5 Hal Penting tentang Suzuki XL6, Suzuki Ertiga Enam Kursi dengan Captain Seat

29/07/2019

Mobil baru

4 menit

Suzuki India diprediksi akan meluncurkan model Ertiga enam kursi dalam Suzuki XL6. Model yang akan diperkenalkan bulan depan akan menjadi varian yang lebih mewah dari Suzuki Ertiga dan besar kemungkinan juga akan ditawarkan di Indonesia.

Setelah berbagai spekulasi tentang kehadiran Suzuki Ertiga Cross dan Suzuki Ertiga 6 kursi, Suzuki diprediksi akan menggabungkan kedua model tersebut dalam satu mobil, Suzuki XL6, atau dikenal di India dengan nama Maruti XL6. Dilansir dari Indian Autos Blog, berikut lima hal yang perlu Anda ketahui tentang mobil baru Suzuki yang akan diperkenalkan pada 21 Agustus 2019 mendatang.

1. Turunan Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga India berwarna merah maroon
Suzuki Ertiga merupakan salah satu model terpopuler di India

Di India, Ertiga menjelma salah satu mobil yang paling sukses dari Maruti Suzuki dan menjadi model terlaris di segmennya. Untuk menambah penjualan tambahan, Suzuki India membuat ekstensi dalam bentuk Suzuki XL6. Meskipun diprediksi tidak sepopuler Ertiga di pasaran, model baru ini diharapkan terjual ribuan unit setiap bulan.

>>> Berkat Carry dan Ertiga Terbaru, Penjualan Suzuki Bulan Mei Naik Pesat

2. Desain eksterior yang garang

Dibandingkan dengan Suzuki Ertiga yang terlihat halus, Suzuki XL6 dibuat lebih agresif dengan pahatan eksterior yang lebih kasar. Bagian depan yang dibuat sangat berbeda berkontribusi dalam penggambaran wajah yang lebih maskulin. Model baru disebut sudah mendapatkan lampu depan LED.

Suzuki XL6 berwarna biru di India 
Tampilan anyar Suzuki XL6 dari foto mata-mata di India

Lampu depan yang lebih tajam, gril yang lebih besar, dan tambahan skid plate, bagian sisi dipenuhi dengan pelek hitam, roof rail perak, ditutup dengan bemper baru dengan reflektor vertikal dan skid plate memenuhi tampilan belakang. Model baru ini bisa saja sedikit lebih panjang dan lebih luas serta menawarkan ground clearance yang lebih tinggi.

>>> Dapatkan berita mobil terbaru dan terlengkap hanya di Cintamobil.com

3. Kabin lebih mewah

kabin Suzuki XL6 berwarna hitam di India 
Kabin akan menawarkan lebih banyak fitur

Lebih banyak kesamaan ketika masuk ke dalam kabin. Namun kabin dibuat lebih mewah dan menawarkan lebih banyak fasilitas. Perbedaan terbesar adalah bagaimana Suzuki mengganti bangku lipat 60:40 di tengah dengan dua captain seat untuk kenyamanan lebih. Tema yang serta hitam mendapatkan lebih banyak fitur, seperti jok kulit, sistem infotainment Smartplay Studio, kontrol jelajah, serta lampu depan dan wiper otomatis.

>>> Ingin membeli Suzuki Ertiga lama? Dapatkan daftarnya di sini

4. Model khusus bensin

mesin Suzuki Ertiga berwarna perak
Mesin K15B dari Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga dijual dengan mesin bensin 1.5L K15B dan mesin diesel D13A 1.3L. Sedangkan model baru hanya kaan dijual hanya menggunakan mesin bensin 1.5L K15B serta teknologi hybrid ringan untuk memenuhi regulasi emisi IV india. Keluaran mesin menghasilkan 103 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.000 rpm bersama transmisi manual 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis.

>>> Review Suzuki Ertiga Diesel 2019, Hanya Bersenjatakan Mesin Potensial?

5. Dibuat untuk menengah ke atas

diler Suzuki NEXA dengan mobil berwarna putih di depan
Diler NEXA di India akan menawarkan mobil kelas atas Suzuki

DI India, Suzuki Ertiga dirumorkan akan dijual melalui outlet dan diler NEXA. NEXA sendiri adalah jaringan ritel dari Maruti Suzuki yang akan melayani konsumen kelas atas di India. Hal ini mengindikasikan bahwa Suzuki XL6 akan dibuat menyasar kalangan menengah ke atas. Ada dua varian yang diluncurkan, yaitu Zeta dan Alpha. Kelas Alpha yang lebih tinggi akan mendapatkan pelek hitam, kamera parkir mundur, pelapis jok kulit, cruise control, serta skema warna dual-tone.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top