Suzuki Godok Mobil untuk New Normal. Apakah Itu All New Suzuki Karimun?

05/06/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Suzuki Godok Mobil untuk New Normal. Apakah Itu All New Suzuki Karimun?
Suzuki Indonesia berkomitmen menyediakan produk yang berpihak pada market, dan model tersebut sesuai dengan kondisi pandemi apakah itu All New Suzuki Karimun?

Meski saat ini Tanah Air masih diterpa oleh virus Corona, namun Suzuki Indonesia dalam hal ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap berkomitmen untuk menyediakan produk-produk yang berpihak pada market saat kondisi pandemic, dan model tersebut diyakini sesuai dengan kondisi new normal seperti yang dicanangkan pemerintah, apakah produk itu adalah All New Suzuki Karimun Wagon R?

Tampilan depan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van

Suzuki Karimun Wagon R juga hadir dalam model blind van

>>> Penasaran dengan harga bekas Suzuki Karimun, cek di sini

Suzuki Semangat Kembangkan Produk Baru

Gambar menunjukkan Suzuki New Carry Minibus karoseri DSP Styling

Selain Suzuki New Carry Minubus, Suzuki All New Karimun juga layak ditunggu

>>> Toyota Fortuner dan Toyota Hilux Facelift Resmi Melantai

Ditengah pandemi Suzuki Indonesia malah getol untuk mengembangkan produk baru. Karena selain Suzuki New Carry Minibus, salah satu mobil baru Suzuki yang layak ditunggu untuk tahun 2020 atau 2021 adalah Suzuki All New Karimun. Menurut informasi salah satu narasumber kami, Karimun terbaru yang dikembangkan di Tanah Air ini nantinya akan punya desain yang keren dan Indonesia banget.

Gambar menunjukkan Suzuki Karimun Wagon R 2013

Suzuki Karimun Wagon R pertama kali muncul di publik Tanah Air tahun 2013

"Produk baru ini merupakan model yang memang sudah direncanakan, namun sebenarnya tidak secepat ini (akan diluncurkan), tapi ternyata kondisi mendukung, sebuah mobil kompak tidak terlalu mahal dan terjangkau, dan ini bisa dikembangkan untuk market Indonesia dan menjadi momentum yang tepat," tutur Harold Donnel selaku Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS saat acara Ngovid bareng Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Gambar menunjukkan tampilan depan Suzuki Wagon R minor improvement tahun 2017

Improvement terakhir Karimun Wagon R adalah tahun 2017

Disebutkan Harold jika produk ini adalah Karimun generasi terbaru yang masuk kelas Low Cost Green Car (LCGC).

"Suzuki masih berkordinasi dengan pemerintah, terkait apakah model yang akan diluncurkan dengan harga murah merupakan model LCGC. Meski secara persyaratan memenuhi sebagai model LCGC," lanjut pria yang menyukai olahraga lari ini dalam diskusi tersebut. "Untuk segmennya masih dipertimbangkan, karena ada beberapa celah market yang masih dipelajari mana yang lebih ideal untuk peluncuran model tersebut," tambah Harold lagi.

Karimun Sudah Waktunya Ganti Model

Gambar menunjukkan layout dashboard Suzuki Karimun Wagon R improvement 2017

Improvement Karimun Wagon R 2017 juga mencakup penggantian head unit model terintegrasi

Jika melihat Suzuki Karimun Wagon R yang saat ini masih dipasarkan, sebenarnya sudah waktunya untuk ganti model. Sebab, Karimun yang beredar hari ini merupakan produk yang bermodel sama sejak tahun 2013. Kala itu Suzuki Karimun generasi ketiga (di Indonesia) ini cukup mendapatkan sambutan meriah di Indonesia, karena masuk dalam skema kelas LCGC. Mesin yang diusung juga lebih modern yaitu K10B dengan injeksi elektronik, berbekal bentuk yang seakan mengingatkan dengan generasi pertamanya, Suzuki Karimun Wagon R ramai jadi perbincangan di pasar mobil Indonesia.

All New Suzuki Karimun Wagon R

Gamabr menunjukkan Suzuki Karimun Wagon R versi India

Beragam model Suzuki Karimun Wagon R hasil pengembangan Maruti India

Saat ini, pengembangan dari All New Suzuki Wagon R tentunya masih berjalan. Sehingga belum banyak informasi resmi yang bisa dikorek mengenai jagoan terbaru Suzuki ini. Karena dari perbincangan kami dengan Dony Saputra selaku direktur marketing 4W Suzuki Indonesia, di suatu kesempatan sebelum virus Corona menyerang, ia mengatakan bahwa pengembangan suatu produk dari nol itu bisa memakan waktu 4 hingga 5 tahun contohnya Suzuki New Carry Pick Up.

Gambar menunjukkan Suzuki Wagon R tipe FX 2017

Apakah All New Suzuki Karimun sekeren Wagon R JDM?

Perihal All New Suzuki Karimun Wagon R ini juga sempat kami konfirmasi ke pihak produk dan pengembangan Suzuki Indonesia. Sayangnya, saat kami konfirmasi langsung mereka enggan untuk berkomentar lebih jauh, bahkan cenderung mengelak.

"Haha, enggak berani komentar," ujar Yulius Purwanto, selaku Head of 4W Product Development PT SIS saat tim Cintamobil.com tanya mengenai progress Karimun terbaru ini.

So, akankah All New Karimun ini se-keren Suzuki Wagon R JDM (Japanese Domestic Market)? Kita tunggu saja...

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top