Tips Beli VW Caravelle Bekas : MPV Mewah Rombongan Kepresidenan

30/01/2019

Jual beli
Tips Beli VW Caravelle Bekas : MPV Mewah Rombongan Kepresidenan
Pilihan MPV mewah di Indonesia cukup banyak mulai dari merek pabrikan jepang hingga benua Eropa. Tapi berbeda dengan Volkswagen (VW) Caravelle yang mempunyai nilai prestise tinggi di Tanah Air. Berikut tips beli VW Caravelle bekas.

Dalam memilih mobil untuk rombongan kepresidenan, tentu pemerintah tidak sembarang pilih. Perlu ada pengujian apakah mobil tersebut layak atau tidak mengikuti konvoi dengan kecepataan tinggi dan teteap nyaman saaat bermanuver kencang. VW Caravelle menjadi salah satu mobil lannganan rombongan kepresidenaan yang di pakai sejak zaman B.J. Habibie hingga saat ini.

>>> Baca juga: Volkswagen Siapkan Powerbank Mobil Listrik untuk 2019

Tidak salah pilih bila MPV mewah VW Caravelle bekas yang saat ini sudah mulai banyak beredar dan punya wibawa tersendiri ketika memilikinya. Secara penampilan eksterior VW Caravelle termasuk sederhana tidak banyak lekukan atau nuansa mewah dari aksen krom. Sepasang garis grill horizontal dengan lambing VW di tengah menjadi ciri khas. Kedua pintu gesernya bisa dibuka secara elektrik, baik via tuas pintu atau remote control.

MPV Mewah yang digunakan untuk rombongan kepresidenan

VW Caravelle digunakan untuk rombongan kepresidenan sejak zaman B.J. Habibie

Kabin VW Caravelle bekas ini mampu menampung lima orang pada bagian belakang. Kursi captain seat ditengah membuatnya semakin nyaman untuk perjalanan jauh. Terlebih kedua kursi bias diputar menghadap ke belakang. Meja bulat diantara bangku kedua dan ketiga cukup besar dan dapat memuat 2 notebook bila ingin digunakan untuk rapat mendadak. Selain kenyamanan kabin, mobil ini juga asik berada dibalik kemudi. Desain setir yang sportiyterasa nyaman digenggam. Posisinya pun cukup ideal untuk mobil berbodi besar.

>>> Mungkin Anda tertarik: Spesifikasi Volkswagen Caravelle T6 2016 Indonesia: Big MPV Mewah Dan Elegan

Berbekal mesin TDI dengan turbo berkapasitas 1.968cc, VW Caravelle bekas ini mampu menghempaskan tenaga maksimal 180 dk pada 4.000 rpm. Torsi 400 Nm sudah cukup untuk membuat mobil ini melaju lincah di jalanan. Ditambah tuas transmisi DSG yang letaknya sangat ergonomis yang menyatu pada bagian tengah dashboard. Sehingga pengemudi bisa mendapatkan posisi mengemudi yang ideal dan bisa berpindah gigi 7 percepatan yang tersedia. Bila anda berenca meminang MPV mewah ini, ada beberapa hal yang hareus di cek dan diperhatikan.

Periksa bagian panel instrumen

VW Caravelle generasi kelima ini sudah punya banyak fitur canggih, pastikan setiap fitur berfungsi

Teknis

Beberapa konsumen ada yang mengeluhkan suspensi VW Caravelle bekas agak keras. Besar kemungkinaan ini untuk menghindari body roll yang berlebihan. Cek seluruh suspensi dan pastikan dengan bodinya yang besar Anda tetap aman ketika melaju kencang dan bermanuver. Pastikan komponen seperti tierod atau balljoint masih dalam kondisi bagus.

>>> Mobil Idaman Keluarga, Inilah 3 Pilihan MPV Mewah Bekas Rp 300 Jutaan

VW Caravelle bekas generasi kelima ini sudah dibekali dengan teknologi mesin yang canggih. Agar tidak tertipu, lakukan pengujian bila memungkinkan. Dengan usia 4 sampai 5 tahun beberapa komponen bisa Anda cek seperti filter udara dan filter oli. Umumnya di usia ini komponen tersebut sudah waktunya untuk di ganti.

Ada banyak fitur keselamatan yang tertanam di VW Caravelle bekas ini. Biasanya bila ada malfungsi pada fitur juga kondisi mesin akan ada lampu peringatan pada panel instrumen. Pastikan ketika Anda menyalakan mobil dan berjalan tidak ada lampu peringatan yang menyala. Bila ada, segera ke bengkel terdekat untuk diperiksa.

Posisi seperti rapat pada kabin VW Caravelle

Periksa seluruh bagian pada interior pastikan tidak ada noda dan kotoran karena bisa menjadi sumber serangga masuk

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

Non-teknis

Mempunyai kabin yang luas juga fitur bangku yang bisa diputar VW Caravelle bekas ini terasa nyaman untuk perjalanan jauh. Anda harus lebih teliti ketika melihat kondisi interiornya. Beberapa konsumen ada yang mengatakan jok kulit VW Caravelle agak keras sehingga kurang nyaman. Perhatikan juga kondisi komponennya. Jika bagian seperti doortrim sampai rusak atau catnya terkelupas, maka biaya restorasinya akan lumayan  besar.

Rata-rata usia VW Caravelle bekas di indosesia 4 sampai 5 tahun. Sebagai mobil Eropa yang dikenal mempunyai mesin berteknologi canggih, melakukan service di bengkel resmi wajib hukumnnya. Sebelum Anda membeli, bawa ke bengkel resmi terdekat dan minta catatan servisnya, apakah pemilik sebelummnya melakukan perawatan rutin dan spare parts apa saja yang pernah di ganti.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

 
back to top