Komparasi Xpander vs Rush, 7-Seater Garang Berbeda Kasta

27/08/2021

Jual beli

5 menit

Xpander vs Rush terus dibandingkan meskipun bukan dari segmen yang sama. Sebelum menentukan apa yang dipilih, bersama Herti - spesialis penilaian mobil kita cari tahu perbedaan Xpander Cross dan Rush GR Sport.

Meskipun bukan dari segmen mobil yang sama, Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush kerap dibandingkan oleh penjual dan pembeli mobil di platform jual beli mobil. Padahal kedua mobil ini memiliki tipe bodi yang berbeda, satunya MPV, dan yang lainnya adalah model SUV.

Jika Toyota Rush masuk dalam segmen Low SUV yang bisa menampung banyak penumpang layaknya mobil MPV, maka Mitsubishi Xpander baru masuk dalam segmen Low MPV yang diklaim menawarkan ketangguhan ala SUV digabungkan kenyamanan ala mobil MPV. Lantas apa saja perbedaan antara Xpander vs Rush? Bersama Cintamobil.com kita bagikan beberapa pengalaman jual beli mobil ya.

Desain Eksterior Xpander vs Rush

Mitsubishi Xpander Cross

Tampilannya Xpander Cross gagah dan macho 

Kesan kokoh dapat Anda rasakan saat melihat desain Front Grille dengan tema Dashing Dark yang menghadirkan 5 tingkat aksen hitam khas Rush GR Sport. Mobil ini juga memiliki desain stylish dan sporty berkat aksen tambahan pada sisi depan, yakni Dark Chrome Grille dan Front Bumper dan Rear Bumper Spoiler.

Dari sisi samping, Toyota Rush GR Sport memiliki ban berukuran 215/60 R17 dan ground clearance 220 mm karena berstatus mobil SUV. Sementara untuk Mitsubishi Xpander, mobil ini memiliki dua pilihan ground clearance. Untuk varian Ultimate, Sport, dan Exceed memiliki jarak terendah dari permukaan tanah berukuran 205 mm, sedangkan varian GLX dan GLS memiliki ukuran 200 mm.

>>> Komparasi Mitsubishi Xpander Cross vs Toyota Rush: Perang 'Negeri Sakura'

Interior Xpander vs Toyota Rush

Interior Toyota Rush TRD

Toyota Rush memiliki Commanding Position

Interior Toyota Rush GR Sport memiliki kesan elegan dan modern saat Anda melihat panel dashboard yang didominasi warna hitam dengan diameter lebar. Sedangkan di sisi sampingnya terdapat sistem AC dengan climate control yang ditampilkan secara modern.

Sebagai mobil 7-seater, Rush menghadirkan kenyaman berkat commanding position yang memberikan data pandang sangat luas ke jalan. Jok pengemudi juga bisa dinaik-turunkan sesuai dengan tinggi badan.

Sementara Mitsubishi Xpander Cross menawarkan kenyamanan dari  sisi kabin dan kursi yang lega, mulai dari kursi baris pertama, penumpang baris kedua hingga baris ketiga. Sayangnya, headrest tak tersedia untuk semua penumpan. Hanya enam penumpang saja yang mendapatkan jatah headrest.

Fitur Hiburan Xpander vs Rush

head unit Toyota Rush GR Sport berwarna hitam

Panel LCD Toyota Rush GR Sport lebih unggul daripada varian lainnya

Bagaimana perbedaan fitur hiburan antara Xpander vs Rush? Toyota Rush GR Sport dilengkapi dengan panel LCD yang lebih unggul daripada varian Rush lainnya. Panel bukan hanya untuk mengoperasikan audio dan video, tetapi juga internet dan web link dalam berbagai format modern. Rush GR Sport juga menawarkan AC otomatis dengan display digital.

Sementara Mitsubishi Xpander Cross memiliki head unit ukuran 7 inch yang bisa tersambung dengan smartphone Anda. Untuk audio mobil ini dilengkapi dengan 4 speaker plus 2 tweeter dengan pengaturan cukup lengkap.

Pada layer multi-information display, Xpander Cross 2019 menampilkan informasi konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, kecepatan rata-rata, jumlah jarak tempuh, lama waktu berkendara, dan sisi jarak yang bisa ditempuh berdasarkan kalkulasi jumlah BBM di tangki.

Fitur Keselamatan Xpander vs Rush

Xpander airbags

Dual airbag pada Mitsubishi Xpander Cross

Fitur keselamatan menjadi hal penentu saat membeli mobil. Nah, apa saja perbedaan Mitsubishi Xpander vs Rush GR Sport dari sisi fitur keselamatannya?

Xpander Cross memiliki fitur Anti Lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HAS). Fitur keselamatan lainnya pada mobil ini adalah Supplemental Restrait System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan pretension berikut limiter, dan ISOFIX pada baris kedua.

Kekurangannya hanya tersedia dual airbag, sedangkan Rush memiliki enam buah. Dari segi fitur keselamatan, Toyota Rush juga tak kalam imbang. Rush GR Sport mengantongi fitur Anti-lock Braking System, Electronic Brake force Distribution, Brake Assist, Secured Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control.

Perbedaan Mesin & Performa Xpander vs Rush

Mesin Toyota Rush GR Sport mengandalkan model 2NR-VE dual VVT-I berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 104 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada putaran 4.200 rpm menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan ke roda belakang.

Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross dilengkapi dengan mesin berkonfigurasi 4 silinder 4A91 berkapasitas 1.499 cc dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Teknologi MIVEC dikembangkan untuk mendapatkan tenaga optimal saat pengemudi melaju di jalanan perkotaan maupun di jalan bebas hambatan.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 102,5 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di kitiran 4.000 rpm melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Mesin Xpander Cross memiliki karakter overstroke, di mana langkah piston pada siklus pembakaran lebih panjang daripada diameter pistonnya sehingga sangat membantu mesin mobil mengail torsi di putaran relatif rendah sehingga proses stop and go jadi lebih mudah.

mitsubishi-xpander-cross-mesin

Xpander Cross memiliki mesin 4A91

Jadi bisa dibilang untuk urusan mesin dan transmisi kedua terbilang mirip. Bedanya, Xpander Cross menyalurkan tenaga ke roda depan (FWD), sedangkan Rush ke roda belakang (RWD). Untuk akselerasi 0-100 km/jam, Xpander Cross lebih cepat 1,4 detik daripada Rush yang selesai dalam 14,9 detik. Selain perbedaan spek, rasio gir dan sistem penggerak bisa jadi alasannya.

Pasalnya penggerak roda belakang seperti Rush cenderung lebih pelan akselerasinya karena lebih banyak power loss dari mesin ke roda. Hal tersebut juga bisa berdampak pada bahan bakarnya. Xpander Cross di rute dalam kota bisa sampai 12,7 km/liter sementara Rush hanya 12,1 km/liter. Sedangkan di rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Rush hanya bisa mencapai 16,4 km/liter, sedangkan Xpander Cross bisa mencapai 17,6 km/liter.

>>> Komparasi Suzuki XL7 vs Toyota Rush vs Mitsubishi Xpander Cross, Pertarungan Panas Mencari LSUV Terbaik

Harga Xpander vs Rush

Toyota Rush GR Sport dan varian standar berwarna putih

Toyota Rush baru saja mendapatkan varian GR Sport

Jika membedakan harga antara Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush, keduanya memiliki harga yang tak jauh berbeda. Berikut ini perbedaan Xpander vs Rush dari sisi harga untuk semua varian.

Tipe 

Harga 

Toyota All-New Rush 1.5 G M/T

Rp 245.500.000

Toyota All-New Rush 1.5 G A/T

Rp 255.500.000

Toyota All-New Rush 1.5 S M/T GR Sport

Rp 256.600.000

Toyota All-New Rush 1.5 S A/T GR Sport

Rp 266.200.000

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Rp 215.800.000

Mitsubishi Xpander GLS M/T

Rp 232.300.000

Mitsubishi Xpander GLS A/T

Rp 243.300.000

Mitsubishi Xpander EXCEED M/T 

Rp 240.800.000

Mitsubishi Xpander EXCEED A/T

Rp 251.200.000

Mitsubishi Xpander SPORT M/T

Rp 258.400.000

Mitsubishi Xpander SPORT A/T

Rp 268.400.000

Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T

Rp 272.100.000

Nah, mana yang akan Anda pilih? Dari segi harga Mitsubishi Xpander Cross memang lebih mahal. Namun, memiliki nilai unggulan mulai dari suspensi, handling, dan fitur yang lebih lengkap. Namun, jika Anda mau keamanan aman yang tak repot dijual kembali, Toyota Rush GR Sport bisa jadi pilihan mengingat depresiasi produk Toyota terkenal relatif kecil daripada merk lain. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Toyota Rush TRD Sportivo?
Harga Rush TRD Sportivo Rp 266.550.000 untuk transmisi manual
Apa fitur keselamatan Xpander Cross?
Xpander Crossover memiliki fitur Anti Lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HAS).
Apa kelebihan Xpander Cross daripada Rush TRD?
Dari segi harga Mitsubishi Xpander Cross memang lebih mahal. Namun, memiliki nilai unggulan mulai dari suspensi, handling, dan fitur yang lebih lengkap.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top