Aston Martin Victor, Sportscar Bermesin V12 Dengan Girboks Manual

12/09/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Aston Martin Victor, Sportscar Bermesin V12 Dengan Girboks Manual
Hadir sebagai mobil edisi sangat spesial buatan divisi Q, Aston Martin Victor adalah sebuah sportscar V12 manual super kencang dengan styling ala Vantage retro.

Aston Martin Victor tidak dijual massal, supercar satu ini dibuat khusus oleh divisi Q Aston yang membuat mobil sesuai dengan kemauan pelanggan. Maka tak heran jika mobil ini cuma ada satu di dunia, iya cuma satu.

>>> Rayakan film ke-25 James Bond, Aston Martin hadirkan dua mobil 007 Edition

Plakat Aston Martin Vector

Mobil ini memang tidak ada duanya

Mengambil inspirasi dari V8 Vantage di era 1970 dan 80-an, nama supercar satu ini terinspirasi sosok legendaris di Aston Martin, Victor Gauntlett, yang menjadi Executive Chairman Aston dalam kurun 1980 sampai 1991.

Selama 11 tahun tersebut, Gauntlet berhasil mengembalikan Aston Martin ke layar lebar lewat film James Bond berjudul The Living Daylights tahun 1987 dengan V8 Vantage menjadi ‘bintang’ di sana.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Tampilan ala Vantage, downforce setara mobil balap

Dibangun dari sasis carbon fiber monokok dari model One-77, Aston Martin Victor hadir dengan panel body ala Vantage retro yang dibuat menggunakan metode CFD (Computational Fluid Dynamics) yang menawarkan downforce selevel mobil balap.

Tampilan depan Aston Martin Victor

Tampilan belakang Aston Martin Victor

Victor memiliki level downforce yang lebih baik dibandingkan mobil balap GT4

Ucapan tersebut bukanlah isapan jempol belaka, Aston Martin Victor bisa menghasilkan downforce sebesar 842 Nm di kecepatan 160 km/jam, jauh lebih besar 300 Nm dibandingkan mobil balap Vantage GT4.

Seperti V8 Vantage klasik, Victor hadir dengan desain wajah cekung dengan splitter yang agresif dan desain belakang mengotak dan spoiler ducktail. Tampilan gril depannya sangat mengotak dengan dua buah lampu bulat yang terlihat retro.  Eksterior mobil diberi warna Pentland Green, yang sepintas sama dengan Buckinghamshire Green yang merupakan warna asli mobil.

>>> Informasi model mobil baru yang meluncur tahun 2020 bisa Anda lihat di sini

Mobil manual terkencang dari Aston

Masuk ke dalam, dasbor dan kursi mobil didominasi material kulit premium dengan warna Forest Green yang dipadukan dengan warna Conker Bridge, sedang langit-langit dan panel pintu memakai material cashmere. 

Kursi Aston Martin Victor

Setir Aston Martin Victor

Detail interior Victor, yang hadir dengan transmisi manual

Kayu walnut dipakai sebagai gear knob dan cabin trim, sedang model setirnya sama seperti kepunyaan Vulcan, yang terlihat seperti kemudi F1. Tidak cuma model setir, kaki-kaki Victor juga ditransfer langsung dari Vulcan. Mulai dari inboard springs, dampers, centre-locking hubs, sampai sistem pengereman carbon ceramic six-piston dari Brembo.

Mobil yang cuma ada satu di seluruh dunia ini memakai mesin V12 7.3L yang menghasilkan tenaga 840 HP dan torsi 821 Nm. Tenaga mobil disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan. Alhasil, Victor adalah sportscar manual paling kencang yang pernah dibuat Aston Martin sampai saat ini.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Aston Martin Valhalla dan Land Rover di Trailer No Time to Die Kedua

05/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Setelah lama tanpa kabar, info tentang penayangan film terbaru James Bond yang dibintangi Daniel Craig akhirnya dipastikan pada trailer No Time to Die terbaru.

Lihat juga

Rayakan Film ke-25 James Bond, Aston Martin Perkenalkan 007 Edition

18/08/2020

Mobil baru

5 menit

Jelang peluncuran film ke-25 James Bond akhir tahun ini, Aston Martin memperkenalkan edisi khusus 007 Edition dengan Vantage dan DBS Superleggera mendapatkan sentuhan ala film agen Inggris tersebut.

Lihat juga

Akhirnya, Aston Martin DBX Mulai Diproduksi

10/07/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah lima tahun proses pengembangan, akhirnya unit pertama SUV DBX resmi diproduksi di pabrik baru St Athan, Wales, dan akan jadi titik kebangkitan Aston Martin dari krisis.

Lihat juga

Setelah 50 Tahun, Edisi Terbatas Aston Martin DB5 Kembali Diproduksi

08/07/2020

Pasar mobil

2 menit

Setelah lebih dari 50 tahun, Aston Martin DB5 kembali diproduksi lengkap dengan ‘peralatan tempur’ replika yang terlihat pada film Goldfinger dari James Bond.

Lihat juga

Kedatangan Investor Baru, Aston Martin Ingin Seperti Ferrari

09/04/2020

Pasar mobil

5 menit

Mendapatkan suntikan dana sebanyak $244 m dari Lawrence Stroll, yang kini menjabat sebagai Chairman baru. Aston Martin berniat untuk mengubah proses bisnisnya menjadi seperti Ferrari.

Lihat juga