Honda Civic Type R Limited Edition Beraksi di Suzuka, Incar Rekor?

22/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Honda Civic Type R Limited Edition Beraksi di Suzuka, Incar Rekor?
Baru-baru ini, beredar teaser Civic Type R Limited Edition digaspol di Suzuka. Punya bobot lebih ringan, apakah edisi khusus hot-hatchback Honda disiapkan untuk mencatat rekor baru?

Awal Februari ini, Honda meluncurkan Civic Type R Limited Edition, yang diklaim sebagai versi paling track-ready dari Civic Type R. Setelah sempat sepi di tengah pandemi, beberapa hari lalu Honda menghadirkan teaser yang menghadirkan berbagai rumor.

>>> Gila, Civic Type R Limited Edition habis dalam waktu 4 menit di Kanada

Teasernya sih memang tidak lama, cuma 15 detik di mana Honda Civic Type R sedang dipacu kencang di sebuah sirkuit balap, diyakini sirkuit Suzuka, trek kebanggaan Honda. Di akhir video, terlihat salah satu teknisi Honda tampak menggenggam stopwatch.

Rebut kembali status raja Nurburgring

Dari teaser ini kita memang cuma bisa berspekulasi, namun kami mengira Honda Civic Type R Limited Edition dibuat untuk memecahkan rekor. Ya, meski sang chief engineer tidak menargetkan rekor trek apapun.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Honda Civic Type R Limited Edition Suzuka teaser

Dalam teaser itu, terlihat Civic Type R Limited Edition sedang melaju kencang di Sirkuit Suzuka

Selain itu, di tengah pandemi akan sulit membawa tim teknisi ke sirkuit di belahan dunia lain, contohnya Nurburgring. Maka, tes di Jepang adalah langkah paling masuk akal bagi Honda. 

Namun, apakah video bertajuk #TypeRChallenge mengindikasi bahwa Type R Limited Edition akan memecahkan banyak rekor, termasuk status RWD terkencang di Nurburgring yang direbut Megane R.S. Trophy-R tahun lalu?

Spesifikasi Civic Type R Limited Edition

Debut di Tokyo Motor Show 2019, Honda Civic Type R Limited Edition cuma dibuat 600 unit. Ubahan mobilnya meliputi bobot mobil yang lebih ringan sekitar 20,9 kg, penggunaan pelek alumunium BBS berukuran 20 inci, dan penggunaan ban Michelin Pilot Sports Cup 2.

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini

Plate khusus yang dipasang di Honda Civic Type R Limited

Civic Type R Limited Edition 2021 cuma tersedia 600 unit

Tidak cuma itu, bagian suspensi juga mendapatkan ubahan signifikan di bagian damper, dan rekalibrasi sistem kemudi untuk feedback lebih baik. Sayangnya tidak ada perubahan di sisi powertrain, di mana mesin 2.000cc turbo K20C1 masih dipakai dengan tenaga maksimal 306 HP dengan transmisi manual 6-percepatan.

Soal harga, Honda belum mengumumkan harga resmi hot-hatcback edisi spesialnya. Namun, pre-order hot-hatchback ini sudah dibuka dengan uang muka $1.000,- (setara Rp 14,2 juta), di mana 100 unit sudah ludes terjual selama empat menit di Kanada.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top