Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Gaya Racing Penantang Avanza

01/11/2020

Share this post:

Mitsubishi Xpander 2020

Editor rate:

Rp 257.100.000

Daftar Harga mobil Xpander terbaru Lihat promo

Jika sebelumnya mobil ini sudah sangat sporty, edisi khusus Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 mendapatkan tampilan bergaya racing yang lebih maskulin.

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Gaya Racing Penantang Avanza
Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Gaya Racing Penantang Avanza
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Xpander 2020

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Xpander 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan yang lebih sporty bergaya racing

Kehadiran head unit 7 inci layar sentuh

Edisi khusus dengan harga yang tak terlalu tinggi

Kekurangan

Ubahan hanya bersifat kosmetik

Tak ada peningkatan pada mesin

Beberapa fitur masih hilang dibandingkan varian tertinggi Xpander

Di tengah rumor tentang kehadiran Mitsubishi Pajero Sport terbaru di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kejutan dengan memperkenalkan varian khusus Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 dan Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fostgate Black Edition 2020.

dua mobil Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Black Edition 2020 berwarna putih
Edisi khusus Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Black Edition 2020

Edisi spesial Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Black Edition hadir dengan tagline ‘Adventure in Black’ sebagai pilihan yang cocok untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang menyukai petualangan dan memiliki karakter tegas, namun tetap menganggap momen kebersamaan dengan keluarga adalah sebuah hal yang tak ternilai,” jelas President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura, dalam keterangan resminya.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017, Xpander pernah mendapatkan edisi khusus bertajuk Mitsubishi Xpander Limited 2019. Sama seperti sebelumnya, tak banyak yang berubah pada tampilan edisi khusus Xpander Black Edition. Tapi sedikit perubahan pada tampilan membuatnya terlihat lebih sporty dibandingkan versi standar, namun tak melupakan kenyamanan dan kepraktisannya sebagai kendaraan keluarga.

Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna putih
Tampilan anyar Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Dengan harga yang tak jauh berbeda dibandingkan Xpander biasa, apa saja perubahan yang diberikan pada model penantang Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga ini? Simak penelusuran lebih lanjut dalam review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Mitsubishi Xpander 2020

Meski bernama Black Edition, ada dua pilihan warna yang diberikan, yaitu Quartz White Pearl dan Jet Black Mica. Ubahan lainnya yang diberikan pada edisi khusus ini adalah sedikit revisi untuk memberikan kesan yang lebih sporty dibandingkan model standarnya.

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Eksterior Depan

Bagian depan mendapatkan revisi tampilan paling signifikan dari edisi spesial ini. Terlihat jelas dari grille berwarna gloss black yang menggantikan grille chrome pada Xpander biasa. Menyambungkan lampu depan berwarna sipit kiri dan kanan yang praktis tanpa perubahan, dominasi warna hitam juga mengalir ke bawah, tepat di mana plat nomor berada.

tampilan depan Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna putih
Eksterior depan Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Lalu pada bagian bawah, kesan sporty juga jelas terasa dengan penambahan aerokit berwarna hitam dengan aksen merah menghiasi bumper bawah. Memberikan tampilan bergaya mobil balap pada Xpander, cocok bagi Anda yang berjiwa muda. Selain itu, mulai dari desain lampu kabut hingga lekukan pada fascia depan tak mendapatkan perubahan dibandingkan Xpander biasa.

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna putih
Eksterior samping Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Ukuran ban yang digunakan serta desain velg milik Xpander Black Edition bisa dibilang masih sama dengan edisi biasa. Tapi alih-alih menggunakan velg berwarna dual tone, semua bagian velg kali ini dibuat berkelir hitam penuh. Melengkapi tampilan edisi khusus ini ada spion dan side skirt berwarna hitam dengan aksen warna merah.

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna putih
Eksterior belakang Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Sebagian besar desain buritan tak jauh berbeda. Tapi ada penambahan diffuser berwarna hitam lengkap dengan aksen berwarna merah yang senada dengan tampilan depan dan samping. Ada logo Black Edition dengan kombinasi warna hitam dan merah, menegaskan perbedaan mobil ini dengan Xpander standar.

>>> Review Mitsubishi Xpander terbaru ada di sini


Interior Mitsubishi Xpander 2020

Interior dengan kesan sporty jelas lebih terasa ketika kami masuk ke dalam kabin. Memang tak banyak ada yang berubah dalam hal susunan maupun konfigurasi dashboard atau door trim. Tapi interior yang didominasi warna hitam dan tampilan piano black serta aksen dan jahitan berwarna merah menyapa untuk menghadirkan suasana lebih elegan pada mobil ini.

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Dashboard

Mitsubishi sepertinya ingin memberikan kesan premium dan elegan pada tampilan all-black pada dashboard. Diselipi dengan aksen silver pada bagian luar head unit dan konsol AC. Head unit bergaya floating kini mendapatkan tampilan layar sentuh berukuran 7 inci yang tak ditemukan pada Xpander Exceed sebelumnya.

dashboard Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna hitam
Dashboard Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

MID masih sederhana. Tampilan monokrom belum memberikan informasi detail seperti yang ditawarkan oleh Xpander Sport maupun Ultimate. Begitu juga pengaturan AC masih berupa kenop putar. Ada ruang penyimpanan tertutup pada konsol tengah dengan warna piano black dan aksen silver yang mengelilingi tuas transmisi.

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Setir

setir Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna hitam
Setir Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Edisi khusus ini juga sudah mendapatkan kemudi multi fungsi. Hanya saja belum ada pengaturan fitur berkendara pada sisi samping. Masih mengandalkan tombol pengatur volume pada sisi kiri layaknya model Exceed. Tapi tentang saja, mobil ini sudah mendapatkan teknologi tilt & telescopic yang memudahkan Anda mendapatkan posisi berkendara yang paling pas.

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Kursi

Pembeda paling terasa dari edisi khusus ini adalah tampilan jok yang lebih misterius berbalut kulit sintetis Mitsubishi berwarna hitam. Ditambah dengan jahitan berwarna merah yang sama dengan bodi kit pada bagian luar. Pelengkap kursi depan yaitu tulisan Xpander yang di bordir pada bagian tengah kursi baris pertama.

kursi Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna hitam
Kursi Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Kenyamanan di dalam kabin masih layaknya Xpander. Ruang kaki dan kepala yang diberikan terasa cukup yang lapang. Mengusung kapasitas hingga 7 orang penumpang, Xpander masih mengandalkan konfigurasi pelipatan 60:40 pada baris kedua untuk memberikan aksen masuk bagi penumpang. Setiap baris juga sudah dilengkapi dengan headrest sebagai pendamping keselamatan ketika berkendara.

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Bagasi

Tanpa perubahan pada dimensi maupun konfigurasi tempat duduk, kapasitas bagasi Xpander yang memang sudah cukup baik masih tetap sama. Pelipatan kursi 50:50 pada baris kedua dipadukan dengan ruang belakang mencapai 1.630 liter ketika kursi belakang direbahkan rata lantai. Tak ketinggalan beberapa tempat penyimpanan tertutup dan cupholder yang memberikan kepraktisan tersendiri ketika berkendara bersama keluarga.

>>> Berita terbaru seputar Mitsubishi bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Mitsubishi Xpander 2020

Peningkatan pada fitur yang jelas terlihat adalah head unit layar sentuh 7 inci yang ditawarkan pada mobil ini. Anda bisa langsung menyambungkan smartphone Anda pada head unit melalui USB port maupun Bluetooth untuk memberikan kemudahan ketika memutar. Tapi disisi lain, tak ada yang berubah pada fitur Mitsubishi Xpander Black Edition kali ini.

konsol tengah Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna hitam
Konsol tengah Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Contohnya sesuai dengan varian Exceed, mobil ini masih belum mendapatkan fitur keyless entry. Jadi untuk menghidupkan mobil ini masih menggunakan cara lama: memasukkan anak kunci dan diputar seperti biasa. Begitu juga dengan fitur cruise control yang biasanya disematkan pada

Review Mitsubishi Xpander Black Edition 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Sayangnya tak terlihat penambahan yang ditawarkan pada Xpander Black Edition dalam hal sistem keselamatan dalam mobil. Namun kelengkapannya sendiri sudah cukup baik. Dimana mobil ini sudah mendapatkan fitur Hill Start Assist (HSA), Active Stability Control (ASC), Dual SRS Airbag, dan sistem Emergency Stop Signal (ESC).

>>> Keuntungan Beli Edisi Spesial Xpander dan Xpander Cross

Operasi Mitsubishi Xpander 2020

Meski ada beberapa peningkatan dalam hal tampilan hingga teknologi pada mobil ini, Xpander Black Edition masih mengandalkan mesin 4A91 berkonfigurasi 4-silinder dengan kapasitas 1.5L dan teknologi pengaturan katup Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control (MIVEC) khas Mitsubishi. Sistem MIVEC dikenal mampu menghadirkan tenaga optimum di perkotaan maupun ketika digeber di jalanan bebas hambatan.

mesin Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 berwarna hitam
Mesin Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Xpander mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran 6.000 rpm dan 141 Nm torsi maksimal pada putaran mesin 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan untuk mengurangi banyaknya energi yang terbuang seperti yang ditemukan pada mobil berpenggerak roda belakang. Ada dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Begitu pula dengan rasa berkendara yang diberikan. Performa mesin yang luar biasa ditambah radius putar 5.2 meter yang cukup baik untuk sebuah MPV perkotaan. Kenyamanan mengendarai mobil ini didapatkan dari posisi duduk yang tinggi, kabin yang ergonomis, serta teknologi tilt & telescopic untuk mendapatkan posisi berkendara terbaik Anda.

>>> Begini Tips Mengemudi Hemat Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Spesifikasi Mitsubishi Xpander 2020

Dimensi Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.475 x 1.750 x 1.700 mm

Jarak Poros Roda

2.775 mm

Ground Clearance

 

Ground Clearance

148 mm

Mesin Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Tipe Mesin

1.5L 4-silinder segaris

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Tenaga Maksimal

105 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

141 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

4-kecepatan otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Mitsubishi Xpander Black Edition 2020

Suspensi Depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

205/55 R16

Velg

16 inci

Daftar Harga Mitsubishi Xpander 2020

Karena mobil edisi khusus ini diambil dari basis Xpander Exceed tanpa ada perubahan dalam hal teknis, tentu saja harga yang ditawarkan tak begitu jauh berbeda. Ada dua model yang ditawarkan. Varian bertransmisi manual dibanderol mulai dari Rp 257 jutaan. Sedangkan harga Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 dengan transmisi otomatis sedikit lebih tinggi, yaitu mulai dari Rp 267 jutaan (OTR Jakarta).

Kesimpulan Mitsubishi Xpander 2020

Secara garis besar, memang tak banyak perubahan yang ditawarkan pada edisi khusus Mitsubishi Xpander Black Edition 2020 kali ini. Tapi ubahan yang membuat eksterior lebih bergaya racing ditambah beberapa peningkatan dibandingkan basis standar Mitsubishi Exceed patut menjadi pertimbangan. Apalagi bagi Anda yang menginginkan mobil keluarga bergaya racing namun masih tetap memberikan kepraktisan ketika berkendara bersama keluarga besar.

>>> Simaklah review yang mernarik lainnya dari Cintamobil.com dengan klik sini

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing

Rp. 272.100.000

07/03/2020

Editor rate:

Mitsubishi Xpander kembali memperbaharui dirinya, ubahan minimalis ini dipercaya akan makin menambah daya saingnya di kelasnya. Simak review Mitsubishi Xpander 2020 dari Cintamobil berikut ini.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018

15/03/2018

Editor rate:

Mitsubishi Xpander adalah fenomena. Diluncurkan pada Agustus 2018, medium MPV berlogo tiga berlian ini langsung berhasil merebut perhatian keluarga Indonesia. Bahkan berhasil menduduki posisi kedua mobil terlaris Januari 2018, tertinggal 464 unit dari Toyota Avanza. Apa membuat ia begitu fenomenal? Simak review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018 berikut.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019 : Sebuah Usaha Untuk #Memasyarakatkanrally

30/04/2019

Editor rate:

Kalau ingin bermimpi jangan setengah-setengah, bermimpi-lah setinggi langit. Inilah yang dilakukan oleh Rifat Sungkar, pereli kebanggan Indonesia. Ia memutuskan untuk ikut kejuaraan reli menggunakan mobil yang tidak lazim digunakan, yaitu Mitsubishi Xpander. Bagaimana kisahnya? Berikut ini ulasan kami mengenai mobil Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander Limited 2019, Hanya Xpander Dengan Tambahan Paket Aksesoris?

17/05/2019

Editor rate:

Inilah Mitsubishi Xpander yang hadir di Indonesia dalam jumlah terbatas, yaitu hanya diproduksi 1000 unit saja untuk seluruh Indonesia. Seperti apa mobilnya? Apa benar ia hanyalah sebuah Mitsubishi Xpander dengan imbuhan paket aksesoris yang sebenarnya dapat dibeli secara terpisah di diler Mitsubishi? Berikut ini review Mitsubishi Xpander Limited 2019

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Penantang Baru Di Kelas LSUV

13/11/2019

Editor rate:

Inilah varian terbaru dari Mitsubishi Xpander di Indonesia. Mitsubishi Xpander Cross 2019 yang tak hanya menjadi penantang di kelas small MPV, namun juga langsung menantang kelas LSUV. Ia akan bersaing langsung dengan Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios dan Honda BR-V.

Lihat juga
back to top