All New Suzuki Karimun Butuh Modal Ini Biar Bisa Laris Di Indonesia

15/06/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
All New Suzuki Karimun Butuh Modal Ini Biar Bisa Laris Di Indonesia
PT Suzuki Indomobil Sales disinyalir saat ini sedang mengembangkan Karimun terbaru, tapi All New Suzuki Karimun harus punya 5 poin ini agar laris di Indonesia

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ini disinyalir sedang giat untuk mengembangkan Karimun generasi paling baru. Meski demikian, menurut kami tim Cintamobil.com All New Suzuki Karimun harus punya 5 poin ini agar laris di Indonesia.

Hal ini perlu dilakukan, agar PT SIS kembali mendulang penjualan yang spektakuler dan digemari seperti Karimun generasi pertama. Inilah kelima poin yang harus dipenuhi Suzuki All New Karimun agar diterima pasar mobil Indonesia.

Gambar menunjukkan Suzuki WagonR generasi keenam

Akankah Karimun bercita rasa Indonesia ini memenuhi ekspektasi pecinta city car?

1. Bentuk Stylish Tapi Tidak Menghilangkan Karakter

Foto tampilan samping Suzuki Karimun GX 2005

Bentuk mengkotak Karimun sebaiknya tetap dipertahankan

Berbeda dengan lawan-lawannya yang melakukan pendekatan sebagai hatchback kecil, Suzuki Karimun sejak awal hadir di Indonesia menggunakan pendekatan desain model mini MPV (Multi Purpose Vehicle). Tak heran desainnya boxy nan kaku, namun desain mengkotak ini ternyata memiliki kelebihan tersendiri yakni berdampak positif terhadap keluasan kabin, dan PT SIS menerapkan ini tahun 2013 di Karimun Wagon R, baiknya ciri khas ini tetap dipertahankan.

2. Fitur Lengkap

Gambar menunjukkan layout dashboard Suzuki WagonR

Biarpun kecil fiturnya harus lengkap

Mini tapi maksi, itulah yang diharapkan terhadap All New Suzuki Karimun. Meskipun terlahir sebagai mobil dengan dimensi ultra ringkas, tapi fitur yang nantinya disajikan Karimun terbaru ini harus tetap lengkap agar menambah value-nya. Hanya saja, PT SIS harus berhati-hati agar tidak lantas menyinggung kakaknya yakni Suzuki Ignis, sebab Ignis juga terlahir sebagai mobil kompak yang memiliki fitur lengkap.

3. Kabin Luas

Gambar menunjukkan interior Suzuki WagonR 2017

Sebaiknya kursi belakang mampu terlipat rata dan bisa terlipat 50:50

Lahir dengan dimensi kompak, bukan berarti kabinnya sempit. Kami dari tim Cintamobil.com percaya tim riset dan pengembangan produk PT SIS mampu mendesain dengan baik Suzuki Karimun generasi terbaru ini nantinya agar tetap memiliki kabin luas. Ada baiknya kursi belakang dapat terlipat secara rata dan memiliki pilihan pengaturan pelipatan 50:50 demi menambah kepraktisan kabinnya.

4. Mudah & Murah Perawatan

Gambar menunjukkan mesin K10B

Mesin K10B kemungkinan akan dipertahankan

Di beberapa produk Suzuki seperti Suzuki Carry, terkenal akan stereotip sebagai produk yang tahan banting, irit BBM, serta mudah nan murah dalam perawatan. Sebaiknya Suzuki All New Karimun tetap mengusung persepsi tersebut, dengan menggunakan pilihan mesin modern namun tetap tangguh. Di lini produk Suzuki saat ini banyak mesin yang irit, nan bertenaga, seperti unit 1.000 cc 3 silinder K10B atau malah sekalian 3 silinder 600 cc R06A turbo seperti Suzuki Wagon R di Jepang.

5. Harga Bersaing

Gambar menunjukkan tampilan depan Suzuki Karimun Wagon R 2017

Karimun terbaru nantinya harus hadir dengan harga yang tetap terjangkau

Terakhir adalah Suzuki All New Karimun harus tampil dengan harga yang terjangkau. Karena di segmen ini harga jual kendaraan menjadi salah satu parameter yang paling menentukan keputusan konsumen untuk membeli sebuah mobil. Tapi, untuk yang satu ini seperti Anda tidak perlu khawatir, sebab melahirkan produk dengan value for money tinggi adalah keahlian Suzuki.

>>> Tertarik dengan Karimun Wagon R bekas? Coba lihat disini pilihan mobil secondnya, banyak pilihan lho

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top