Cara Kerja Transmisi D-CVT Daihatsu, Simpel Tapi Punya Efek Besar

20/07/2022

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Cara Kerja Transmisi D-CVT Daihatsu, Simpel Tapi Punya Efek Besar
Transmisi D-CVT milik Daihatsu punya cara kerja yang simpel, mudah dipahami namun memiliki efek besar dalam hal kehematan bahan bakar dan juga akselerasi mobil.

Transmisi D-CVT adalah merupakan akronim dari Dual Mode Continuously Variable Transmission. Tipe ini adalah transmisi terbaru dari Daihatsu. Transmisi jenis ini pertama kali hadir di Indonesia melalui Daihatsu Rocky pada tahun 2019 atau 2020 di Indonesia.

Tuas transmisi D-CVT mobil Daihatsu All New Xenia

Transmisi ini termasuk teknologi baru Daihatsu

Produk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selanjutnya yang memakai teknologi transmisi D-CVT adalah Daihatsu Xenia (2021) dan Daihatsu Sirion (2022). Lalu sebenarnya bagaimana sih cara kerja transmisi D-CVT ini?

>>> Begini Tips & Trik Agar Transmisi D-CVT Daihatsu Kian Awet

Cara Kerja Simpel & Mudah Dipahami

"D-CVT itu seperti CVT konvensional lainnya tetap pakai belt baja, bedanya transmisi ini punya split gear yang bekerja pada saat kecepatan tinggi," tukas Ichsan Ady Permana, selaku Staf Instruktur Technical Training Center PT ADM kepada Cintamobil.com.

Jadi pada intinya, sama seperti transmisi CVT lainnya, D-CVT juga menggunakan sepasang puli yang terdiri dari puli primer dan puli sekunder. Kedua buah puli ini dihubungkan oleh sebuah sabuk baja sebagai penggeraknya.

Transmisi D-CVT Daihatsu Rocky

Tetap pakai belt dan dibantu split gear

Kedua sisi masing-masing puli ini dapat bergerak ke kanan atau ke kiri sehingga lebar kedua puli bisa berubah, dalam hal ini melebar atau menyempit sehingga berpengaruh pada rasio pulinya.

Nah, ubahan tersebut otomatis mengubah diameter sabuk di kedua puli dan rasio gigi yang dipakai. Pada transmisi D-CVT, perpindahan gigi menggunakan puli dan sabuk baja ini terjadi dari mulai mobil dalam keadaan diam hingga ke kecepatan rendah dan menengah (di bawah 60 km/jam).

Oli transmisi D-CVT Daihatsu

Jangan sampai salah isi oli ya, harus CVTF bukan ATF Dexron III

"Baru pada kecepatan 60 km/jam ke atas yang giliran bekerja adalah sistem split gear," lanjut Ichsan sapaan akrab Ichsan Ady Permana di Daihatsu Training Center Sunter, Jakarta Utara kemarin (19/7). Tujuan penggunaan split gears ini agar distribusi energi yang terjadi lebih efisien dan power loss lebih sedikit.

Hasilnya baik akselerasi maupun konsumsi bahan bakar mobil pengguna transmisi ini bisa lebih efisien tanpa kehilangan tenaganya. Jadi itu dia cara kerja teknologi D-CVT yang saat ini di Indonesia dipakai di Daihatsu All New Xenia, Daihatsu Rocky, dan Daihatsu New Sirion.

>>> Akselerasi Hyundai CRETA Manual Lebih Pelan Dari Toyota Raize CVT, Why?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur
 
back to top