Honda City 2020 Siap Meluncur di India Dengan Mesin 1.500 cc

18/06/2020

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Honda City 2020 Siap Meluncur di India Dengan Mesin 1.500 cc
Setelah sempat bocor di media sosial, Honda Cars India akhirnya merilis beberapa informasi penting mengenai Honda City 2020. Salah satunya penggunaan mesin 1.500 cc baru.

Honda Cars India akhirnya merilis tampilan terbaru dari Honda City 2020 yang telah lama menjadi perbincangan sejak awal tahun ini. Sebelum peluncuran resminya pada Juli mendatang, spesifikasi resmi yang dibawa Honda mengkonfirmasi banyak yang hal, termasuk beberapa fitur baru yang telah bocor di media sosial sejak bulan April lalu.

Fitur beda dengan Honda City di Thailand

Ada banyak perbedaan yang terlihat. Bahkan beberaoa item tidak ditemukan pada City yang dipasarkan di Thailand. Contohnya saja pada sistem infotainment, Honda City 2020 di India hadir dengan panel instrumen semi digital berukuran tujuh inci. Menggantikan tampilan analog dan layar informasi yang relatif kecil.

fitur LaneWatch Honda dari layar dan spion samping
Fitur LaneWatch Honda merupakan fitur khusus milik pasar India

Fitur lainnya yang disematkan termasuk sistem LaneWatch Honda. Sistem yang terdisi dari kamera pada kaca spion di sisi penumpang ini akan menyalurkan video ke layar tengah. Menawarkan pandangan yang lebih baik dari sisi kiri kendaraan. Kamera yang digunakan akan disesuaikan dengan lingkungan lalu lintas masing-masing negara.

Sistem yang juga digunakan pada Honda Civic dan Honda Accord sebelumnya disebutkan dalam laporan uji keselamatan ASEAN NCAP Maret lalu. City khusus pasar India ini juga mendapatkan sunroof elektris, kompatibilitas Alexa, sistem pemantau tekanan ban, serta ubahan pada AC belakang dan sistem ambient light.

>>> Penasaran dengan harga bekas Honda City? Cek berbagai pilihannya di sini!

Mesin baru Honda City 2020

Peningkatan anyar yang disematkan pada City terbaru termasuk pada sistem dapur pacu yang ditawarkan. Meskipun belum dikonfirmasi oleh pihak Honda, Indian Autos Blog melaporkan bahwa City generasi terbaru akan menggunakan dua pilihan mesin 4-silinder 1.5L.

Yang pertama merupakan mesin bensin 1.5L i-VTEC DOHC with VTC (Variable Valve Timing Control) yang menelurkan tenaga hingga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin ini akan disandingkan dengan pilihan transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan. Mesin serupa berkode L15B mendapatkan tambahan turbocharger dan digunakan pada Honda Civic dan CR-V. Pihak Honda mengklaim mesin ini mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 17.8 km/l untuk mobil bertransmisi manual dan 18.4 km/l untuk transmisi otomatis.

>>> Honda Galau Soal Pilihan Mesin All New Honda City di Indonesia

fitur baru Honda City 2020 dari dashboard
Ada fitur baru yang disematkan pada Honda City 2020 ini

Opsi mesin kedua adalan mesin turbodiesel i-DTEC berkekuatan 100 PS pada 3.600 rpm dan torsi puncak 200 Nm pada 1.750 rpm. Mesin ini hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual 6-speed. Line up kedua mesin hampir sama dengan yang ditawaran pada City generasi keempat di India. Hal ini jelas berbeda dengan pilihan mesin 1.0L 3-silinder turbo (122 PS dan torsi puncak 173 Nm) yang digunakan pada Honda City di Thailand.

Selain perbedaan tersebut, City untuk pasar India memiliki banyak kesamaan dengan CIty di Thailand. Termasuk kehadiran sistem keyless entry, pengaktifan mesin jarak jauh, jok kulit, sistem infotainment layar sentuh 8 inci, enam airbag, dan Honda Connect. Tak ketinggalan sistem bantuan mengemudi Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist siap menjaga pengemudi dalam Honda City generasi kelima ini.

>>> Dapatkan berbagai berita mobil terbaru hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top