First Drive Renault Kwid Climber AMT 2021: 'Rasa' Eropa Hanya Rp 150 Jutaan?

18/03/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
First Drive Renault Kwid Climber AMT 2021: 'Rasa' Eropa Hanya Rp 150 Jutaan?
Barangkali inilah mobil dengan merek Eropa baru berharga termurah yang pernah kami tes jalan, sebuah Renault Kwid Climber AMT 2021, seperti ini rasanya...

Dengan harga Rp 150 jutaan mungkinkah mendapatkan mobil bermerek Eropa dengan transmisi otomatis? Jawabannya adalah mungkin. Karena Anda bisa memboyong mobil Renault Kwid Climber AMT 2021 ini yang menjadi mobil Eropa termurah di Indonesia. Kami mendapatkan kesempatan dari PT Maxindo Renault Indonesia selaku agen pemegang merek Renault di Tanah Air untuk menjajal langsung mobil ini. Seperti apa rasanya? Simak ulasannya hingga tuntas.

Eksterior Berjiwa Muda

Sebelum naik ke mobil, sedikit Cintamobil.com highlight dulu eksteriornya. Kwid merupakan city car dengan pendekatan konsep SUV yang berjiwa muda. Hal itu terlihat dari cladding hitam disekujur body berpadu sempurna dengan velg berkelir two tone. Khusus trim Climber spion serta lis lampu depan dibubuhi cat dengan warna oranye agar makin funky tampilannya.

Foto Renault Kwid Climber AM/T 2021

Desain eksterior mobil ini cukup menggugah

Roof rails juga menjadi pemanis tampilan di mobil ini, sayangnya roof rails tersebut hanya pajangan semata karena tidak bisa digunakan untuk dudukan pemasangan roof box. Namun demikian tampilan mobil ini sudah lebih gagah dari rival-rivalnya seperti Suzuki Ignis dan Honda Brio RS. Oke, sekarang saatnya kita masuk ke kabin dan persiapan menjalankan mobil.

Fitur Lengkap

Begitu masuk ke dalam nafas funky tetap diteruskan ke dalam kabin dengan permainan kombinasi warna hitam dan oranye. Sayangnya saat kami duduk di kursi pengemudi Renault Kwid Climber AMT 2021 ini terasa agak keras. Demikian juga pengaturan kursinya yang terbatas hanya ada sliding saja. Beruntung headrest kursinya cukup tinggi, sehingga mampu melindungi kepala dengan proper, terutama jika terjadi tabrak belakang.

Foto panel AC Renault Kwid Climber AMT 2021

Fitur lengkap jadi nilai jual mobil ini

Fitur yang dibanggakan di mobil ini adalah infotainment system dari head unit layar sentuh berbentang layar 20,32 cm atau MediaNav, sistem ini diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya. Head unit ini sudah mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto untuk menemani Anda sepanjang perjalanan. Bahkan, sudah tersedia fitur voice command yang tidak ditawarkan oleh rival-rival di kelasnya.

>>> First Drive Renault Koleos Signature AT 2019: Perpaduan Dua Kekuatan

Konsumsi BBM Irit

Kini saatnya mencoba performanya di jalan. Getaran mesin 1.000 cc berkode SCe ini cukup terasa hingga ke kabin. Maklum saja, ia mengusung konfigurasi 3-silinder yang memang punya ciri khas vibrasi yang kuat. Transmisi AM/T yang diusung mobil ini saat bekerja juga tidak semulus transmisi matik konvensional. Tetap terasa jeda saat perpindahan gigi baik naik maupun turun yang dilakukan oleh komputer via aktuator.

Foto Renault Kwid Climber AMT 2021

Konsumsi BBM termasuk baik

Namun demikian ia mampu menunjukkan supremasinya saat pengujian konsumsi bahan bakar. Pada rute dalam kota yang pada dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, satu liter bahan bakar oktan 92 yang ditenggak mobil bermerek Perancis ini mampu membawanya sejauh 15,6 kilometer. Begitu pula dengan pengetesan BBM di rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam mendapatkan hasil 20 kilometer untuk setiap liter bahan bakarnya.

Kelemahan Renault Kwid Climber AMT 2021

Meski punya fitur lengkap dan tampilan yang trendy, tapi Renault Kwid Climber AMT 2021 ini tetap buatan manusia yang tak sempurna. Dan kami menemukan beberapa kelemahan yang terasa mengganggu ketika mobil ini digunakan sehari-hari. Menurut kami kelemahan utama mobil ini ada pada mesin dan juga transmisinya. Sebab mobil city car perlu akselerasi yang memadai di putaran bawah hingga menengah untuk mengimbangi arus lalu lintas.

Foto tuas transmisi Renault Kwid Climber AMT 2021

Transmisi kurang sigap

Tapi itu tak terjadi di mobil ini. Mesinnya seolah meronta-ronta ketika diajak berakselerasi keras. Figur torsi sebesar 91 NM juga tak begitu membantunya stop and go. Terbukti, dari hasil tes kami menggunakan alat ukur Racelogic buatan Inggris, didapat angka 18,7 detik untuk dari diam ke 100 km/jam. Hal ini disinyalir karena transmisi AMT yang diusung agak 'malas' bekerja. Sebab pada Kwid dengan transmisi manual, akselerasi mobil ini bisa di angka 13 detikan. Selain itu peredaman kabin di mobil ini juga biasa saja. 

Kesimpulan

Foto tes jalan Renault Kwid Climber AMT 2021

Tampilan dan fitur jadi kekuatan mobil ini

Bila Anda adalah penggemar fanatik mobil merek Eropa maka mobil ini cocok untuk menemani keseharian Anda. Ditunjang dengan penampilan yang keren membuat Anda selalu menjadi pusat perhatian di jalan jika mengendarai mobil ini. Meski demikian, Anda harus maklum jika akselerasi mobil ini tidak secepat rival-rival sekelasnya dan juga jaringan servisnya belum seluas kompetitornya.

>>> Mau beli Renault Kwid bekas? Cari di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top