First Drive Renault Koleos Signature AT 2019: Perpaduan Dua Kekuatan

14/12/2020

Mobil baru

7 menit

First Drive Renault Koleos Signature AT 2019: Perpaduan Dua Kekuatan
Renault Koleos Signature AT 2019 ini memadukan dua kekuatan utama, yakni kemewahan khas Eropa ditambah dengan durabilitas mobil Jepang, akan seperti apa?

Ada salah satu medium SUV (Sport Utility Vehicle) yang mungkin tidak terlalu masuk radar ketika Anda hendak mempertimbangkan membeli sebuah SUV medium bersasis monokok. Pilihan utama Anda mungkin ada di Mazda CX-5, Toyota Corolla Cross, Nissan X-Trail, atau bahkan Honda CR-V Turbo yang menjadi the best in it class. Tapi tahukah Anda jika Renault Koleos Signature AT 2019 ini ternyata juga layak untuk Anda pertimbangkan?

Sentuhan Kemewahan Eropa

Foto tampilan depan Renault Koleos Signature AT 2019

Headlamp sudah LED dan bisa naik-turun secara otomatis

Walaupun berbasis dari Nissan X-Trail T32, namun untuk desain eksterior mobil ini terlihat jauh lebih mewah dibandingkan SUV medium yang menjadi basisnya itu. Tampilan depan dihiasi dengan penggunaan aksen C shape LED (Light Emitting Diode) with daytime running light yang jadi ciri khas tampilan depan mobil ini. Ketika menyala lampu ini akan membentuk huruf C yang apik dan terlihat mewah.

Foto stoplamp Renault Koleos Signature AT 2019

Stoplamp belakang nampak cantik

Lanjut ke bagian samping dan buritan, pada tampilan samping penggunaan velg two tone berukuran 18 inch dibalut ban dengan tapak lebar 225 mm serta aspect ratio 60 mm bikin proporsi mobil ini terlihat baik untuk dilihat. Sama sekali tak tersisa bentuk X-Trail T32 yang menjadi basisnya. Pada bagian belakang, desain stoplamp membentang panjang dan pipih membuat kesan dinamis. O ya bohlam yang dipakai sudah berjenis LED dan akan menyala dengan terang dan cepat.

Kabin Lebih Hening

Foto audio R-Link 2 Samsung di Renault Koleos Signature AT 2019

Layar infotaiment besar jadi ciri khas Koleos sejak 2017

Masuk ke bagian kabin, Anda akan disambut dengan layout interior yang terlihat dan terasa mewah. Kami jamin Anda akan takjub dengan desain serta kualitas buatannya. Layar R-Link 2 buatan Samsung mendominasi tampilan layout dasbornya. Jika Anda menganggap Wuling Almaz adalah pionir menggunakan sistem audio seperti ini, maka Anda salah. Sejak tahun 2017 Renault Koleos sudah menggunakannya. Selain itu kualitas buatannnya juga baik dengan banyak material empuk.

Foto kursi depan Renault Koleos Signature AT 2019

Kursi nyaman diduduki

Duduk di kursi pengemudi juga terasa nyaman berkat pengaturan kursi elektris ke delapan arahnya. Serta rancang bangun kursi depan ini dilakukan bersama lembaga antariksa Amerika yakni NASA sama dengan X-Trail T32, kursi ini diklaim lebih ergonomis dan mengurangi fatique alias kelelahan dalam berkendara, dan klaim tersebut sudah kami buktikan di tahun 2014 saat mengetes jalan Nissan X-Trail 2.5.

Foto interior Renault Koleos Signature AT 2019

Kekedapan kabin salah satu yang terbaik di kelasnya

Namun yang mencengangkan adalah kekedapan kabinnya, ketika pintu ditutup Anda seolah terisolir dari dunia luar. Hal itu dimungkinkan karena pada pintu dan pilar dibuat rongga hampa udara yang diklaim Renault Indonesia berfungsi untuk menambah kekedapan kabin. Coba Anda buktikan sendiri, suara sepeda motor, suara truk yang keras, bahkan suara mesin mampu teredam sempurna di kabin Renault Koleos Signature AT 2019 ini.

Foto layout dashboard Renault Koleos AT 2019

Tak terasa lagi bawaan X-Trail T32

Tak hanya duduk di kabin depan, kami juga mencoba duduk di baris kedua. Mobil ini enak digunakan bersama jasa pengemudi. Sebab kursi belakangnya terasa empuk, headroom serta legroomnya luas dan bisa diatur kerebahannya. Dikombinasikan dengan kekedapan kabin superior serta bantingan suspensi yang lembut, maka mobil ini akan membuai Anda saat di perjalanan.

>>> Begini rasanya Renault Triber bertransmisi otomatis

Mesin Bertenaga Tapi...

Foto mesin QR25DE Renault-Nissan

Mesin terasa cukup bertenaga

Dari sisi durabilitas ia menyandang kekuatan tinggi khas mobil Jepang Renault Koleos Signature AT 2020 ini pakai mesin QR25DE yang mana pada Nissan X-Trail sudah tidak perlu diragukan durabilitasnya selama perawatannya benar. Mesin ini punya karakter overstroke dimana langkah piston lebih panjang dari diameter pistonnya. Efeknya torsi diputaran bawah sangat mumpuni. Mesin 4-silinder ini dipadukan dengan transmisi XTRONIC CVT yang halus menyalurkan tenaganya ke dua roda depan.

Foto first drive Renault Koleos Signature AT 2019

Respon pedal gas Nissan yang terasa terlalu ringan sudah diperbaiki di Koleos

Apalagi mesin naturally aspirated alias tanpa injeksi udara paksa ke mesin ini punya karakter tenaga yang rata. Satu hal yang patut diapresiasi pada mobil ini adalah karakter pedal gas mobil Nissan yang sudah menganut sistem drive by wire alias tanpa kabel gas sudah tidak terlalu ringan. Biasanya, dengan hanya sedikit injakan pedal gas mobil langsung berlari, tapi di Renault Koleos Signature 2019 ini dibuat lebih smooth. Sehingga, jika Anda menggunakan jasa pengemudi, Anda lebih dapat menikmati mobil ini dari bangku belakangnya yang juga nyaman diduduki.

Foto tim Cintamobil.com sedang test drive Renault Koleos Signature AT 2019

Pengendalian cukup baik

Namun tetap saja, mesin ini kalah kencang dan hemat bila dibandingkan mesin L15B7 yang diusung Honda CR-V Turbo. Dari sisi tenaga misalnya, jagoan Honda tersebut lebih unggul dengan 190 PS atau sekitar 188,5 HP, sementara pada Koleos ini harus puas di 169 HP. Tapi saat bicara torsi mesin Renault Koleos ini lebih unggul dengan 266 NM, sementara Honda CR-V punya lontaran torsi 240 NM. Kendati demikian, saat dicoba dijalan respon mesin dan kehematan Honda CR-V Turbo jauh lebih baik dibandingkan merek Perancis ini. Handling? Ya jelas unggul Honda.

Kesimpulan

Foto Renault Koleos Signature AT 2019

Mobil ini layak untuk Anda pertimbangkan

Renault Koleos Signature AT 2019 ini sukses 'memberi' Tuksedo pada mobil yang menjadi basisnya yakni Nissan X-Trail. Perpaduan dua kekuatan antara durabilitas tinggi khas mobil Jepang ditambah kemewahan absolut khas mobil Eropa membuat Koleos seolah punya kelasnya tersendiri. Pekerjaan Rumah terbesar Maxindo Renault Indonesia adalah menyiapkan jaringan dealer yang harus makin tersebar di Indonesia. Mobil ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari SUV yang enak dikemudikan sehari-hari, sekaligus disopiri.

>>> Mau beli Renault Koleos bekas? Klik di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top