GIIAS 2021: BMW Luncurkan M4 Competition x KITH Satu-satunya di Asia Tenggara

13/11/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
BMW Indonesia meluncurkan M4 Competition x KITH hasil kolaborasi dengan street wear asal New York. Mobil ini merupakan satu-satunya unit di Asia Tenggara.

Tak hanya berkolaborasi dalam hal fashion, kini BMW M GmbH dan Kith, brand street wear asal New York melahirkan sebuah mobil istimewa, yaitu BMW M4 Competition x KITH.

BMW M memiliki kekaguman antara pada skena streetwear yang kini bertransformasi dari fenomena budaya menjadi sikap hidup global dan membawa eksklusivitas ke arah dan segmentasi baru. Sedangkan Ronny Fieg memiliki kekaguman dengan BMW karena kenangannya bersama BMW Seri 5 E21 dan BMW M3 E30 milik sang ayah.

Gambar Ronnie Fieg

Ronnie Fieg bersama BMW M3 E30 miliknya

Keduanya pun berkolaborasi karena kekaguman satu sama lain dan akhirnya melahirkan produk-produk eksklusif yang perlente. Selain mobil ini, KITH juga menawarkan koleksi pakaian dan aksesori yang terinspirasi dari M Division yang diburu oleh para penggemar BMW dan street wear di seluruh dunia.

BMW M4 Competition ini hanya diproduksi sebanyak 150 unit di seluruh dunia. Kebetulan, salah satunya berada di Indonesia dan menjadi unit semata wayang yang ada di Asia Tenggara. Sekarang, mari kita lihat lebih detail-detail mengenai mobil ini.

>>> Review BMW M4 Competition 2021: Lebih Baik Dari M3?

Keunikan M4 Competition x KITH

Penggabungan logo adalah ciri khas dari banyak kolaborasi yang telah dilakukan Kith, tak terkecuali di M4 Competition ini. Uniknya, ini adalah pertama kalinya BMW M berani mengubah emblemnya untuk mintra kolaborasi.

Gambar Emblem BMW x KITH

Ini pertama kalinya BMW rela mengubah emblem mobil mereka

Emblem kolaborasi yang dibuat khusus untuk 150 unit mobil ini menambahkan ring tambahan di sekeliling roundel BMW dalam warna khas M Division, yaitu biru muda; biru tua; dan merah. Plus, ada detail dalam huruf cerah yang berfokus pada Kith dan penamaan dari kolaborasi ini.

Atap carbon fiber yang menjadi ciri khas mobil M kini juga dihiasi dengan tulisan ///Kith yang melintang secara horizontal. Di bagian belakang mobil, juga ada emblem ///Kith hitam dengan garis-garis BMW M yang menggantikan emblem M4 Competition.

Gambar ///KITH

Branding ///KITH di atas atap carbon fiber M4 Competition

Beralih ke interior, jok M Carbon bucket seats dibalut dengan kulit Merino berwarna hitam dengan emboss logo Kith pada bagian headrest seperti pada BMW M3 E30 milik Ronnie Fieg. Untuk mempermanis tampilan, jok tersebut diberi aksen warna biru muda dan merah yang mencolok. Logo M illuminated pada jok juga berganti dengan branding ///Kith.

Tak berhenti sampai di situ, tulisan ///Kith juga menjalar hingga ke konsol tengah. Pun dengan material kulit emboss penuh branding di bagian handrest.

>>> BMW Indonesia Hadirkan M3 dan M4 Varian Individual, Apa Spesialnya?

Gambar Interior BMW x KITH

Tampilan interior unik dengan branding KITH di berbagai sisi

Mobil ini hanya tersedia dengan warna matte Frozen Black, Frozen Dark Silver, dan Frozen Brilliant White sebagai penghormatan kepada tiga warna paling populer untuk BMW E30 M3 pada masa itu. Unit yang dipamerkan oleh BMW Indonesia sendiri mengusung warna yang pertama.

Di sisi teknis, tak ada yang berbeda dengan M4 Competition 'biasa'. Tetap menggunakan mesin berkode S58 6-silinder TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga 510 HP dan torsi 650 Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda belakang melalui transmisi M Steptronic Drivelogic 8-percepatan.

Berapa Harganya?

Gambar BMW M4 Competition x KITH

Siapakah orang beruntung yang bisa memiliki BMW x KITH ini?

BMW M4 Competition x KITH satu-satunya di Asia Tenggara ini ditawarkan dengan harga Rp 2.999.000.000 off-the-road. Sebagai perbandingan, M4 Competition standar ditawarkan dengan harga Rp 2.119.000.000. Artinya, berbeda Rp 880 juta, cukup untuk membeli sebuah BMW 320i yang dijual dengan harga Rp 799 juta off-the-road.

Tentu harga yang sepadan untuk sebuah mobil collector's item dengan unit yang sangat terbatas. Tak heran jika M4 Competition x KITH akan menjadi future classics di masa depan mengingat mobil ini adalah sebuah ikon streetwear di atas empat roda.

Kira-kira, siapa orang beruntung yang memiliki mobil ini di Indonesia ya? Melihat tren mobil M (terutama edisi terbatas) di pasar mobil bekas, mobil ini sudah pasti memiliiki nilai investasi yang menjanjikan.

>>> Tertarik Untuk Membeli BMW Bekas? Klik di Sini Untuk Menemukan Mobil Impian Anda

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top