Bukan Agya, City Car Bergaya Crossover Toyota Aygo X Dirilis di Eropa

06/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Aygo X 2022 yang siap menjadi andalan city car Toyota di Eropa mendapatkan perkenalan pertama dengan model asli akan meluncur di Benua Biru tahun depan.

Jika Indonesia memiliki Toyota Agya, Toyota di Eropa menghadirkan Toyota Aygo X 2022 dari kolaborasi mereka dengan PSA Group. Setelah diperkenalkan pada tahun 2005, mobil ini mendapatkan ubahan pada tahun 2014. Dan di generasi ketiga Aygo X, city car mungil ini menerima ubahan radikal sejak tak lagi dikembangkan Bersama Citroen dan Peugeot.

Hatchback bergaya SUV

Meski tak lagi bekerja sama dengan PSA Group, mobil versi konsep Toyota Aygo X Prologue ini dirancang di Prancis. Sedang versi produksi dikembangkan di Belgia. Desainer Toyota mentransfer desain konsep ke model produksi dengan memperhalus beberapa detail kendaraan.

mobil baru Toyota Aygo X 2022 berwarna hitam
Tampilan luarnya semakin dekat dengan Toyota Yaris

Dibandingkan dua generasi sebelumnya, all-new Aygo X menggunakan sasis GA-B milik Toyota yang juga dipakai oleh Toyota Yaris dan Yaris Cross. Dibuat sebagai mobil terkecil Toyota dengan Panjang 3,7 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,5 meter. Panjang wheelbase tercatat 2,4 meter dan bobot hanya 940 kg.

Bagian luarnya tak begitu jauh berbeda dibandingkan model konsep. Gaya SUV yang maskulin terasa dari grille yang besar, body berkelir dual tone, dan velg berukuran 17 inci atau 18 yang mampu meningkatkan ground clearance 11 mm dibandingkan model sebelumnya.

tampilan bagian atas Toyota Aygo X 2022
Ada atap dari kanvas yang bisa dibuka

Selain itu, revisi pada desain lampu depan dipertajam dengan teknologi LED. Menariknya, Aygo X memiliki atap kanvas yang bisa dibuka, menawarkan rasa berkendara layaknya mobil mewah meski dibanderol sebagai mobil termurah Toyota di Eropa.

>>> 10 Alasan Melirik Toyota New Agya GR Sport 2021 Sebagai Mobil Pertama

Lebih stylish di dalam

Gaya interior Toyota Aygo X menerima ubahan gaya yang lebih stylish, menyasar segmen demografi yang lebih muda, dilengkapi sentuhan warna yang serasi dengan eksterior. Kursi pengemudi lebih tinggi 55 mm dibandingkan model sebelumnya, menawarkan peningkatan visibilitas ketika berkendara.

interior Toyota Aygo X berwarna hitam dan merah
Bagian interior membawa desain yang stylish

Sistem hiburan di dalam kabin fokus pada layer sentuh 9 inci yang terintegrasi dengan Toyota Smart Connect serta konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Fitur lainnya termasuk kemudi palang tiga dengan tombol multifungsi, ambient light, pengisian daya nirkabel, dan sistem audio empat speaker dari JBL dengan amplifier 300 W dan subwoofer 200 mm di bagasi belakang.

Dari segi keamanan, semua varian Aygo X hadir dengan standar Toyota Safety Sense yang menggabungkan sensor kamera dan rada gelombang milimeter. Mobil ini juga mendapatkan sistem ADAS yang mencakup Pre-Collision System (PCS) with vehicle detection, day and night Pedestrian Detection, Intelligent Adaptive Cruise Control, Lane Trace Assist and Emergency Steering Assist.

>>> Varian Lengkap Hatchback Sporty Toyota New Agya

Fokus pada efisiensi

Spesifikasi teknis menerima perubahan signifikan untuk mengikuti rencana pembatasan emisi yang diberlakukan di Eropa. Aygo X ditawarkan dengan opsi mesin bensin 3-silinder 12 katup demi buangan emisi yang lebih baik. Menghasilkan 72 PS dan torsi 93 Nm, bersanding pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis S-CVT ke gandar depan.

setir Toyota Aygo X berwarna hitam
Aygo 2022 difokuskan pada efisiensi berkendara

City car ini tak terlalu fokus pada kinerja. Tapi setidaknya mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 15,6 detik untuk transmisi manual dan 15,5 detik pada transmisi otomatis. Girboks manual menawarkan kecepatan tertinggi yang lebih baik, yaitu 158 km/jam, dibandingkan 151 km/jam pada transmisi otomatis.

Harga Toyota Aygo X masih belum diumumkan. Kemungkinan besar akan terungkap lebih jelas ketika mobil ini meluncur ke pasar Eropa pada 2022 mendatang. Toyota telah mengambil alih kepemilikan penuh atas pabrik di Republik Ceko yang dulu menelurkan model Peugeot dan Citroen untuk memproduksi mobil ini.

>>> Tertarik membeli Toyota Agya terbaru? Simak harga dan promo menariknya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top