis pembakaran Atkinson Cycle dan dipadukan dengan dua motor listrik. Powertrain hybrid tersebut mampu menghasilkan tenaga 131 HP dan torsi 253 Nm.

Oh iya, mobil ini juga mengusung fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) Honda Sensing yang meliputi CMBS (Collision Mitigation Braking System, LKAS (Lane Keeping Assist System), RDM with LDW (Road Departure Mitigation with Lane Departure Warning), ACC with LSF (Adaptive Cruise Control with Low-Speed ​​Following), LCDN (Lead Car Departure Notification System), dan AHB (Auto High Beam).

>>> Honda HR-V 2022 Merapat ke Thailand, Indonesia Bakal Menyusul?

Gambar Interior HR-V RS

Tampilan interior All New Honda HR-V e:HEV RS

Untuk tipe EL dan RS, akan ada tambahan fitur Honda LaneWatch. Cukup menarik mengingat di Indonesia, Honda Sensing pada BR-V hanya tersemat untuk tipe Prestige.

>>> Review Honda Vezel 2021: Transformasi Desain Futuristik Honda

Signifikansi RS

Sebelumnya, kami menyebut mengenai signifikansi RS pada All New Honda HR-V e:HEV. Kenapa? Salah satunya tentu karena PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah membocorkan bahwa mobil yang akan mereka luncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 adalah sebuah RS.

Sebelumnya, nomenklatur RS tak pernah disematkan pada HR-V di Thailand. Di Indonesia pun juga begitu, tak pernah ada SUV dari Honda yang menggunakan nama RS di belakang.

Gambar Emblem RS

Mobil yang akan diluncurkan Honda di GIIAS adalah sebuah RS

Dengan fakta ini, tebakan kami bahwa RS yang akan diluncurkan di GIIAS merupakan Mobilio jadi sedikit meragukan. Bisa jadi mobil yang diluncurkan nanti memang sebuah Honda ZR-V yang merupakan Micro SUV.

>>> Honda Vezel 2021: Generasi Baru HR-V yang Lebih Sporty

Bagimana dengan Nasib HR-V di Indonesia?

Oke, kembali ke HR-V, sebenarnya PT HPM sudah mengambil ancang-ancang untuk meluncurkan generasi terbaru dari Compact SUV ini di Tanah Air. Mengetahui bahwa di Thailand hanya dipasarkan sebagai mobil hybrid, kami pun bertanya-tanya mengenai kelanjutan elektrifikasi Honda di Indonesia.

Sejauh ini, sudah ada beberapa model yang bisa menjadi platform untuk teknologi e:HEV dari Honda. Tetapi, belum ada sinyal-sinyal perkenalan mobil hybrid dari HPM. Kabarnya, HR-V versi Indonesia akan ditawarkan dengan mesin turbocharged.

Gambar Mesin Civic RS

Apakah HR-V 1.5T akan meminjam mesin milik Civic RS? Kita nantikan saja peluncurannya

Memang dalam laman Samsat-Pajak Kendaraan Bermotor Jakarta, ada beberapa HR-V yang menggunakan nomenklatur T yang biasanya digunakan sebagai penanda mobil dengan turbo.

Artinya, kemungkinan besar versi 1.5 akan menggunakan mesin yang kembar dengan City dan BR-V (L15ZF) dan versi 1.5T bisa jadi menggunakan mesin Honda Civic (L15BG) atau CR-V (L15B7). Masuk akal jika mesin tersebut di-detune untuk menyesuaikan segmen HR-V di Indonesia.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top