Toyota Siap Masukkan Line Up Plug In Hybrid Di Awal Tahun 2020, Toyota Masukkan Prius PHV?

13/12/2019

Mobil baru

3 menit

Toyota Siap Masukkan Line Up Plug In Hybrid Di Awal Tahun 2020, Toyota Masukkan Prius PHV?
Elektrifikasi sudah demikian diminati pabrikan, salah satunya Toyota yang akan memasukkan line up plug in hybrid awal tahun 2020. Toyota Masukkan Prius PHV?

Gambar menunjukkan tampak depan Toyota Prius PHV

Kami adalah media pertama di Indonesia yang mencoba langsung Toyota Prius PHV di tahun 2018

Era elektrifikasi tampaknya benar-benar sudah di depan mata. Setelah beberapa brand mengenalkan mobil listrik untuk mengisi line up mereka, tahun depan sepertinya merupakan giliran Toyota. Toyota siap masukkan line up plug in hybrid di awal tahun 2020, apakah itu Toyota Prius PHV? Tentunya akan menjadi kejutan apabila Toyota Masukkan Prius PHV di line upnya. Maklum saja, Toyota Prius PHV merupakan salah satu mobil ter-advance dalam dunia mobil elektrifikasi. Dan kami adalah media pertama yang mencoba sendiri kecanggihan Toyota Prius PHV di Indonesia.

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Prius 2019

Video mengenai Toyota Prius PHV oleh tim Cintamobil

"Tahun depan kita akan mengenalkan beberapa model baru yang merupakan hasil riset, dan studi kita selama beberapa tahun di sini. Pada tahun 2020 kita akan menghadirkan banyak line up baru untuk hybrid. Untuk plug in hybrid akan segera di awal tahun," papar Henry Tanoto, Vice President PT. Toyota Astra Motor di sela-sela Media Gathering Toyota 2019 di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat. Namun, saat ditanya rencana Toyota masukkan Prius PHV di dalam line upnya, pria ramah berkacamata ini hanya tersenyum saja tidak menjawab.

>>> Inilah mobil plug in hybrid paling sporty yang akan segera di jual ke tanah air

Gambar menunjukkan Toyota Prius PHV GR Sport 2019 di GIIAS 2019

Ancang-ancang Toyota akan menjual mobil plug in hybrid sudah tersirat sejak GIIAS 2019

Mesin Toyota Prius PHV menggunakan unit berkode 2ZR-FXE dengan spesifikasi 1.8-liter 4-cylinder Hybrid Synergy Drive, DOHC dan dilengkapi teknologi pengatur angkatan katup bernama VVT-i. Mesin dengan prinsip kerja Atkinson Cycle ini mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 95 Hp pada putaran mesin 5.200 rpm. Serta semburan torsi 142 Nm di putaran 3.600 rpm. Mesin ini juga dipadukan motor listrik DC600V berdaya 72 Ps yang terkoneksi dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 8.8 kWh yang ditempatkan di bawah kursi belakang. Tentu jika benar Toyota Masukkan Prius PHV, ia akan jadi Toyota tercanggih di tanah air.

>>> Benarkah tahun depan Prius mulai di jual seharga Rp 1 milliar?

Gambar menunjukkan baterai Lithium-Ion Toyota Prius PHV

Baterai ini disimpan di bawah kursi penyumpang belakang dan memanfaatkan sirkulasi AC sebagai pendinginnya

Prius PHV ini menggunakan baterai yang berbeda dengan Prius biasa. Prius biasa pakai baterai nikel, sementara Prius PHV ini menggendong baterai jenis lithium. Secara kapasitas jelas lebih besar baterai Prius PHV dan untuk sumber listriknya hanya butuh 8V alias tinggal colok saja ke listrik rumah. Suara dari mesin 1800 cc-nya baru akan terasa ketika listrik dari baterai dibawah 25%. Ini menandakan baterai butuh segera dicharge dan yang jadi catatan kami adalah proses nyala mesin saat mengisi baterai prosesnya terasa agak kurang halus.

>>> Anda mencari Toyota Prius bekas? Di sini tempatnya

Gambar menunjukkan mesin Toyota Prius PHV

Mesin Toyota Prius PHV yang berperan sebagai genset ini punya rasio kompresi yang tinggi

Kami sudah mencoba sendiri mobil ini, meski secara teknis tenaga totalnya hanya 122 hp, namun akselerasinya begitu agresif saat digaspol. Klaimnya kecepatan 135 km/jam dapat diraih dengan jarak 70 meter saja. Saat mode diubah dari ECO ke SPORT latar di layar spidometer dari biru jadi merah, pedal rem diinjak penuh, sembari pedal gas diinjak hampir setengah. Diiringi decit ban, mobil langung berlari dengan brutal. Bagaikan anak panah yang dilepas dari busurnya. Dalam jarak kurang dari 50 meter saya melirik ke spidometer digital-nya sudah menunjuk angka 96 km/jam. Benar-benar luar biasa.

>>> Ini dia empat kekurangan mobil listrik ketika digunakan di tanah air 

Gambar menunjukkan Toyota Prius PHV di charge

Tersedia mode quick charging dalam pengisian daya listrik Prius PHV

Pada Toyota All New Prius PHV juga tersedia dua mode pengisian daya, yakni dengan daya listrik 200V memerlukan waktu isi ulang 2 jam 20 menit hingga baterai terisi penuh. Tak ingin menunggu lama? Anda dapat menggunakan metode quick charging secepat 20 menit hingga 80%  kapasitas baterai. Untuk konektor charger menggunakan Type 2 yang sudah menjadi standar mayoritas mobil berteknologi plug-in hybrid. Tentu saja akan sayang sekali jika Toyota Masukkan Prius PHV ini agak kelamaan, lebih baik segera saja di awal tahun depan, agar masyarakat Indonesia dapat menikmati mobil canggih ini sesegera mungkin.

>>> Berita otomotif terlengkap bisa Anda lihat di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top