Tertarik Dengan Toyota Land Cruiser 80? Kenali Dulu Varian dan Harga Pasarannya

20/12/2019

Jual beli

4 menit

Share this post:
Tertarik Dengan Toyota Land Cruiser 80? Kenali Dulu Varian dan Harga Pasarannya
Sosoknya yang bertubuh bongsor dan mewah, membuat popularitas Toyota Land Cruiser 80 cukup tinggi hingga kini

Siapa yang tak kenal dengan Toyota Land Cruiser, khususnya generasi 80 series? Memiliki dimensi bongsor plus tampilan yang gagah, mesin bertenaga, interior mewah plus kemampuan off-road yang mumpuni, membuat Toyota Land Cruiser 80 cukup populer di Indonesia. Tak hanya itu, Land Cruiser 80 juga dianggap menjadi pionir akan kehadiran SUV premium di Indonesia pada pertengahan ’90-an. Tak heran jika imej SUV legendaris Toyota ini begitu lekat dengan ‘mobil pejabat’, lantaran ditawarkan dengan harga cukup tinggi saat itu. 

>>> Toyota 86 Bawa TTI Tembus 5 Besar Kompetisi Toyota Gazoo Racing Festival

Foto Toyota Land Cruiser VX 80

Mewah dan memiliki kemampuan off-road mumpuni menjadi keunggulan dari Toyota Land Cruiser 80 yang melegenda

Generasi Land Cruiser 80 pertama kali masuk ke indonesia pada tahun 1995 lewat PT Toyota Astra motor. SUV bertubuh bongsor ini ditawarkan dengan empat varian, mulai dari Standard, VX, VX-R dan VX-Limited. Sehingga, Land Cruiser 80 pun kerap dijuluki dengan nama Land Cruiser VX. Dengan segala kelebihan yang telah kami sebut di atas, membuat Land Cruiser 80 menjadi salah satu SUV legenda di Indonesia dan masih sangat digemari hingga kini. Jika Anda tertarik untuk meminang Land Cruiser 80, kami akan memberikan penjelasan mengenai varian dan kisaran harga pasarannya berikut ini.

Toyota Land Cruiser Standard

Toyota Land Cruiser Standard merupakan varian entry level di jajaran Land Cruiser 80 yang masuk ke Indonesia. perbedaan paling mencolok adalah tampilannya lebih minimalis tanpa dibekali dengan over fender dan mengunakan pintu belakang model two piece dengan bukaan ke arah samping. Selain itu, Land Cruiser Standard juga dibekali dengan velg heavy duty model ‘kaleng’ berukuran 16 inci. 

>>> Cek harga pasaran Toyota Land Cruiser lebih detail di sini

Foto Toyota Land Cruiser 80 varian Standard

Toyota Land Cruiser 80 varian Standard lebih ditujukan sebagai kendaraan 4x4 heavy duty ketimbang SUV mewah

Di balik kap mesin, Land Cruiser Standard ini menggunakan mesin diesel non turbo 4.200 cc dengan kode 1HZ dan hanya dibekali satu pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan. Selain itu, pada bagian gardan dibekali dengan tipe full floating dengan kehadiran differential locker, yang membuatnya semakin sakti di medan off-road. Meski minimalis, Land Cruiser Standard kerap digunakan sebagai mobil operasional bagi perusahaan tambang atau kelapa sawit. 

Toyota Land Cruiser VX

Varian VX merupakan lini premium dari Land Cruiser 80 di Indonesia dengan dibekali fitur seperti power window dan central lock serta jok sudah berlapis kulit. Dari eksterior, Land Cruiser VX sudah dibekali dengan velg alloy plus over fender. Karena lebih mengutamakan kemewahan ketimbang kendaraan heavy duty, gardan full floating berganti dengan semi floating dan absennya differential lock.

>>> Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: King-Off-The-Road

Foto Toyota Land Cruiser 80 varian VX

Toyota Land Cruiser 80 varian VX paling populer di Indonesia

Perbedaan mencolok lainnya, Land Cruiser VX sudah mengadopsi pintu belakang model two piece dengan bukaan ke arah atas dan bawah. Selain itu, mesinnya sudah menggunakan versi turbo dengan kode 1HD-T, konfigurasi enam silinder segaris dan berkapasitas 4.200 cc yang lebih bertenaga. Namun transmisinya masih menggunakan manual dengan 5 percepatan.

Toyota Land Cruiser VX-R

Varian VX-R baru hadir pada tahun 1997. Dari fitur atau tampilannya, tak ada perbedaan dengan versi VX. Namun pada varian VX-R sudah mengaplikasi transmisi otomatis dengan 4 percepatan. Sehingga VX-R pun menjadi idola baru bagi yang ingin sebuah SUV premium yang lebih praktis dan nyaman untuk dikendarai di padatnya lalu lintas perkotaan.

>>> Toyota Siap Masukkan Line Up Plug In Hybrid Di Awal Tahun 2020, Toyota Masukkan Prius PHV?

Toyota Land Cruiser VX-Limited

Foto Toyota Land Cruiser VX-Limited

Toyota Land Cruiser VX-Limited memiliki populasi cukup langka di Indonesia

Varian Land Cruiser 80 satu ini bisa dibilang cukup langka dan ‘gelap’ di Indonesia. ada beberapa versi mengenai kehadiran land Cruiser VX-Limited. Versi pertama kabarnya masuk dari importir umum atau bekas kendaraan operasional kedutaan asing. Versi kedua, konon masuk via APM, meski dengan unit yang sangat terbatas. Pembedanya, pada varian VX-Limited sudah menggunakan sunroof, cruiser control dan jok elektrik. Di balik kap mesin, Land Cruiser varian VX-Limited menggunakan mesin bensin dengan konfigurasi enam silinder segaris berkapasitas 4.500 cc. Mesin ini dikenal dengan kode 1FZ-FE. Transmisinya pun sudah menggunakan otomatis dengan 4 percepatan.

Harga Pasaran

Harga pasaran Toyota Land Cruiser 80 series terbilang masih tinggi, lantaran masih sangat diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari penggemar SUV hingga off-roader. Menurut listing di Cintamobil.com, Land Cruiser 80 ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 290 jutaan hingga Rp 300 jutaan. Bahkan jika dalam kondisi sangat terawat, harga pasaran Land Cruiser VX80 bisa menyentuh angka Rp 400 juta!

>>> Baca juga tips dan trik otomotif lainnya di sini

Share this post:

Berita lain

Perhatikan Kondisi Kaki-kaki Saat Beli Toyota Avanza Bekas

19/12/2019

Jual beli

5 menit

Saat hendak beli Toyota Avanza bekas, selain kondisi eksterior, interior, dan mesin, Anda juga harus perhatikan kondisi kaki-kaki dari mobil tersebut. Waspada jika muncul bunyi aneh saat mobil dikemudikan.

Lihat juga

Hadir Januari, Sosok Toyota Yaris GR-4 Tanpa Livery Kamuflase Bocor

18/12/2019

Mobil baru

4 menit

Akan diluncurkan bulan Januari 2020 mendatang, sosok Toyota Yaris GR-4 tanpa livery kamuflase Gazoo Racing terlihat sedang melakukan tes di Australia.

Lihat juga

Jelang Akhir Tahun 2019, Auto2000 dan Komunitas Toyota Adakan Kopdar Gabungan

16/12/2019

Event - Promosi

3 menit

Acara yang digelar Auto2000 ini merupakan bentuk kopdar akbar terakhir dengan komunitas Toyota di tahun ini. Acara ini sajikan juga berbagai promo menarik.

Lihat juga

Toyota Avanza Sukses Catat Penjualan 1,8 Juta Unit Sejak 16 Tahun Peredarannya

13/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Toyota Avanza adalah mobil keluarga yang jadi penerus kesuksesan Toyota Kijang, dan ia berhasil catat penjualan 1,8 juta unit sejak 16 tahun masa peredarannya.

Lihat juga

Perawatan Toyota Kijang Innova Diesel, Jangan Telat Ganti Komponen Ini

11/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Perawatan Toyota Kijang Innova diesel sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Karena mobil ini cenderung mudah dalam pemeliharaannya. Namun sebaiknya jangan telat untuk mengganti dua komponen penting ini secara berkala.

Lihat juga