Begini Cara Electric Vehicle Nissan Membantu Masyarakat Bangkit Pasca Bencana

28/10/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Begini Cara Electric Vehicle Nissan Membantu Masyarakat Bangkit Pasca Bencana
Bencana alam memang tidak bisa dihindari, karena itu adalah kehendakNya. Yang dapat dilakukan manusia adalah membantu yang terkena dampak bencana. Begini cara Electric Vehicle Nissan membantu masyarakat bangkit pasca bencana.

Ketika Nissan LEAF pertama kali dijual pada tahun 2010, salah satu kekhawatiran utama tentang mobil listrik adalah di mana pengisian daya akan dilakukan. Saat ini, stasiun pengisi daya jauh sudah lebih banyak tersedia, kapasitas baterai telah meningkat dan jangkauan kendaraan listrik telah sangat diperluas. Saat ini pertanyaan tentang Electric Vehicle bukan lagi "Di mana mereka bisa mendapatkan daya," melainkan "Ke mana mereka bisa pergi untuk memberikan daya?"

>>> Ternyata begini rasa enaknya mobil listrik keluaran Nissan

Gambar menunjukkan Ryusuke Hayashi, manajer senior operasi EV di Nissan

Ryusuke Hayashi, manajer senior operasi EV di Nissan

"Kurang dari tiga bulan setelah generasi pertama Nissan LEAF diluncurkan, pantai timur laut Jepang dilanda gempa bumi dan tsunami pada Maret 2011," kata Ryusuke Hayashi, manajer senior operasi EV di Nissan. "Sejumlah 4,8 juta rumah tangga kehilangan listrik, dan Nissan menyediakan 66 mobil Nissan LEAF untuk daerah yang dilanda bencana."

>>> Ini dia purwarupa SUV listrik andalan Nissan

Gambar menunjukkan Nissan Leaf sedang di charge

Nissan LEAF terbaru dapat memberi daya pada bangunan melalui perangkat vehicle-to-building

"Para profesional medis di pusat evakuasi adalah orang pertama yang mendekati kami tentang kemungkinan menggunakan kendaraan ini sebagai baterai cadangan untuk pemanasan dan keperluan lainnya cuaca masih dingin di sana pada bulan Maret. Pengalaman itu memicu Nissan untuk mempercepat pengembangan teknologi yang memungkinkan Electric Vehicle Nissan untuk berbagi energi yang tersimpan dalam baterai mereka dengan rumah, bangunan, dan masyarakat."

>>> Apakah Nissan Leaf siap dijual di Indonesia? Ini jawaban Nissan

Gambar menunjukkan mobil Nissan Leaf 2019

Nissan Leaf dapat menjadi penyelamat kala terjadi bencana

Dengan pembangkit listrik portabel, Nissan LEAF e + generasi terbaru dengan baterai 62-kilowatt hour yang terisi penuh dapat menyediakan listrik yang cukup untuk memberi daya pada rumah Jepang rata-rata selama empat hari. Atau, bisa mengisi daya 6.200 smartphone, atau bahkan menyalakan lebih dari 100 perjalanan pulang-pergi lift di gedung apartemen 43 lantai.

>>> Mau beli mobil bekas merek Nissan? Cari di sini

Gambar menunjukkan Test drive Nissan Leaf 2019

Selain dapat jadi penyelamat kala bencana, performa Nissan Leaf juga cukup mengesankan

Keuntungan lain dari EV setelah bencana alam adalah bahwa listrik biasanya dipulihkan sebelum pasokan bensin kembali normal. Menurut Badan Sumber Daya Alam dan Energi Jepang, 90% dari jaringan listrik Jepang dipulihkan dalam waktu seminggu setelah bencana Maret 2011, sementara hanya 50% dari pompa bensin dibuka kembali.

>>> Ada promo apa saja merek Nissan? Lihat di sini jika ingin mendapatkan penawaran yang menggiurkan

Gambar menunjukkan jajaran manajemen PT Nissan Motor Indonesia

Bukan tidak mungkin mobil penyelamat bencana ini dapat dibeli di Indonesia tahun depan

EVs kembali menunjukkan potensi mereka setelah Topan Faxai September 2019 baru-baru ini yang menyebabkan pemadaman besar-besaran di Chiba, Jepang dan daerah sekitarnya. Lebih dari 340.000 rumah tangga di Chiba tidak mendapatkan pasokan listrik selama lebih dari tiga hari dalam cuaca lembab. Nissan mengirim LEAF ke pusat-pusat komunitas setempat dan memungkinkan penduduk menggunakan baterai EV untuk kipas angin, lemari es, freezer, penerangan dan telepon pintar.

>>> Berita otomotif terlengkap bisa Anda lihat di Cintamobil.com

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Tokyo Motor Show 2019: Tampilkan 14 Model, Nissan Ariya Gunakan Bahasa Desain Baru Nissan

23/10/2019

Event - Promosi

2 menit

Selain menampilkan 14 model, Nissan menggunakan Tokyo Motor Show 2019 untuk menyajikan sepasang konsep yang menunjukan bahasa desain baru, Timeless Japanese Futurism melalui Nissan IMk dan Nissan Ariya.

Lihat juga

Modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec, Mengenang Masa Kecil

18/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec milik pria asal Australia ini cukup menarik. Karena semuanya menggunakan part Jepang dimana ia dahulu semasa kecil begitu mengaguminya.

Lihat juga

Cintamobil TV: Nissan March 1.2 AT 2017, Nyaman dan Lebih Murah dari LCGC

17/10/2019

Jual beli

3 menit

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) memang disukai karena harganya yang murah. Tetapi, apakah Anda ingin membeli mobil bekas dengan harga yang lebih murah dari mobil LCGC? Jika ya, Nissan March 1.2 AT 2017 bisa menjadi pilihan Anda.

Lihat juga

Harga Low MPV Oktober 2019, Nissan Livina Jadi Model Termahal

09/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Seperti halnya model city car, beberapa model segmen low MPV juga mengalami kenaikan harga akibat naiknya tarif BBN-KB dari sebelumnya 10% menjadi 12,5%. Dan Nissan Livina kini jadi low MPV termahal di Indonesia,

Lihat juga

Inilah Nissan GT-R Terkencang Di Dunia Dengan 3.000 Hp Khusus Buat Drag Race

07/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Sengitnya persaingan di ajang drag race, membaut tuner kelas dunia berlomba-lomba membangun mobil kompetitif untuk turun di berbagai kelas. Salah satunya adalah tuner ETS yang membangun Nissan GT-R untuk kelas Pro Mod dengan tenaga yang dua kali lipat lebih besar dari Bugatti Chiron ini.

Lihat juga