Langka Di Indonesia, Ini Kelebihan Dan Kelemahan Suzuki Ertiga Solar

31/07/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Mobil Suzuki Ertiga diesel atau solar adalah salah satu mobil MPV dengan harga cukup terjangkau. Hanya saja unitnya cukup langka dan hanya bisa didapatkan dalam kondisi bekas.

Salah satu produsen mobil yang ikut ambil bagian dalam beragam segmen di Indonesia adalah Suzuki. Salah satu andalannya adalah Ertiga, dimana mobil tersebut merupakan kendaraan dalam segmen MPV. Untuk Suzuki Ertiga solar atau diesel dipasarkan pada tahun 2016-2018, hal tersebut menunjukkan bahwa mobil tersebut tidak memiliki umur yang panjang di Indonesia.

Perkenalan mobil Suzuki Ertiga dilakukan pada tahun 2012 untuk Indonesia dengan melalui ajang bergengsi IIMS (Indonesia International Motor Show) 2012 dan menjadi generasi pertama. Kala itu pihak Suzuki menawarkan 3 tipe yang dapat dipilih yakni GA, GL dan GX dengan mengandalkan mesin K14B 4 silinder DOHC VVT. Penyegaran dilakukan 2 kali yakni tahun 2013 dan 2015 dengan beberapa ubahan dan penambahan.

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki Ertiga 2012 putih tampak depan

Mobil Suzuki Ertiga pertama kali hadir tampilan tetap menarik

Facelift pertama dihadirkan AC Double Blower pada varian GX dan GL serta mendapatkan pilihan transmisi otomatis. Perubahan lainnya dilakukan pada bagian grill baru dengan desain horizontal, framing fog lamp dengan warna hitam doff dan terdapat lapisan krom. Sementara untuk facelift kedua mengalami beberapa perubahan pada sisi eksterior seperti grill, velg dan lampu belakang yang sudah mendapatkan reflektor. Di tahun 2013 pihak Suzuki juga menghadirkan Suzuki Ertiga Dreza dengan tampilan lebih sporty dan harganya paling mahal.

Barulah di tahun 2017 pihak Suzuki menambahkan pilihan pada mesin Ertiga yakni dihadirkan mesin diesel. Suzuki Ertiga solar ini telah disematkan teknologi mild-hybrid yang diklaim merupakan yang pertama untuk kelasnya.

>>> Ingin Beli Suzuki Ertiga Sport Bekas? Simak Dulu Fitur Dan Harganya Di Sini

Fitur Suzuki Ertiga Solar

Setelah sedikit mengulas tentang kehadiran mobil yang kita bahas kali ini, tentunya timbul penasaran terkait fitur yang diberikan. Fitur yang diberikan di dalamnya meliputi headlamp with leveling feature, sensor parkir 4 poin, day night mirror, GSI (Gear Shift Indicator), SHVS (On/Off), AC dengan pemanas, tweeter 2 unit, power window pengemudi auto down, defogger dan emblem baru di sisi belakang. Sistem hiburan yang diberikan menggunakan head unit masih belum monitor yang dapat digunakan untuk memutar radio AM/FM, CD dan USB. Dipadukan dengan 2 tweeter selama perjalanan bisa lebih menyenangkan.

Gambar ini menunjukkan head unit dan kemudi mobil Suzuki Ertiga Diesel

Fitur hiburan terbilang kurang namun sudah bisa menemani perjalanan agar lebih menyenangkan

Sebagai pendukung keselamatan mobil Suzuki Ertiga solar diberikan sistem pengereman ABS dan EBD serta mengandalkan Dual SRS Airbags. Fitur Side Impact Beam juga diberikan dipadukan dengan fitur keamanan Immobilizer dengan Keyless Entry dan terdapat juga sensor parkir.

>>> Ketahui Harga dan Simulasi Cicilan Mobil Suzuki Ertiga Baru

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel

Kelebihan Suzuki Ertiga Solar

1. Mesin Memiliki Performa Mumpuni

Penggunaan mesin diesel menjadi salah satu keunggulan karena kompetitor tidak ada yang menggunakannya. Mesin yang digunakan berkapasitas 1.300 cc dengan kode D13A yang mendapatkan tambahan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System). Teknologi lain yang disematkan pada tipe ini adalah ISG (Integrated Starter Generator).

Pihak Suzuki menyebut sistem hybrid dengan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Berkat hal tersebut membuat mobil Ertiga solar memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 90 PS dengan torsi puncaknya mencapai 200 Nm.

Gambar ini menunjukkan bagian mesin mobil Suzuki Ertiga Diesel

Mesin dibekali dengan teknologi ISG

2. Mengandalkan Sistem Mild Hybrid SHVS

Keunggulan Suzuki Ertiga solar selanjutnya adalah adanya sistem SHVS. Sistem ini mengandalkan ISG yang memiliki fungsi sebagai generator dan alternator dengan aki yang memiliki kapasitas besar. Dimana tugasnya adalah untuk menyimpan energi yang terbuang ketika melakukan pengereman. Setelah tenaga disimpan maka akan digunakan untuk mengaktifkan fitur lainnya yakni idle start/stop dan torque assist function. Fitur idle start/stop berguna untuk mematikan mesin sesaat ketika sedang terjadi kemacetan atau berhenti di lampu merah.

3. Penggunaan Bahan Bakar Lebih Efisien

Karena menggunakan sistem SHVS menjadikan konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para penggunanya, saat mobil berhenti di lampu merah mobil tidak mengkonsumsi bahan bakar dan ketika menyalakan mesinnya kembali mengandalkan teknologi ISG yang diberikan di dalamnya.

4. Dapat Menampung 7 Penumpang

Di dalam kabin mobil Suzuki Ertiga dengan mesin diesel ini dapat membawa 7 penumpang. Kabin yang dimiliki tergolong luas dan semua kursi mengandalkan New Pattern Fabric yang dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Gambar ini menunjukkan interior mobil Suzuki Ertiga Diesel

Kabin lega untuk 7 penumpang dengan nyaman

Kekurangan Suzuki Ertiga Solar

1. Bagasi Cukup Sempit

Jika membahas tentang bagasi sebenarnya sama dengan tipe bensin. Dimana kapasitasnya tidak terlalu besar dan hanya dapat digunakan untuk membawa beberapa barang yang mempunyai ukuran kecil. Oleh sebab itulah hal ini menjadi salah satu kelemahan Ertiga diesel. Hanya saja ketika ingin membawa lebih banyak barang bisa melipat jok baris ketiga jika tidak digunakan sehingga bisa membuat bagasi lebih luas.

2. Tidak Ada Pilihan Transmisi Otomatis

Pihak Suzuki memasarkan varian diesel dari Ertiga dengan transmisi manual 5 speed. Tidak diberikan transmisi otomatis sehingga seseorang yang lebih senang dengan transmisi otomatis tentunya akan menjatuhkan pilihannya pada mobil lain ketika membeli mobil.

3. Sedikit Loyo Di Tanjakan

Berdasarkan informasi yang telah tersebar di beberapa media, bahwasanya terdapat keterangan dari salah satu penggunanya yang merupakan anggota dari komunitas ERCI (Ertiga Club Indonesia) yang menurut kami salah satu keluhan Ertiga diesel. Dimana performa pada transmisinya sedikit loyo pada saat menghadapi jalanan menanjak, pegunungan dan juga perbukitan.

Gambar ini menunjukkan tampilan depan mobil Suzuki Ertiga Diesel

Mobil langka dengan segala kelebihan dan kekurangannya

Harga Suzuki Ertiga Solar Bekas

Bagi Anda yang mencari mobil MPV hemat bahan bakar bisa memilih Suzuki Ertiga Diesel. Memang cukup sulit untuk mencari unitnya karena hanya dipasarkan di Indonesia sebentar saja. Untuk harga Ertiga solar bekas berada di kisaran Rp 130 juta sampai Rp 160 jutaan. Namun perlu diketahui, bahwa harga tersebut masih tergantung dari kondisi mobil dan wilayah pembelian.

Jika ingin mendapatkan mobil Ertiga solar harus dalam kondisi bekas. Karena untuk barunya sudah tidak dijual lagi di Indonesia, padahal dapat dikatakan saat itu tidak terlalu buruk untuk penjualannya. Namun kala itu dari pihak Harold Donnel selaku Head of Brand Development and Marketing research 4W PT SIS menyebutkan, bahwasanya soal penjualan telah sesuai dengan yang ditargetkan. Hanya saja penggunaan mesin diesel dalam perawatannya terbilang sensitif, apalagi penggunaan bahan bakarnya.

Pihaknya menambahkan, untuk kota besar mungkin bisa mudah dalam mendapatkan BBM solar yang berkualitas, akan tetapi saat di luar kota besar bisa saja sulit didapatkan. Kemudian soal teknologi auto stop dan auto start, meskipun terbilang canggih tapi setelah dikaji bahwa banyak konsumen yang tidak terbiasa menggunakannya.

Gambar ini menunjukkan sisi samping mobil Suzuki Ertiga Diesel putih

Gabung komunitas agar lebih mudah dalam perawatan dan tambah teman serta saudara

Untuk membeli mobil Suzuki Ertiga solar, Anda bisa bergabung dengan komunitas Ertiga diesel untuk lebih mempermudah perawatan dan mengatasi masalah-masalah yang bisa saja terjadi. Dengan bergabung komunitas akan ada informasi-informasi penting yang diberikan sesame anggota, bahkan biasanya ada juga bengkel rekomendasi untuk merawat mobil besutan Suzuki ini dengan maksimal.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya 

Pertanyaan Sering Diajukan

Benarkan kabar aki sulit didapatkan pada Suzuki Ertiga diesel?
Benar, untuk aki asli buatan India tidak dijual di Indonesia, namun dengan bergabung komunitas maka akan lebih mengetahui mana aki yang cocok dan dapat dibeli di Indonesia
Apa yang perlu diperhatikan saat memiliki Suzuki Ertiga Diesel?
Jadi saat mengisi BBM sebaiknya turun karena banyak yang mengira mobil menggunakan bahan bakar bensin. Jika sudah terlanjur diisi bensin maka perlu dilakukan pengurasan agar tidak terjadi masalah.
Mengapa unit Suzuki Ertiga Diesel langka di Indonesia?
Karena pihak Suzuki hanya memasarkannya pada tahun 2016 sampai 2018 saja, setelah itu sudah tidak lagi. Bahkan mencari mobil bekas Ertiga solar terbilang cukup sulit.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top