Honda Galau Soal Pilihan Mesin All New Honda City di Indonesia

02/06/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Honda Galau Soal Pilihan Mesin All New Honda City di Indonesia
All New Honda City mendapat pilihan mesin baru selain mesin turbo, namun pilihan tersebut justru membuat Honda Indonesia kian bingung... Apa sebabnya?

All New Honda City 2020 cukup membuat gempar dunia otomotif. Bagaimana tidak? Bentuknya ganteng, interior modern dipadu dengan mesin yang modern dan tidak pelan. Namun, meski Honda City terbaru ini mendapat pilihan mesin baru selain mesin berturbo, namun adanya pilihan tersebut justru membuat Honda Indonesia kian bingung dalam menentukan pilihan... Apa sebabnya?

Galau Soal Harga

Foto tampilan samping All New Honda City 2020

Honda Indonesia ingin harga Honda City terbaru ini tetap kompetitif

Alasan utama dari Honda Indonesia harus mempertimbangkan secara mendalam mengenai pilihan mesin Honda City paling baru ini adalah soal harga jual. Seperti yang kita tahu, harga jual adalah salah satu faktor yang paling mempengaruhi konsumen untuk membeli sebuah mobil. "Nanti kalau (jadi masuk) harganya nambah sekitar Rp30 - Rp40 juta bagaimana?" tanya Yusak Billy selaku Bussines Innovation & Sales Marketing Director PT HPM kepada tim Cintamobil.com.

Gambar menunjukkan mesin P10A2 All New Honda City 2020

Mesin P10A2 memang potensial tapi dikhawatirkan mempengaruhi harga jualnya

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Billy ini juga menambahkan, "Selalu kami pertimbangkan sesuai kebutuhan konsumen disini. Tentunya value dan harga juga salah satu pertimbangan kami dalam menentukan kebutuhan yang cocok untuk konsumen kita," tututnya saat dikonfirmasi oleh tim Cintamobil mengenai Honda All New City sembari berdiskusi tentang jajaran produk Honda yang akan launch di Indonesia.

City Kini Punya Dua Pilihan Mesin

Gambar menunjukkan komparasi mesin P10A2 vs L15

Honda City paling anyar kini punya dua pilihan mesin

Disamping punya pilihan mesin 1.000 cc 3 silinder berturbo dengan kode P10A2, Honda City 2020 juga punya tambahan mesin baru yang kodenya serupa dengan Honda Civic, Honda Accord, Honda Civic Hatchback dan Honda CR-V yang ada di Indonesia. Yakni unit 4 silinider 1.500 cc berkode L15B namun tanpa dilengkapi dengan pemampat udara paksa atau turbocharger. Mesin ini disebut dengan L15B N/A (Naturally Aspirated).

Foto mesin L15B7 All New Honda CR-V 2019

Mesin 1.500 cc City terbaru kini sudah mengusung DOHC (Double Over Head Camshaft)

Karena mesin ini tanpa imbuhan turbo, tentu saja ouput mesinnya akan berbeda jika dibandingkan dengan Honda Civic Turbo, Honda CR-V Turbo dan Honda Accord Turbo. Dibanding para kakaknya tersebut, tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin L15B naturally aspirated di All New Honda City hanya 121 hp dan torsi sekitar 155 nm. Coba bandingkan dengan All New Honda CR-V Turbo yang tenaga dan torsinya lebih besar 67 hp dan torsinya membengkak 85 nm.

Gambar menunjukkan Hasil Asean NCAP All New Honda City 2020

Keselamatan Honda All New City tak main-main, dapat bintang 5 di ASEAN NCAP

Yang menarik, meski mesin ini terlihat hanya naik 2 hp dari L15 lawas, namun Honda mengklaim bahwa peningkatannya bukan ada di output dayanya, tetapi bagaimana cara mesin untuk memberikan tenaga dan torsi, yang diyakini lebih terkonsentrasi pada powerband-nya. Alhasil, meski outputnya terlihat biasa saja, Honda All New City yang pakai mesin ini bisa tetap asyik dikemudikan. Untuk lebih jelasnya, kita tunggu saja kehadiran sedan kompak ini ke Tanah Air.

>>> Penasaran dengan harga bekas Honda City? Coba lihat pilihannya di sini, sangat banyak dan beragam lho!

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top