First Drive BMW 320i Dynamic 2021: Kedinamisan Sedan Termurah BMW

24/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Seperti biasa, tester tim Cintamobil.com langsung lompat ke bangku pengemudi BMW 320i Dynamic 2021 untuk merasakan kedinamisan sedan paling terjangkau BMW ini

Guna lebih menancapkan kuku dan mempertajam penjualan sedan kompak mewah mereka di Tanah Air, BMW Indonesia meluncurkan trim terbaru dari BMW seri 3 yakni trim Dynamic. BMW 320i Dynamic 2021 ini menggantikan tipe sebelumnya yakni trim Sport.

Launching BMW 320i Dynamic 2021

Model 320i Dynamic 2021 jadi sedan kompak paling terjangkau dari BMW

Meskipun didaulat sebagai sedan paling terjangkau BMW yang di jual di Indonesia, namun mereka mengklaim keasyikan mengemudi dari mobil ini tak akan tetap menghibur seperti halnya mobil-mobil racikan pabrikan Jerman tersebut. Benarkah demikian?

Ubahan Ringan Di Eksterior

Seperti biasa, sebelum membahas tuntas mengenai impresi mengemudi mobil ini, alangkah baiknya kita tengok dulu eksterior mobil ini. Dari bagian eksterior terlihat ada beberapa ubahan yang langsung bisa dilihat oleh mata.

Eksterior belakang BMW 320i Dynamic 2021

Tak ada ubahan di bagian buritan BMW 320i Dynamic 2021 ini

Salah satunya adalah desain velgnya yang mengalami ubahan. Bila sebelumnya di tipe Sport, 320i mengusung velg 18 inci light alloy wheels model V-Spoke 780 yang mengusung warna dual tone. Kini trim Dynamic pakai velg 17 inci light alloy wheels V-Spoke style 775 dengan warna Bicolour Orbit Grey Burnished.

Eksterior samping BMW 320i Dynamic 2021

BMW 320i Dynamic 2021 dapat ubahan ringan di tampilan sampingnya

Tapi Anda jangan khawatir, ban yang dipakai masih anti kempis alias Run Flat Tire racikan Bridgestone maupun Michelin (ban Michelin adalah yang bekerja sama dengan BMW Indonesia saat sesi BMW Driving Experience ini). Untuk bagian eksterior samping, kini terdapat aksen M Black Highloss Shadowline pada cover spion hingga lekuk Hofmeister kink yang jadi ciri khas BMW.

Eksterior depan BMW 320i Dynamic 2021

BMW seri 3 berkode bodi G20 ini terlihat dinamis, bahkan saat masih diam

Sedangkan untuk bagian depannya masih tak ada ubahan. Headlamp tetap usung BMW LED Headlights yang pancaran sinarnya terang dan membantu visibilitas saat malam hari. Ia pun tetap menjadi salah satu sedan BMW yang paling aerodinamis dengan nilai hambatan koefisien serendah 0,23. 

Bagaimana Kedinamisannya?

Baiklah, langsung saja kita coba. Sebagai catatan, kami hanya diizinkan mencoba sedan kompak ini oleh BMW Indonesia di event mereka yakni BMW Group Driving Experience 2021 yang berlangsung di Mall Senayan Park dari tanggal 22 hingga 24 Oktober 2021.

>>> Bukan Sekadar Mobil, BMW M Bisa Jadi Investasi Buat Para Sultan

Oleh karena keterbatasan waktu dan lokasi maka kami tak bisa melakukan pengambilan data lengkap seperti yang biasa tim Cintamobil.com lakukan saat melakukan pengetesan mobil baru. Tapi tenang, kalau mobil tes sudah ada atau dalam waktu dekat kami ada rezeki untuk beli mobilnya, kami akan tes lengkap untuk Anda. He..he..

Trek BMW Driving Dynamic di Senayan Park

Ini dia rute BMW Dynamic Driving yang dirancang instrukur mengemudi BMW

Kendati pengetesan terbatas, kami tetap bisa menceritakannya untuk Anda. Secara umum kelincahannya tetap sama seperti trim sebelumnya yakni Sport. Rasa setirnya direct, feedback setir ke jalan amat baik karena permukaan jalan seperti apapun dapat terasa dari lingkar kemudinya yang berbalut kulit.

>>> Lebih Dekat Dengan BMW 320i Dynamic 2021, Sedan Paling Terjangkau BMW

Hal itu makin terasa nikmat karena posisi duduk pengemudi di mobil ini sempurna. Kursinya bisa diatur secara elektris naik-turun dan maju-mundurnya, demikian pula dengan lingkar kemudinya yang jangkauan (telescopic)-nya jauh sehingga pengemudi lebih mudah menemukan posisi duduk yang ideal.

BMW 320i Dynamic 2021 X Michelin

Performa BMW 320i Dynamic kami buktikan di trek ini

Akselerasi dari mesin empat-silinder 2.000 cc berkode B48 ini cukup kuat, meski tidak sebrutal varain 330i yang output tenaga dan torsinya lebih besar. Dengan berpenggerak roda belakang dikombinasi dengan distribusi bobot 50:50 membuat handling mobil ini begitu fun to drive.

>>> Ingin beli BMW seri 3 bekas? Coba lirik di sini

Saat di trek dynamic driving, mobil kami gas pol dari start lalu di akhir trek lurus kami sedikit 'colek' pedal rem sembari putar setir ke kanan, mobil pun 'nurut' tanpa ada drama seperti melintir maupun kehilangan kontrol. Begitu pula saat rute zig-zag, memang terdengar decitan ban, namun semua masih Under Control. Tapi Anda musti ingat, fitur kontrol kestabilan dan kontrol traksi harus tetap aktif ya... 

Bantingan Suspensi Berpotensi Lebih Empuk

Meski handlingnya tidak lebih tajam dari trim Sport yang mengusung velg 18 inci dengan profil ban lebih 'tipis', namun penggunaan velg yang lebih kecil 1 inci membuat ban yang dipakai profilnya bisa lebih tebal sehingga berpotensi membuat bantingan suspensi lebih empuk.

BMW 320i Dynamic 2021

Profil ban lebih 'tebal' sumbang kenyamanan optimal

Hal ini penting, setidaknya hal ini sesuai seperti yang dikatakan oleh Anindyanto Dwikumoro selaku Product Planning BMW Indonesia. Bahwa pengguna mobil ini bukan hanya untuk eksekutif muda maupun pengusaha yang doyan nyetir. Tetapi juga para eksekutif yang senang duduk di kursi belakang dan pakai jasa supir pribadi.

Kekurangan BMW 320i Dynamic 2021

Kendati mobil Jerman terkenal dengan istilah German Engineering Never Lies, tapi tetap saja ada hal-hal yang menurut tim Cintamobil.com perlu diperbaiki atau hanya sekadar perlu untuk ditambahkan.

Interior BMW 320i Dynamic

Ada sedikit kekurangan BMW 320i Dynamic ini yang terasa mengganggu

Absennya fitur Cruise Control membuat sedan dengan harga on-the-road Rp 899,000,000,- ini kurang unggul dari rivalnya yakni Mercedes-Benz C200 AMG Line Final Edition yang sudah ada fitur ini. Lantas, latar speedometer dari BMW Live Cockpit Professional juga tidak bisa diganti-ganti lebih banyak dari rivalnya itu.

Kesimpulan

Bila Anda punya uang kurang dari Rp 1 miliar dan ingin membeli sebuah sedan BMW yang paling murah dalam keadaan baru, maka BMW 320i Dynamic 2021 ini layak untuk Anda bawa pulang ke rumah Anda. Tampilannya cantik, handling memukau, dan kenyamanannya masih jadi yang terbaik dibanding rivalnya sesama Jerman.

BMW 320i Dynamic 2021

320i Dynamic jadi sedan termurah yang dijual BMW dalam keadaan baru

Apalagi setiap pembelian unit kendaraan BMW ini sudah dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Bikin ringan operational cost bukan?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top